Artikel atau konten merupakan nyawa dari sebuah website, kualitas dari sebuah website atau blog dapat langsung dilihat dari konten atau artikel yang dimiliki oleh website tersebut. Memeperhatikan kualitas dari artikel sangat penting karena sangat mempengaruhi posisi/peringkat blog/website anda di mesin pencarian Google.

Berikut beberapa cara untuk membuat artikel yang berkualitas dan kreatif

1. Pilihlah topik yang dipahami dan diminati anda

Saat anda menulis sebuah artikel sesuai bidang yang anda kuasai, maka anda akan dengan mudah dalam menulisnya. Pemilihan topik merupakan hal yang sangat penting. Saat membuat artikel usahakan topik pada artikel anda sesuai dengan tema blog milik anda. Hal ini penting karena para visitor juga melihat konsistensi dari blog yang anda miliki.

2. Judul artikel yang menarik

Sebuah judul yang menarik menjadi faktor yang dapat merangsang ketertarikan pembaca dalam membaca artikel anda. Gunakan lah judul se-spesifik mungkin untuk meningkatkan ketertarikan pembaca.

3. Gunakan gaya penulisan anda sendiri

Silahkan anda ekspresikan ide-ide anda dan tuangkan dalam artikel dengan gaya penyampaian anda sendiri. Pelajari gaya penulisan dari para blogger yang anda kagumi, lalu cari sebanyak banyaknya referensi gaya penulisan. Perhatikan kelebihan dan kekurangan dari penulisan mereka dan kolaborasikanlah.

4. Isi artikel harus bermanfaat

Informasi apapun yang anda tulis dalam artikel haruslah yang bermanfaat bagi para pembaca. Berikanlah informasi yang sesuai dengan judul atau kata kunci artikel anda.

5. Penting untuk menjelaskan poin-poin

Buatlah artikel anda lebih terstruktur dengan memperjelas poin poin penting atau inti penjelasan dari artikel yang anda miliki. Hal ini dilakukan agar tulisan anda lebih terstruktur dan pembaca lebih nyaman dalam membaca artikel anda.

6. Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti

Anggaplah pada saat anda menulis sebuah artikel, anda sedang berbicara kepada teman anda sehingga dalam penyampaiannya pun dapat lebih ringan dan dapat dipahami oleh pembaca.

7. Pahami target pembaca

Sebelum anda menulis artikel, anda harus kenali terlebih dahulu siapa target pembaca dari artikel anda. Jika anda ingin menulis artikel yang menyangkut dunia permainan/game, maka anda dapat membuat artikel dengan penyampaian yang lebih ringan sesuai dengan karakter dan kebutuhan pembaca. Lain halnya jika misalnya anda menulis artikel tentang politik tentunya harus menggunakan tata bahasa yang lebih professional dan disesuaikan dengan pembacanya.

8. Sertakan gambar agar lebih menarik

Gambar bisa menjadi komponen penunjang yang penting dalam sebuah artikel. Gambar dapat berfungsi sebagai penjeda saat pembaca lelah membaca tulisan yang terlalu panjang pada artikel anda. Selain itu gambar pada artikel dapat membuat artikel anda lebih menarik dan membuat pembaca lebih betah berlama lama membaca artikel yang anda miliki.

9. Perbanyak latihan menulis

Membuat artikel merupakan hal yang paling berat pada awalnya terutama bagi blogger pemula, namun kita dapat terus melatih tulisan tulisan anda sehingga anda terbiasa membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak.