HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Menambahkan Audio dan Video Ke Slide Power Point

Terkadang kalian memerlukan tambahan audio (suara) yang dipasang ke dalam slide presentasi.Fungsi audio biasanya untuk menambah informasi di dalam slide berupa suara.Suara yang dapat dimasukkan ke dalam slide presentasi dapat berformat MP3, MIDI, AFFI, MP4 audio, dan tipe file audio lainnya.Dalam penambahkan audio ke dalam Slide presentasi,ada 3 sumber audio yang dapat kalian tambahkan,yaitu

  • Penambahan audio melalui hard disk (file).
  • Penambahan audio melalui Online.
  • Penambahan audio melalui Suara langsung (record audio).

Menambahkan Audio Dari File

Untuk menambahkan suara berupa file dari dalam komputer,berikut ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke dalam Tab Insert kemudian pada Ribbons Media kalian pilih Audio.Maka akan ada 3 pilihan penambahan Audio yang dapat dilakukan.
  • Setelah memilih Audio,kalian klik (pilih) pilihan Audio from File.
  • Setelah klik pada Audio from File,maka ditampilkan jendela Insert Audio.Pilih Audio yang akan ditambahkan ke dalam Slide Power Point. Kalian dapat memasukkan file audio yang berformat MP3, MIDI atau AFFI.Setelah mendapatkan File Audio yang ke dalam slide,klik Insert  untuk mengakhiri.
  • Ketika audio berhasil dimasukkan ke dalam silde maka akan ditampilkan sebuah tampilan Playlist video yang terdapat tombol Play,volume dan durasi waktu.
  • Kalian dapat menjalankan suara audio dengan menekan tombol Play pada Playlist Audio.Kalian dapat menjalankan suara ketika slide dijalankan melalui Slide Show.
  • Kalian dapat mengatur audio akan otomatis diputar atau perlu dilakukan klik dahulu untuk diputar dengan klik pada player lalu masuk ke menu Playback pilih On Click (diputar ketika klik) atau Automatically (diputar otomatis ketika slide ditampilkan).

Menambah Rekaman Dari Suara

Menambahkan audio juga bisa menggunakan suara,dengan cara merekam suara yang ada di sekitar.Kalian dapat menggunakan fasilitas perekam yang terpasang ke dalam komputer.

Untuk merekam suara yang akan ditampilkan ke dalam slide,berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pada tab Insert,masuk pada Ribbons Media.Pada pilihan Audio pilih Record Audio.
  • Setelah klik Record Audio maka pada dokumen slide akan ditampilkan sebuah Jendela Record Sound.Disitu kalian dapat melakukan recording (perekaman suara) yang dimasukkan ke dalam Slide.
  • Kalian dapat memberikan nama pada rekaman pada kotak isian Name.Persiapkan media recorder seperti headset atau microfon untuk keperluan transfer suara ke dalam komputer.Untuk memulai melakukan rekaman klik pada tombol rekam yang ditampilkan dengan bentuk lingkaran.
  • Setelah selesai melakukan rekaman,kalian dapat klik tombol Stop.Untuk melakukan preview hasil rekaman,klik pada tombol Play.Setelah selesai melakukan rekaman klik tombol OK.Setelah klik pada tombol OK akan ditampilkan palylist Audio rekaman kalian di  dalam slide Power Point.
  • Setelah klik Ok,maka kalian akan mendapatkan tampilan Playlist rekaman yang dibuat ke dalam Slide.

Memperindah Tampilan Playlist Audio

Tampilan Playlist Audio yang ditampilkan ke dalam Slide masih sederhana (standar),kalian dapat memperindah tampilannya menggunakan fasilitas Pictures Styles :

  • Untuk memperindah tampilan Playlist audio caranya cukup mudah,klik Playlist tersebut untuk mengaktifkan Tab Audio Tools.Setelah Tab Audio Tools muncul,kalian dapat klik pada tab Format maka akan ditampilkan Ribbons Pictures Styles dan dapat memilih style untuk tampilan playlist audio sesuai dengan pilihan kalian.
  • Setelah mengganti tampilan sytles pada Playlist Audio maka di dalam Slide Show nanti tampilan Playlist akan sesuai dengan style pilihan kalian.

Memotong Suara (crop)

Saat kalian menemui audio yang dimasukkan memiliki durasi panjang,biasanya untuk audio berformat MP3,padahal di dalam presentasi yang kalian lakukan hanya memiliki durasi singkat per slide.Oleh karena itu,kalian dapat memotong audio sesuai dengan kebutuhan.Jadi tidak perlu menggunakan software audio editing yang tentunya bakal menguras tenaga dan waktu.Kalian dapat langsung melakukan editing (pemotongan) audio langsung dari dalam Power Point .

Berikut ini langkah-langkah memotong audio di power point :

  • Klik playlist untuk mengaktifkan Tab Audio Tools.Masuk ke dalam tab Playback kemudian pilih pada pilihan Trim Audio.
  • Setelah klik pilihan Trim Audio maka di dalam tampilan power point ditampilkan jendela Trim Audio.Untuk memotong bagian audio,kalian hanya perlu menggeser menggunakan tools yang sudah ada. Untuk menggeser dan preview hasilnya dengan cara klik pada tombol Play.
  • Jika merasa sesuai dengan pemotongan audio,kalian dapat klik OK untuk mengakhirinya.
  • Selesai melakukan pemotongan pada audio,maka audio yang ditampilkan pada slide nanti durasinya akan lebih sedikit sesuai dengan pemotongan yang dilakukan tadi.Suara audio yang dihasilkan juga akan hanya menampilkan audio yang dipilih (potong).

Menambahkan Video

Di dalam sebuah presentasi,sebuah tampilan video memang berguna untuk memperjelas penyampaian presentasi.Terkadang dengan ditampilkannya contoh video atau tutorial di dalam video akan semakin memudahkan audien dalam memahami apa yang sedang dipresentasikan.

Untuk menambahkan video ke dalam slide presentasi dari dalam hardisk komputer,berikut ini langkah-langkanhya :

  • Menambahkan video di dalam slide presentasi,masuk Tab Insert,kemudian pada Ribbons Video klik pada pilihan Video dan muncul 3 pilihan yaitu Video From File,Video from web site dan Clip Art Video.Pilih pada pilihan Video From File.
  • Setelah klik pilihan Video on My PC,maka muncul jendela Insert Video.Cari lokasi dimana kalian menyimpan video yang akan ditampilkan pada slide.Setelah menemukannya klik video terebut dan klik tombol Insert.
  • Setelah klik Insert,tunggu beberapa saat hingga proses pemindahan video ke dalam slide selesai.Jika video sudah masuk (tersisipkan) ke dalam slide power point,video tersebut masih ditampilkan dalam layar hitam.
  • Saat menjalankan slide presentasi (Slide Show) untuk melihat tampilan video tersebut,kalian dapat klik pada tombol Play maka di dalam layar hitam tersebut ditampilkan isi video seperti video aslinya.Dalam penyajian video tersebut akan ditampilkan seperti saat kalian membukanya pada Windows Media Player.
  • Kalian dapat menambahkan lebih dari satu video ke dalam satu slide dan video tersebut dapat diputar secara bersamaan.

Semoga artikel ini bermanfaat !

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

29 mins ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago