Kemudahan metode pembayaran bisnis online menjadi hal yang sangat dibutuhkan pada jaman sekarang ini. Perkembangan belanja secara online semakin diminati oleh banyak orang, namun  juga masih banyak orang yang enggan belanja online dan lebih memilih berbelanja offline karena suatu alasan tertentu,  misalnya karena kurang percaya dengan online shop, penipuan dan transaksi yang ribet. Selain itu, mengingat persaingan dalam dunia e-commerce yang semakin meningkat, kita juga harus meningkatkan kualitas pelayanan toko online dan metode pembayaran  dalam melakukan bisnis. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut alangkah perlunya kita memilih metode  pembayaran menggunakan payment gateway.

Sebelumnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu payment gateway?

Payment Gateway merupakan layanan untuk mempermudah dalam pembayaran bisnis online  melalui kartu kredit, kartu debit dan transaksi online lain. Pembayaran menggunakan metode ini diproses secara otomatis, aman dan real time.  Adapun cara kerja payment gateway  yaitu:

  1. Pelanggan memilih dan menentukan dulu produk yang akan dibeli untuk kemudian melakukan check out pada online shop tersebut
  2. Memilih jenis bank mana untuk melakukan metode pembayaran dengan opsi yang sudah dipilih
  3. Informasi dari online shop akan terkumpul pada payment gateway dan akan diteruskan ke pembayaran bank yang akan digunakan
  4. Pembayaran yang sudah dilakukan akan diteruskan lagi ke payment gateway, lalu ke online shop dan pemegang kartu hingga dinyatakan berhasil.

Nah, anda masih meragukan metode pembayaran ini? Harusnya tidak lagi ya. Selain itu metode pembayaran ini juga dapat menguntungkan dari sisi pembeli maupun penjual dalam melakukan pembayaran order yang mana dapat dibayar melalui bank maupun kartu kredit. Kelebihan bagi pembeli dengan menggunakan metode pembayaran ini yaitu terpercayanya toko tersebut, karena membutuhkan persyaratan dalam melakukan aktivasi akun payment gateway dan keuntungan bagi penjual yaitu pengecekan dapat dilakukan secara online.

Manfaat lain dari adanya pembayaran menggunakan metode payment gateway yaitu

  1. Transaksi Aman, Instalasi Mudah danTransaksi Cepat

Hal ini sangat penting dan dibutuhkan ketika kita berbelanja secara online. Mengapa dengan metode pembayaran payment gateway aman? Ya, karena dengan metode pembayaran ini toko online terhindar dari penipuan  karena dilengkapi dengan pendeteksi fraud yang pastinya aman.

Dalam hal kemudahan tidak perlu dipertanyakan lagi, terutama dalam pemasangan instalansinya, dimana pemasangan payment  gateway di website toko online jauh lebih mudah.

Selain itu juga cepat, karena dilakukan secara online dengan cara transfer melalui bank tertentu.

  1. Meningkatnya Kepercayaan Pelanggan

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas dengan metode pembayaran payment gateway akan membuat pelanggan/konsumen lebih yakin ketika melakukan transaksi. Karena ada bukti transaksi dan periksaan transaksi oleh perusahaan penyedia payment gateway.

  1. Beragam Pilihan Metode Pembayaran

Payment Gateway menyediakan beragam metode  pembayaran ketika anda  ingin melakukan metode pembayaran dan juga akan memudahkan konsumen dalam belanja di toko online.

Berikut beberapa Payment Gateway yang ada di Indonesia:

  1. DOKU

Doku merupakan salah satu penyedia payment gateway yang menyediakan dompet digital  yang bekerja sama dengan 20 penyedia jasa keuangan dan kelebihannya anda dapat melakukan belanja meskipun sedang offline.

  1. Faspay

Penyedia payment gateway lain yang bisa anda gunakan yaitu Faspay yang mana telah bekerja sama dengan penyedia jasa keuangan seperti CIMB Clicks, Permata Net, VISA, BRI, Maybank, Indomaret, Alfamart dan sebagainya. Selain itu metode pembayarannya dapat dilakukan dengan kartu kredit, e-money dan virtual account.

  1. Xendit

Merupakan penyedia payment gateway yang tergolong baru, tetapi memiliki sistem deteksi penipuan yang secanggih dengan Visa.

  1. iPaymu

Keunikan dari penyedia payment gateway ini memiliki fitur unik yaitu WhatsApp dan Cash on Delivery (COD) yang masih banyak diminati konsumen. Disisi lain juga menyediakan kerjasama dengan 140 bank di Indonesia.

 

Demikian artikel mengenai  Pembayaran Online dengan Payment Gateway dalam melancarkan bisnis anda dan kemudahan dalam metode pembayaran belanja online aja. Semoga dapat dijadikan sebagai referensi anda dan akan menambah wawasan serta  pengetahuan anda.

Teima Kasih 😀