HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengaktifkan Proteksi Password Konten WordPress

Beberapa alasan yang mungkin membutuhkan fitur proteksi password WordPress, yaitu :

1. Konten eksklusif membership

Bisa menggunakan fitur proteksi password WordPress untuk membuat konten eksklusif yang hanya bisa diakses oleh member website.

Fitur ini sangat berguna untuk yang mempunyai website dengan yang menawarkan keanggotaan seperti toko online, e-Course, maupun coaching dan service website.

Dengan fitur proteksi password bisa dengan mudah mengatur halaman dan konten apa yang bisa di akses dengan kata sandi oleh member yang sudah terdaftar.

2. Meningkatkan keamanan konten

Fitur yang memberikan proteksi pada konten maupun halaman situs WordPress ini tentunya akan meningkatkan keamanan situs secara keseluruhan. Terlebih lagi, fitur password protection ini juga akan menyiapkan dari hacker dan peretas dan yang ingin mendapatkan akses ke situs.

Peretas umumnya akan menyerang situs yang mempunyai keamanan yang lemah dan rentan akan hacking maupun malware. Situs kecil yang sedang berkembang tidak luput dari target.

Metode hacking yang digunakan biasanya bernama brute-force attack, dimana hacker akan memasukkan ratusan variasi kata sandi untuk memecahkan perlindungan kata sandi yang lemah.

3. Konten rahasia

Fitur proteksi password WordPress ini juga memungkinkan untuk menyimpan konten rahasia dengan aman pada situs. Konten rahasia tersebut hanya akan bisa diakses oleh admin dan orang yang mempunyai kata sandi yang ditentukan.

Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat untuk yang sedang mengerjakan proyek atau konten rahasia pada sebuah website.

Proteksi Password WordPress

Ada dua cara mengaktifkan fitur proteksi password WordPress : yang pertama adalah melalui CMS itu sendiri dan yang kedua adalah melalui beberapa plugin terpilih.

Pada bagian ini akan memberikan tutorial lengkap cara mengaktifkan proteksi password WordPress melalui dua metode tersebut.

1. Melalui WordPress

Mengaktifkan fitur password proteksi melalui CMS WordPress bisa dilakukan saat sedang membuat post baru dengan classic editor.

Caranya cukup mudah hanya perlu mencari panel editing yang ada pada sisi kanan WordPress lalu buka menu Visibility.

Pada menu tersebut, nantinya akan menemukan fitur bernama Password protected. Pilih dan aktifkan fitur tersebut dengan memasukkan password yang diinginkan.

Tekan OK dan sudah berhasil mengaktifkan fitur proteksi password WordPress pada konten. Perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk post dan konten yang sedang diedit.

2. Melalui Plugin

Jika sudah terbiasa dengan situs WordPress, tentunya tahu bahwa CMS platform ini menawarkan banyak plugin yang bisa digunakan untuk menambah fungsi dan fitur situs. WordPress plugin juga bisa membantu untuk mengaktifkan fitur proteksi password pada konten, halaman, maupun seluruh website.

Namun, saat mencari plugin password protection pada direktori official WordPress, ratusan plugin akan muncul. Untuk membantu memilih plugin terbaik, di sini telah mengumpulkan beberapa pilihan yang bisa dicoba. Ingat plugin terbaik tergantung pada kebutuhan situs dan proyek.

1. Password Protected

Jika mencari cara mudah untuk melindungi seluruh situs WordPress dengan kata sandi, plugin ini adalah salah satu pilihan plugin proteksi password terbaik yang tersedia.

Plugin password protected Ini sangat mudah digunakan dan yang terpenting, gratis. Cara install pun cukup mudah, hanya perlu membuka fitur Plugins » Add New.

Lalu, temukan plugin password protected pada search bar WordPress direktori dan tekan Install Now. Setelah menginstall dan mengaktifkan plugin, buka pengaturan plugin tersebut.

Atur konfigurasi sesuai dengan keinginan lalu simpan perubahannya dan konten sudah terlindungi. Selain itu juga bisa untuk menambahkan kata sandi, juga menggunakan plugin ini untuk memblokir alamat IP tertentu dan masih banyak fitur lainnya.

Berikut adalah cara proteksi password dengan menggunakan password protected, yaitu :

    • Seperti biasa pilih menu Plugins » Add New.
    • Lalu ketikan kata kunci “password protected”.
    • Jika sudah ketemu, pilih Install Now » Activate.

    • Selanjutnya, pada bagian menu Setttings » pilih Password Protected.
    • Untuk mengaktifkannya bisa centang Enabled. Lalu input password baru.
    • Jika sudah pilih tombol Save Changes.

2. Access Category Password

Jika tidak ingin mengaktifkan kata sandi pada seluruh situs maka dapat memilih untuk melindungi pos, halaman, atau kategori tertentu melalui plugin berikut ini. Meskipun tidak begitu populer, plugin proteksi password WordPress yang ini menawarkan fitur terbaik yang bisa digunakan untuk melindungi konten situs dengan andal dan cepat.

Berikut adalah cara proteksi password menggunakan access category password, yaitu :

    • Pilih menu Plugins » Add New pada menu admin.
    • Ketikan kata kunci “category password”.
    • Jika sudah ketemu, pilih Install Now dan Activate.

    • Selanjutnya, pilih menu Settings » Access Category Password.

    • Pada bagian Options, bisa tentukan kategori mana yang ingin diproteksi password.
    • Selain itu juga bisa mengedit info pesan, style cssnya, serta fitur lainnya yang bisa dicoba sendiri.
    • Jika sudah pilih tombol Save Changes di bagian bawah.

3. Salt Shaker

Jika sering menggunakan komputer dan jaringan yang tidak aman dan dapat diakses dengan mudah oleh orang lain, plugin ini adalah solusinya.

Salt shaker adalah plugin yang mengenkripsi kredensial login yang tersimpan di browser. Umumnya, WordPress akan menyimpan kredensial login pada cookie browser. Dengan plugin salt shaker kredensial login yang tersimpan pada browser tidak akan bisa dibaca sebagai dokumen teks sederhana.

Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk mengganti password WordPress secara berkala agar situs menjadi lebih aman. Bisa melakukannya secara manual, namun juga bisa menginstall plugin gratis salt shaker ini yang akan memperbarui enkripsi dan salt keys secara otomatis.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

13 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

17 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

4 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago