Perkembangan teknologi yang berkembang pesat akan membantu anda dalam menyelesaikan aktivitas bisnis karena pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Teknologi yang dimaksud yaitu internet yang mampu menghubungkan kita walaupun berada dilokasi yang berbeda.

Saat ini, webinar sebagai salah satu cara baru yang digunakan untuk membangun informasi. Webinar merupakan  teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengadakan seminar dalam sebuah kelompok tanpa harus bertatap muka langsung dan semua prosesnya dijalankan melalui internet.

Webinar berasal dari dua kata yaitu web dan seminar. Web merupakan penggunaan teknologi internet, sedangkan seminar merupakan pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan tertentu.

Teknik seminar ini dilakukan dengan pembicara membagikan materi melalui sarana digital yaitu sebuah software atau layanan webinar. Setiap anggota yang ingin bergabung dengan webinar harus masuk melalui jaringan webinar melalui perangkat onlinenya masing-masing. Presentator maupun anggota webinar akan mendapatkan output, tidak hanya audio/suara tetapi juga visual dengan cara ditampilkan dan dihubungkan oleh perangkat yang didikung koneksi internet.

Baca Juga  Istilah-Istilah Umum Yang Ada Di Internet

Manfaat dan Kelebihan Mengikuti Webinar

Webinar memiliki beberapa manfaat dan kelebihan yaitu:

  • Hemat biaya, anda tidak perlu keluar rumah atau mengeluarkan ongkos transport. Anda dapat mendapatkan ilmu, mendapatkan tips dan trik, cara mengoperasikan suatu sistem atau penyusunan strategi berbisnis hanya dari rumah.
  • Fleksibel, untuk mengikuti webinar ini yang terpenting anda memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Biaya yang dikeluarkan relative minim apabila dibandingkan seminar langsung.

Jenis-jenis Webinar

  • The Lead-Generation or Sales Webinar

Merupakan tipe webinar yang banyak dipakai untuk meningkatkan jumkah leads. Peserta diminta untuk mendaftar data diri dan email di website, sedangkan panitia akan memberikan akses ke webinar atau modul yang nantinya dibutuhkan pada saat seminar berlangsung. Anda juga memiliki kesempatan untuk menjual produk atau jasa yang dimiliki dan pelanggan yang prosepektif akan mendapatkan kontennya secara gratis dan disebut quid pro quo.

  • The One-Off For-Profit Webinar
Baca Juga  Mengenal Node.js bagi pemula

Jika anda ingin bergabung dalam webinar ini, pada saat mendaftar harus membayar terlebih dahulu. Namun, kelebihan yang akan didapatkan oleh peserta webinar yaitu pembicara sudah profesional, topik berkualitas dan “keuntungan” berupa ilmu sesuai dengan uang yang dikeluarkan

  • The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Merupakan jenis webinar terbaik yang dibagi menjadi lebih dari satu episode dan topik yang dipilih dijelaskan secara komprehensif.

Jika anda seorang trainer, webinar ini dapat dimanfaatkan untuk mengkonversi konten face-to-face menjadi sebuah format virtual yang bisa anda jual pada poin harga yang sama. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin  akan digunakan menjadi topik tambahan pada seri webinar selanjutnya.

Memilih Media Webinar

Sesuaikan media yang akan digunakan sesuai dengan topik, pembicara, waktu dan durasi webinar serta jumlah peserta yang diharapkan. Lalu pilih salah satu dari platform yang terdiri dari media sosial sampai aplikasi berikut:

  • GoToWebinar

  • YouTube Live

  • Facebook atau Instagram Live
Baca Juga  Migrasi Wix ke WordPress dengan menggunakan Plugin CMS2CMS

 

Cara Kerja Webinar

Webinar akan mempermudah anda dalam mengikuti seminar, dimana anda hanya perlu standby pada waktu yang telah ditetapkan selama terkoneksi dengan internet. Sebelumnya, anda harus mempersiapkan beberapa hal yang perlu anda sediakan yaitu:

  1. Komputer atau Laptop
  2. Browser yang sudah terinstal pada laptop anda
  3. Email aktif untuk mendaftar dan menerima link untuk mengarahkan anda ke video webinar
  4. Koneksi internet yang stabil dan cepat
  5. Headset atau speaker aktif

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengikuti:

  1. Melakukan pendaftran (registrasi) webinar yang anda ingin ikuti
  2. Catat link webinar yang akan digunakan sebagai pintu masuk pada saat webinar berlangsung.
  3. Catat jadwal diadakannya webinar
  4. Pastikan anda online di tanggal dan jam webinar berlangsung.

Diatas merupakan  artikel mengenai Webinar dan Ragam Jenisnya. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

Terima Kasih

 

0 Shares