HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Direct Marketing,Manfaat dan Strateginya

Di artikel kali ini,kita akan membahas mengenai Direct Marketing,mulai dari pengertian,manfaat,kelebihan kekurangannya dan masih banyak lagi lainnya.Kita mulai dari Pengertiannya.

Pengertian Direct Marketing

Merupakan strategi marketing yang mengandalkan komunikasi atau distribusi langsung dari pemasar ke konsumen.Strategi ini dapat dilakukan secara tatap muka atau lewat media komunikasi seperti telepon,email dan SMS.Direct marketing tidak melibatkan pihak ketiga seperti media iklan.Dengan begitu,dapat langsung menerima respons dari pelanggan.Contoh : kalian harus menunjukkan SMS kepada pihak KFC agar mendapatkan diskon.Artinya,KFC menerima respons langsung dari konsumen yang menjadi target promosi.

Direct Marketing Menurut Penjelasan Para Ahli

Beberapa pakar bisnis dan marketing memberikan penjelasan tentang direct marketing.Berikut ini adalah penjelasan dari direct marketing menurut para ahli:

Suyanto

Direct marketing merupakan suatu sistem marketing yang menggunakan saluran langsung agar menjangkau konsumen dan menyediakan barang atau jasa pada konsumen tanpa bantuan perantara.

Duncan

Direct marketing merupakan teknik marketing yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menjaga dan menjalin komunikasi secara langsung dengan pelanggannya. Strategi ini dinilai lebih efektif karena mampu berinteraksi dengan membuat suatu database yang bisa digunakan dengan mengaktifkan komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan beragam media untuk mendorong respon pelanggan.

Kotler – Gary Armstrong

Direct marketing merupakan sistem pemasaran yang memanfaatkan berbagai media periklanan agar bisa berinteraksi langsung dengan target konsumen. Umumnya, interaksi ini akan terjalin melalui email, telepon, atau menemui pelanggan secara langsung agar mampu mendapatkan tanggapannya.

Jenis Direct Marketing

Ada banyak jenis direct marketing yang diterapkan diperusahaan,diantaranya merupakan  :

  • Direct Mail : Dengan surat ini dapat mengiklankan bisnis/layanan/produk dan dikirim ke sekelompok pelanggan di suatu daerah.Ada beberapa bentuk surat langsung,termasuk katalog produk,kartu pos produk, Maillers,dan masih banyak lainnya.
  • Telemarketing : Dengan ini biasanya calon pelanggan dihubungi melalui telepon untuk menjual produk/layanan.Metode ini dapat menarik pelanggan baru ke tingkat relatif besar dan metode ini sebagai alat untuk melacak kampanye pemasaran langsung.Telemarketing sangat efektif ketika didukung oleh database pelanggan potensial atau data konsumen dengan profil lengkap (untuk mengetahui minat produk).
  • Email Marketing : Cukup sederhana dan dapat diskalakan,dapat menjangkau pelanggan,mencakup buletin elektronik,email promosi untuk menghasilkan prospek atau penawaran baru bagi pelanggan yang sudah ada atau iklan yang muncul dalam email perusahaan lainnya.
  • SMS Blasting (SMS / MMS Marketing) : Dengan ini dapat menjangkau pelanggan individu dan mengirim pesan ke kelompok besar konsumen berbiaya rendah,dapat menggunakan layanan SMS untuk mengirim pemberitahuan penjualan kepada pelanggan,tautan ke pembaruan situs web, pengingat pengiriman atau pesan pribadi.
  • Social Media Marketing : Dapat digunakan secara efektif sebagai alat pemasaran bagi perusahaan, karena memungkinkan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dan untuk secara teratur bertukar informasi relevan tentang produk/layanan.Platform media sosial juga membuat mudah bagi pelanggan untuk berbagi konten dengan seluruh jaringan secara eksponensial meningkatkan jangkauan.Sementara itu, Medsos mendorong pelanggan untuk memberikan umpan balik dengan meninggalkan komentar yang sangat membantu dalam menyempurnakan layanan.
  • Direct Selling (With Sales Promotion) : Ini cara efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan terjangkau.Penjualan langsung dipahami sebagai penyedia independen yang menjual produk atau layanan langsung ke pelanggan,misal dengan mengunjungi rumah-rumah atau tempat-tempat kerja pelanggan.
  • Leaflet Marketing (Letterbox Drop & Handouts) : Model pemasaran langsung di mana selebaran dikirim atau didistribusikan kepada pelanggan atau konsumen umum.
  • Online Marketing : Pemasaran langsung juga ada yang dilakukan melalui pemasaran online atau media online menggunakan Internet.Ada banyak bentuk media online,termasuk media sosial yang dibahas tadi diatas,lalu toko online dan penggunaan situs web untuk media pemasaran produk.Saat ini, hampir tidak ada produk/perusahaan yang tidak memiliki situs web atau portal untuk menyajikan perusahaan dan produk atau layanan yang dimiliknya.
  • TV Home Shopping : Banyak stasiun televisi menyiarkan program komersial.Metode ini sangat efektif,selain jangkauan luas juga memungkinkan sesi penjualan langsung dan panggilan telepon yang sering.

Manfaat Direct Marketing

Beberapa manfaat direct marketing yang dapat kalian rasakan,antara lain :

Respons Langsung dari Pelanggan

Pemasaran langsung ke pelanggan berpotensi menaikkan pendapatan bisnis.Pelanggan dapat langsung memanfaatkan diskon atau membeli rilisan terbatas produk yang kalian tawarkan.Selain dari segi pendapatan,respons pelanggan dapat menjadi ukuran keberhasilan strategi marketing kalian.

