HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram adalah platform media sosial yang setidaknya digunakan oleh 1 miliar orang di seluruh dunia per bulan. Menurut Hootsuite, Indonesia menempati peringkat ke 4 pengguna Instagram terbanyak, yakni mencapai 59 juta pengguna per kuartal ketiga di tahun 2019.

Instagram shopping merupakan fitur yang memungkinkan untuk memasukkan post yang mengandung tag produk di dalamnya. Jika ada akun Instagram yang post nya ada tag produk, dan saat klik di tag produk tersebut diarahkan ke website brand yang bersangkutan sering disebut dengan Instagram Shopping.

Namun belum semua akun Instagram mendapatkan akses ke fitur ini. Saat ini hanya terbatas pada akun tertentu saja, dan terutama akun yang sudah memenuhi persyaratan untuk disetujui mendapatkan akses. Jika ingin menggunakan fitur Instagram Shopping, Instagram telah menambahkan syarat kelayakan baru, yaitu bisnis harus memiliki website terlebih dulu.

Syarat Mengaktifkan Instagram Shopping

Tidak sembarang akun bisnis Instagram dapat membuat Instagram Shopping. Oleh karena itu, perhatikan beberapa persyaratan berikut yang perlu dipatuhi agar permintaanmu diterima oleh Instagram :

  • Akun harus diubah ke akun bisnis Instagram.
  • Akun bisnis Instagram mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan.
  • Akun bisnis Instagram harus menjual produk fisik, tujuannya adalah agar gambar produk dapat ditandai setelah mendapat izin tayang dari Instagram Shopping.
  • Akun bisnis tidak boleh mempunyai batasan negara atau usia.
  • Akun bisnis juga harus terhubung dengan katalog Facebook.
  • Akun Instagram harus terhubung dengan Facebook Page bisnis.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Sebelum mengaktifkan Instagram Shopping, ada beberapa cara membuat online shop di Instagram yang harus dilakukan. Harus memiliki akun profil Facebook dan buat website terlebih dulu sebagai persyaratan dari Instagram Shopping.

Berikut cara mengaktifkan instagram shopping, yaitu :

1. Buat website

Selain meningkatkan kredibilitas toko atau brand, membuat website juga dapat mempermudah proses pembuatan Instagram Shopping nanti.

2. Buat halaman Facebook dan tambahkan katalog

  • Perlu membuat halaman Facebook untuk menempatkan katalog produk. Buat akun pengelola halaman Facebook di pengelola bisnis facebook dan login menggunakan akun Facebook sendiri.

  • Isi informasi yang diminta untuk membuat akun bisnis baru.

  • Pilih Pengaturan Bisnis seperti pada gambar.

  • Klik Sumber Data lalu pilih menu Katalog dan klik Tambahkan untuk membuat katalog baru seperti yang ditunjukkan oleh gambar.

  • Buat nama dan jenis produk dalam katalog, lalu klik Buat Katalog.

  • Tentukan siapa yang akan mendapatkan akses standar atau akses admin untuk katalog ini, jika belum ada, bisa memilih diri sendiri. Pastikan orang yang akan mengurus bisnis ini setidaknya sudah mempunyai akun Facebook. Jika sudah, klik Tetapkan.

  • Saat ini, katalog masih kosong. Agar bisa menghubungkan ke akun bisnis Instagram dan mengaktifkan Instagram Shopping, harus mengisi katalog terlebih dulu dengan klik “Buka di Pengelola Katalog” seperti ditunjukkan oleh gambar.

  • Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, lalu Klik “Tambahkan Produk”.

  • Pilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali jika sudah menambahkan Facebook Pixel di website, maka dapat memilih “Gunakan Pixel“, lalu klik Selanjutnya.

  • Isi informasi produk yang diperlukan. Jika belum mempunyai tautan untuk disertakan ke kolom “Tautan situs web”. Di sinilah fungsi website bisa lebih mudah menambahkan katalog produk menggunakan Facebook Pixel atau lakukan secara manual. Jika sudah, klik Tambahkan Produk.

3. Aktifkan Instagram Shopping dan hubungkan ke katalog di Facebook

Setelah memasukkan katalog ke halaman Facebook dan website, kini saatnya mengaktifkan Instagram Shopping melalui aplikasi Instagram. Cara mengaktifkan Instagram Shopping berikut ini hanya dapat dilakukan secara mobile melalui tablet atau HP.

  • Klik Business di pengaturan.

  • Pilih Sign Up for Shopping.

  • Ikuti langkah-langkah yang diminta, seperti menghubungkan akun ke Facebook hingga menghubungkan Instagram dengan katalog Facebook yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu pilih Facebook Catalog Manager, lalu klik “Check for Catalog”.

  • Jika tidak ada masalah, seharusnya akun Instagram bisnis sudah dalam pengamatan Instagram dan hanya perlu menunggu hingga mendapat izin untuk membuat Instagram Shopping.

Cara Membuat Konten Yang Bisa Ditindaklanjuti

Setelah akun diterima oleh Instagram, sudah dapat membuat konten yang bisa ditindaklanjuti dengan cara berikut.

Konten yang bisa ditindaklanjuti merupakan istilah Instagram untuk konten yang menandai produk. Tidak berbeda jauh dengan menandai akun Instagram teman, menandai produk pun menggunakan cara yang sama.

  • Setelah memilih foto yang akan digunakan, klik “Tag Products” seperti tampilan berikut :

  • Klik sekali pada produk yang ingin ditandai, lalu pilih produk dari katalog. Agar tidak berlebihan hingga menjadi spam, saat ini Instagram membatasi tag hanya sampai 5 produk saja.

  • Aktifkan Facebook jika ingin sekaligus mengunggah konten di dua media sosial. Setelah itu, klik Share atau Bagikan.

  • Jangan lupa untuk terus melakukan promosi. Jika kesulitan memikirkan ide untuk mengembangkan iklan, bisa mengunjungi halaman tips Instagram Bisnis.

Menghubungkan Katalog Instagram Shopping dengan Katalog Facebook

Jika masih kebingungan menghubungkan akun bisnis Instagram dengan katalog Facebook, mungkin dapat mengunjungi halaman Pengelola Katalog yang dapat diakses dengan cara berikut :

  • Kunjungi halaman Pengaturan Facebook Bisnis lalu pilih halaman Facebook toko. Bisa menggunakan tautan ini untuk mengunjungi halaman pengaturan berikut kapan pun. Setelah di halaman Pengaturan Bisnis, klik Sumber Data (Data Sources) lalu Katalog (Catalogs).
  • Kemudian klik “Buka di Pengelola Katalog” seperti ditunjukkan oleh gambar.

  • Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, lalu Klik “Hubungkan Profil” seperti pada gambar.

  • Setelah itu klik tanda “+” dan login ke akun bisnis Instagram.

Verifikasi domain

Di beberapa kasus, Facebook masih memerlukan verifikasi domain website. Verifikasi domain merupakan langkah untuk mengklaim kepemilikan bisnis di pengelola bisnis Facebook. Kepemilikan ini memungkinkan mengatur siapa saja yang bisa melakukan tindakan tertentu di halaman. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan akun bisnis di Facebook.

Namun verifikasi domain secara lebih spesifik hanya diberlakukan jika :

  • Memiliki banyak halaman Facebook secara manual melalui tag markup Open Graph.
  • Menggunakan Business Manager untuk mengelola aset toko.
  • Mengunggah berkas HTML ke web root directory atau dapat mengedit DNS TXT records.
  • Bisa mengedit Link Page Posts yang mengarahkan ke konten, kepemilikan ini akan menentukan siapa yang memiliki akses untuk mengedit tautan.
  • Menginginkan kendali untuk mengatur siapa saja yang bisa mengedit deskripsi tautan di iklan yang mengarahkan ke domain.

Alasan Menggunakan Instagram Shopping

Instagram Shopping bisa manfaatkan sebagai cara baru untuk melakukan promosi dan memajang produk di ‘etalase’ online. Bagaimana tidak, Instagram yang awalnya ditujukan menjadi platform media sosial sudah memiliki berbagai fitur yang diperlukan untuk mendekatkan diri dengan calon pembeli.

Misalnya, fitur IG Story dan Direct Message (DM) untuk berinteraksi langsung dengan followers atau fitur IG TV dan Live Streaming yang bisa digunakan untuk menampilkan iklan atau tayangan edukatif seperti webinar untuk followers. Selain itu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis, tergantung seberapa kreatif mengaturnya.

Selain itu, penggunaan jasa influencer juga bisa memberikan dampak yang lebih besar karena hanya perlu mengarahkan audien ke akun Instagram bisnis. Bisa menggunakan program endorsement, tetapi jangan lupa untuk menyesuaikan influencer dengan produk yang ditawarkan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

1 day ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

1 day ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

2 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

4 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 days ago