Ketika anda membangun sebuah blog/website baru, shared server mungkin dapat menjadi pilihan hosting yang paling tepat. Namun seiring berjalannya waktu jumlah visitor anda semakin meningkat dan membuat page load speed menjadi semakin lambat, untuk itulah VPS (Virtual Private Server) muncul sebagai pilihan hosting yang unggul. Terlebih dengan adanya peningkatan performa dan fungsionalitas dari teknologi virtual.

Ada beberapa alasan mengapa anda harus menggunakan VPS, antara lain:

  1. Stabilitas dan Reliabilitas Tinggi Untuk Kebutuhan Hosting Standar

Ketika anda menggunakan shared server, maka stabilitas blog/website anda akan dipengaruhi oleh pengguna server lainnya. Dengan artian apabila ada satu pengguna yang melakukan kesalahan servernya, maka anda pun akan ikut merasakan dampaknya. Hal ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan VPS karena server anda bersifat dedicated dan tidak terpengaruh oleh server virtual lainnya meskipun berada pada server fisik yang sama.

  1. Root Acces atau Kendali Sepenuhnya Ada Ditangan Anda

Keuntungan lainnya dari VPS yaitu pengaturan server yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda ingin menginstal custom software, anda tidak perlu menunggu server provider untuk memfasilitasinya. Root access penuh pada VPS akan memberikan kendali sepenuhnya ditangan anda.

  1. Lebih Ramah Lingkungan dan Hemat Tenaga

Dengan menggunakan VPS berarti anda ikut mensukseskan program ramah lingkungan. Selain itu penggunaan VPS akan lebih menghemat ruang dibandingkan dedicated server karena penggunaan resource atau server fisik tidak dikuasai sepenuhnya oleh anda.

  1. Upgrade Lebih Mudah dan Cepat

Ketika Anda menggunakan VPS sebagai hostingnya, maka Anda akan mendapatkan sebuah container dengan porsi atau spesifikasi sesuai paket yang Anda beli. Jika suatu waktu ingin melakukan peningkatan ram karena jumlah visitor yang terus bertambah maka Anda cukup menekan sebuah tombol saja untuk melakukan upgrade.

  1. Harga Sebanding Dengan Kualitas dan Performa

Dengan adanya peningkatan teknologi dan banyaknya penyedia jasa server provider, maka biaya sewa untuk sebuah VPS akan semakin menurun. Harag VPS hampir semurah harga shared server naming bebas dari permasalahan yang dimiliki oleh shared server.

Lalu kapan anda membutuhkan layanan VPS?

  • Ketika anda perlu menginstal custom software
  • Ketika anda ingin menyimpan data anda di tempat yang lebih privat
  • Ketika pengunjung pada website anda mulai tinggi/banyak
  • Saat anda membutuhkan resource dengan spesifikasi yang lebih tinggi