Hemat Biaya Promosi

Bisnis kalian akan memperoleh keuntungan yang maksimal,itu artinya tidak perlu menggunakan jasa media iklan yang menghabiskan banyak biaya.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kalian secara personal dapat menanyakan kebutuhan pelanggan dan melakukan penyesuaian.Semakin kalian mengenal pelanggan,maka pelanggan akan semakin loyal.

Cara Menjalankan Strategi Direct Marketing

Berikut cara menjalankan strategi Direct marketing :

Menargetkan Pasar

Secara umum,langkah menentukan target pasar sebagai berikut :

  • Dengan asumsi : Berdasarkan produk yang dimiliki,kalian bisa berasumsi siapa target pasar produk tersebut.
  • Mencermati persaingan pasar : Dengan mencermati persaingan di dalam bisnis,akan membantu menemukan celah dalam mendapatkan perhatian pelanggan.
  • Berkomunikasi dengan pelanggan : Memungkinkan kalian mengetahui kekurangan dan kelebihan produk.
  • Manfaatkan analytics tools : Berguna untuk mengetahui target dan trend pasar.Contoh : penggunaan Google Analytics dan Instagram Analytics.
  • Menciptakan buyer persona : Merupakan representasi pelanggan,berdasarkan ciri fisik,demografi dan lainnya,kalian dapat menggambarkan calon pelanggan kalian.
  • Menjelaskan keunggulan produk : Calon pelanggan lebih tertarik dengan sebuah produk jika mengetahui keunggulannya.
  • Menciptakan brand positioning : Bertujuan memberi kesan brand kalian,brand positioning baik akan membentuk target pasar dengan sendirinya.

 Menyusun Bentuk Promosi

Salah satu contohnya dengan promosi atau diskon.Diskon umumnya diberikan di waktu tertentu.Di Indonesia biasanya pada Hari belanja online nasional atau diskon kemerdekaan,seperti pembelian hosting dan domain di Hosteko.com.Tentunya hal ini juga perlu menentukan platform komunikasi yang sesuai dengan desain promosi,apa lebih sesuai lewat email, SMS, telepon atau langsung.

Mengarahkan Calon Konsumen Ke Website

Pemilik website bisnis dapat menggunakan Direct marketing untuk mengarahkan pelanggan ke websitenya.Lewat website, pelanggan dapat mengetahui lebih banyak produk yang kalian miliki tanpa harus datang ke lokasi.Jika ada produk lain yang ingin pelanggan beli, tentu semakin baik.

Analisa Performa

Pendekatan langsung direct marketing menghasilkan respons langsung.Itu artinya dapat mengukur keberhasilan strategi kalian secara cepat.Misal toko baju kalian menawarkan diskon 50% khusus hari kemerdekaan kepada 100 pelanggan via SMS,kalian dapat mengetahui berapa banyak yang merespons hari itu.Jika banyak respons tawaran itu,berarti strategi kalian berhasil.Jika tidak,kalian dapat segera mengevaluasi,kenapa tawaran itu tidak menarik perhatian pelanggan.Strategi Direct marketing dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Keunggulan Direct Marketing

Direct marketing memiliki berbagai kelebihan di antaranya :

  • Target jelas :Mengirim pesan spesifik ke pelanggan atau calon pelanggan,semakin mengenal target promosi kalian,penawaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera mereka.
  • Informatif : Dengan direct marketing,kalian dapat memberi detail informasi produk kalian.Mulai dari harga,cara memperoleh diskon atau keuntungan yang didapatkan dari penawaran.
  • Personal :Dengan direct marketing,kalian dapat berinteraksi dengan pelanggan secara personal.Misal : dapat mengirim email ucapan kepada pelanggan yang membeli laptop di toko kalian,di dalam pesan itu juga dapat menawarkan aksesoris laptop atau software yang mungkin dibutuhkan.
  • Terjangkau : Penggunaan jasa media iklan seperti televisi atau billboard mengharuskan Anda mengeluarkan biaya besar. Lewat direct marketing, Anda dapat menghemat biaya promosi.Terjangkaunya harga internet misal, membuat promosi lewat email dan media sosial dapat dilakukan secara luas dan mudah.
  • Hasil Terukur : Promosi secara langsung dapat langsung diukur hasilnya,contohnya mengirim promosi menggunakan kode diskon,kalian dapat langsung mengukur tingkat keberhasilan strategi tersebut.

Kelemahan Direct Marketing

Berikut kekurangan dari Direct marketing  :

  • Mengganggu : Dengan Direct marketing,tidak sedikit juga orang menganggap hal ini justru mengganggu.Contoh : SMS blast yang dilakukan provider seluler.Dalam satu hari,pelanggan bisa menerima banyak SMS berisi promosi sejenis.Direct marketing mengganggu memberi kesan buruk pada bisnis kalian.Selain itu,membuat konsumen tidak tertarik untuk menggunakan produk kalian.
  • Banyak Kompetitor : Banyak bisnis yang menggunakan direct marketing membuat promosi kalian tidak nampak spesial.Contoh : Pada email marketing,promosi kalian tenggelam dengan mudah karena banyaknya email promosi yang diterima calon konsumen.
  • Sumber Daya : Penggunaan direct marketing seperti telepon membutuhkan biaya besar.Karena,hanya perusahaan tertentu yang menggunakan metode ini.Direct marketing seperti penjualan langsung juga menguras waktu dan tenaga yang banyak.Dalam jenis usaha tertentu,Direct marketing tidak menghasilkan respon sebanding engan sumber daya yang dikeluarkan.

sekian artikel kali ini.semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

20 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

22 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago