HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mailchimp : Pengertian dan Cara Menggunakan Pada Email Marketing

Email marketing atau pemasaran email adalah salah satu platform dari digital marketing sebagai pemasaran modern saat ini. Salah satu yang umum digunakan adalah Mailchimp yang banyak digunakan untuk pemasaran email. Fungsi utamanya adalah mengirim buletin dan email otomatis untuk meningkatkan hasil bisnis.

Pemasaran email memungkinkan untuk terhubung dengan pelanggan, melibatkan mereka, dan membangun hubungan jangka panjang yang bermakna sehingga membuat email marketing menjadi saluran yang sangat kuat. Bahkan bisa dikatakan bahwa email adalah cara yang sangat hemat biaya untuk mengembangkan bisnis.

Mengingat email MailChimp telah menjadi alat digital favorit banyak orang untuk mengirim buletin ke sejumlah besar pelanggan, ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi bisnis baru yang ingin memulai langkah mereka meski keterbatasan pada dana. Mari simak selanjutnya mengenai Mailchimp sebagai bagian untuk merampingkan upaya pemasaran email.

Pengertian Mailchimp

Mailchimp adalah penyedia layanan email atau email service provider (ESP) yang dibangun dengan tujuan untuk membantu bisnis dengan email dan pemasaran online. Didirikan pada tahun 2001, Mailchimp telah berkembang menjadi salah satu layanan buletin email teratas saat ini. Dengan Mailchimp dapat mengirim buletin dan email otomatis yang akan membantu pemasaran bagi bisnis.

Dapat membuat daftar email dengan formulir atau mengimpor kontak yang dikenal. Mailchimp menawarkan template email yang telah dirancang sebelumnya dan pembuat email seret dan lepas. Alat ini memiliki analitik email bawaan dimana dukungan ini karena Mailchimp adalah perangkat lunak yang cukup menarik bagi bisnis untuk memulai dengan pemasaran email. Sejak didirikan pada tahun 2001 dan sekarang memiliki lebih dari 700 karyawan dan lebih dari 14 juta pengguna, tercatat Mailchimp telah mengirimkan email rata- rata lebih dari 1 miliar email per harinya.

Pengaruh Mailchimp Pada Email Marketing

Di zaman modern saat ini dimana internet telah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan, membuat pemasaran email adalah komponen penting dari sebagian besar strategi bisnis, terutama UKM (usaha kecil dan menengah). Mailchimp sangat penting untuk menjaga kontak dengan pelanggan yang menjadi fondasi dari setiap perusahaan digital.

Umumnya email biasanya memerlukan pendistribusian buletin email reguler dengan penawaran, pembaruan, informasi, dan saran khusus. Disamping itu email juga berfungsi untuk menyertakan tautan ke posting blog terbaru jika memilikinya, baik itu link bagi call to action (CTA), link saluran platform penjualan atau situs resmi dari bisnis. Dapat mengotomatiskan proses dengan umpan RSS atau menyertakan tautan secara manual. Selain buletin juga dapat mengirim email satu kali untuk mempromosikan acara, penawaran khusus atau berita penting.

Fitur dan Dukungan Terbaik dari Mailchimp

Platform otomatisasi pemasaran berbasis cloud AS dan penyedia buletin email yang diluncurkan di tahun 2001 sebagai layanan berbayar, Mailchimp juga mengadopsi model freemium pada tahun 2009. Penggunanya melonjak tinggi karena adanya pemasaran digital yang membuat Mailchimp salah satu penyedia layanan paling sukses di industrinya dan menawarkan solusinya sesuai dengan prinsip Perangkat Lunak sebagai Layanan atau Software as a Service (Saas). Ini berarti bahwa pelanggan tidak memerlukan perangkat lunak tambahan di komputer atau server mereka tetapi dapat menggunakan antarmuka pengguna berbasis browser untuk mengakses alat tersebut.

Sukses dalam membantu banyak bisnis dalam email marketing mereka, berikut ini beberapa fitur serta dukungan terbaik Mailchimp yang membuat mereka tetap digunakan oleh banyak bisnis hingga sekarang :

  • Desain template fungsional

    Pelanggan memiliki akses ke berbagai templat email yang telah dirancang sebelumnya bersama dengan opsi untuk membuat template khusus. Fitur ini sangat berguna karena akan meringkas waktu dalam praktik pemasaran.

  • Pembuatan kampanye yang praktis

    Mailchimp memungkinkan pembuatan dan pengiriman kampanye email yang sederhana dan efektif dan memungkinkan pengelolaan daftar pelanggan, penargetan pelanggan, dan laporan terperinci untuk memungkinkan analisis dan, pada akhirnya, mendorong pertumbuhan. Data pelanggan utama ini dirancang untuk mendorong komunikasi yang lebih efektif.

  • Fungsionalitas seluler

    Aplikasi seluler Mailchimp terintegrasi, di iOS dan Android, memfasilitasi pengiriman, pelacakan, dan analisis kampanye email.

  • Kemampuan untuk kustomisasi

Pengguna platform menggunakan alat untuk mengkategorikan daftar email mereka ke berbagai audiens tertentu. Opsi RSS-ke-email memungkinkan pengiriman buletin email secara otomatis ketika, misalnya, blog bisnis atau kampanye online diperbarui. Otomatisasi pemasaran email yang telah dirancang sebelumnya dan kemampuan untuk menambahkan logo dan lencana adalah fitur lain dari Mailchimp. Daftar email yang ada dapat dengan mudah diimpor dan pendaftaran terintegrasi.

  • Analytics

    Laporan yang dihasilkan mencakup reaksi Twitter pelanggan buletin, bersama dengan wawasan yang diperoleh dari integrasi Mailchimp dengan Google Analytics. Mengingat analytics akan sangat membantu bisnis dalam melihat preferensi pelanggan, maka dukungan ini akan sangat berarti.

  • Fasilitas penargetan

    Alat Mailchimp memungkinkan bisnis menargetkan buletin ke klien berdasarkan kriteria tertentu, misalnya, geolokasi atau riwayat klik. Ini merinci siapa yang merespons atau tidak merespons, buletin, dan siapa yang mengklik apa yang ada di dalam dokumen. Kampanye, seperti pengujian A / B, membantu pengguna mengasah strategi pemasaran sebuah bisnis. Sederhanya ketika dengan mengirimkan email alternatif ke pelanggan yang berbeda dan menganalisis interaksi yang dihasilkan. Pemanenan data pelanggan utama ini dirancang untuk mendorong komunikasi masa depan yang lebih efektif. Pelanggan Mailchimp juga dapat mengirimkan blast email ke daftar pelanggan lengkap mereka, bersama dengan opsi yang lebih spesifik.

  • Bantuan online

    Serangkaian tutorial informatif, baik tertulis maupun video, memungkinkan pengguna platform untuk mendapatkan yang terbaik dari pengalaman Mailchimp membuat bisnis kecil yang baru memulai akan sangat terbantu.

Cara Menggunakan MailChimp untuk Email Marketing

Setelah tahu fitur-fitur unggulan, saatnya beralih ke tutorial Mailchimp. Di bagian artikel ini akan mendapatkan informasi seputar cara membuat akun Mailchimp, membuat daftar penerima email, mengkostumisasi signup forms, membuat campaign, serta melihat laporan campaign.

1. Membuat Akun Mailchimp

Silakan lakukan pendaftaran di https://mailchimp.com/ kemudian klik Sign Up for Free. Silahkan tulis alamat email, nama dan dan password yang diinginkan.

Setelah itu, silahkan isi data EmailUsername beserta Password. Pastikan password yang digunakan memiliki huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter agar aman. Jika sudah, silahkan klik Get Started!

MailChimp memiliki versi premium (berbayar) dan versi free (gratis). Pada panduan ini menggunakan versi MailChimp yang gratis. Silahkan pilih Free lalu klik Complete.

Maka akan muncul beberapa halaman yang berisi form dan harus diisi. Tuliskan nama depan pada First name dan nama akhir pada Last name lalu klik Continue. Kemudian lanjut, silahkan tulis nama perusahaan dan kepemilikan website. Lalu tambahkan alamat perusahaan beserta nomor telepon.

Jika telah memiliki list email customer, silahkan klik Yes. Jika belum, silahkan pilih No. Jika kurang tahu bisa pilih I'm not sure.

2. Sekilas Tentang MailChimp

Setelah berhasil mendaftar, kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar berikut. Terdapat 6 menu yaitu CreateCampaignsAutomateAudienceBrandReports.

  1. Create : Pada menu ini nantinya dapat membuat email, ads, landing page, postcard, social post maupun singup form
  2. Campaigns : Pada menu ini dapat membuat suatu campaign yang akan disebarkan kepada list customer melalui email mirip email broadcast. Sehingga customer akan mengetahui campaign/ promo yang sedang berlangsung.
  3. Automate : Pada menu ini dapat melakukan otomatisasi email.
  4. Audience : Pada menu ini dapat menambahkan list customer yang ingin dikirim email.
  5. Brand : Dapat menyesuaikan desain template email, melakukan pengelolaan website, custom domain.
  6. Reports : Pada menu ini dapat melihat laporan statistik tentang email marketing yang dikirim.

3. Menambahkan List Email Customer

Selanjutnya yang perlu dilakukan dalam tutorial menggunakan MailChimp untuk pemula yaitu menambahkan list email customer. Pastikan telah memiliki email customer yang akan di blast atau dilakukan broadcast email. Untuk menambahkan list email, silahkan klik menu Audience kemudian klik Import Your Contacts.

List email customer dapat ditambahkan melalui 3 cara yaitu file CSV, copy paste dari file tertentu ataupun langsung dari layanan Google Drive, Zoho, dan sebagainya. Dari masing-masing file harus memuat nama email, nama depan (first name), nama belakang (last name), alamat, nomor telepon, tanggal lahir.

Jika ingin menambahkan satu persatu bisa klik Add a contact. Lalu tulis data dari tiap customer.

4. Membuat Form Subscriber

Silahkan klik menu Audience lalu pilih View Contacts maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Bisa klik Signup forms untuk membuat form subscriber. Form subscriber adalah suatu formulir yang digunakan para customer untuk melakukan subscribe email di suatu website.

Ada beberapa pilihan, seperti :

  • Form builder : membuat dan merancang tampilan form subscribe sendiri. Jadi dapat menambahkan tulisan, melakukan desain tertentu maupun melakukan translate dari beberapa tulisan yang ada di form.
  • Embedded Forms : akan langsung mendapatkan desain form berupa kode HTML yang bisa diletakkan pada blog/ website.
  • Subcriber Pop-up : desain form subscribe yang berupa pop up ketika website dibuka
  • Form Integrations : desain form subscribe yang terintegrasikan dengan layanan lain.

5. Melakukan Desain Template Email

Salah satu fungsi utama MailChimp yaitu mengirimkan email promo/ marketing dengan berbekal akun email customer yang telah dimiliki. Jadi tidak perlu mengirimkan email promo kepada customer satu persatu. Selain itu tidak perlu mendesain email dari awal. MailChimp memiliki fitur desain template email. Hanya perlu menyesuaikan konten dan gambar yang diinginkan. Silahkan klik menu Brand lalu pilih Templates kemudian klik Create Templates.

Setelah itu pilih template/ desain email yang diinginkan. Jangan bingung, MailChimp memiliki rekomendasi template email yang dapat dipilih seperti desain untuk menjual produk (Sell Products), desain pengumuman untuk customer (Make an Announcement) dan sebagainya. Silahkan klik desain template yang diinginkan.

Pada panduan ini akan memilih template Sell Products. Dapat menyesuaikan template sesuai dengan email yang akan dikirim. Silahkan sesuaikan konten dan gambar. Klik Preview and Test untuk melihat hasilnya dan jangan lupa di simpan.

6. Membuat Campaign

Campaign dapat berupa promo diskon, pemberitahuan adanya flash sale, monthly insight, promo harga spesial dan sebagainya. Silahkan klik Menu Campaign lalu klik Create Campaign.

Kemudian tentukan media campaign yang diinginkan apakah melalui email, add, landing page, postcard ataupun social post. Pada panduan ini akan dijelaskan cara membuat campaign email marketing di MailChimp. Untuk itu, silahkan klik Emailmaka akan diarahkan ke halaman berikut. Silahkan tulis nama kampanye/ campaign name yang diinginkan. Misalnya Promo Hari Valentine 2020 lalu klik Begin.

Selanjutnya tulis kepada siapa email tersebut ditujukan.

  • To : pilih list email yang telah memasukkan. Silahkan klik Add Recipients
  • From : pilih alamat si pengirim misalnya email perusahaan. Silahkan klik Add Form
  • Subject : dapat tuliskan isi dari email campaign misalnya promo diskon berapa persen, dan sebagainya. Silahkan klik Add Subject
  • Content : tulis konten email yang menjadi inti dari email campaign. Namun sebelumnya pilih template email yang diinginkan.

7. Sinkronisasi Mailchimp dengan WordPress

Ada beberapa manfaat yaitu :

  • agar website dapat digunakan untuk membuat email subscriber.
  • agar website dapat terhubung ke mailchimp.
  • agar website dapat menampung alamat email yang diisikan oleh pengunjung.

WordPress dengan segala kemudahannya telah memiliki suatu plugin yang dapat digunakan. Plugin tersebut nantinya akan membantu dalam urusan sinkronisasi MailChimp. Dari sisi MailChimp sendiri telah memiliki API (Application Programming Interface) yang mengizinkan aplikasi terhubung dengan aplikasi lainnya. Adapun cara memperoleh API tersebut yaitu klik Account pada pojok kanan atas.

Kemudian klik Menu Extras dan pilih API keys. Jika belum memiliki API keys, silahkan klik Create A Key. Maka akan muncul API Keys. Dapat melakukan copy API Keys tersebut ke WordPress nantinya. Jangan lupa klik Create A Key.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

15 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago