HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengatasi Youtube Yang Tidak Bisa Di Buka

Menggunakan layanan youtube pengguna dapat melalui beberapa cara yakni dengan cara mengakses situs youtube melalui browser atau dengan mendownload aplikasinya di toko aplikasi seperti Google Playstore & Appstore.Nantinya setelah aplikasi di download pengguna dapat menonton video favorit seperti video klip film,talkshow,musik,komedi,standup dan jenis video lainnya dengan gratis.Namun sama dengan layanan dan aplikasi lainnya,karena beberapa hal aplikasi yang biasa digunakan tidak bisa di buka karena beberapa hal.Baik karena masalah jaringan,aplikasi belum di update,media penyimpanan kepenuhan dan faktor lainnya.

Hal ini pastinya menyusahkan pengguna,terlebih kini youtube menjadi salah satu pilihan utama sebagai media hiburan.Berikut ini kita bahas Cara mengatasi Youtube yang tidak bisa di buka di android :

Penyebab Youtube Tidak Bisa di Buka

  1. Server Down : Bisa jadi Server youtube sedang mengalami down entah itu karena masalah teknis hardware /  software.Jika sudah begini kalian hanya bisa menunggu server kembali pulih sehingga layanan youtube dapat digunakan kembali.
  2. File Aplikasi Kepenuhan : File aplikasi youtube kepenuhan sehingga membuat aplikasi sering mengalami force close.File sementara aplikasi ini seperti file history,cache,download,upload,komentar dan lainnya.
  3. Baru Upgrade OS : Saat kalian baru saja melakukan upgrade OS android biasanya youtube mengalami error dan tidak bisa dibuka karena belum adanya penyesuaian aplikasi oleh OS baru.
  4. Youtube Belum di Upgrade : Jika kalian membeli smartphone baru biasanya sudah ada aplikasi fitur bawaan youtube. Namun terkadang aplikasi youtube bawaan tidak bisa dibuka karena masih versi lama.
  5. Adanya Virus : Aplikasi terserang virus sehingga data aplikasi ada yang terhapus oleh virus dan aplikasi youtube tidak bisa di buka.

Setelah mengetahui beberapa penyebab aplikasi youtube tidak bisa dibuka di smartphone android.Pada kali ini,kita akan menjelaskan cara mengatasi youtube tidak bisa dibuka baik melalui fitur bawaan ataupun menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa di Buka

Hapus Cache Aplikasi Youtube

Cara pertama yang akan dijelaskan untuk mengatasi aplikasi youtube yang tidak bisa dibuka yakni dengan cara menghapus cache aplikasi youtube.Cache hanya berisi file sementara yang tersimpan pada aplikasi seperti data login,like,komentar dan lainnya.

Cara menghapus cache aplikasi youtube

  • Buka Menu Setelan di Hp Android.
  • Pilih Menu Aplikasi Terinstal.
  • Munculah beberapa aplikasi yang terinstal.Lalu Cari dan Pilih Aplikasi Youtube.
  • Setelah itu akan di arahkan ke pengaturan aplikasi youtube.Lalu Klik Tombol Hapus Cache.
  • Selesai.Setelah cache berhasil dihapus maka aplikasi youtube di smartphone android kembali bisa di buka.

Hapus Data Aplikasi Youtube

Data aplikasi youtube meliputi semua data yang ada pada aplikasi seperti file instalasi,cache,riwayat pencarian,file download,file upload,komentar dan file lainnya yang menyebabkan aplikasi youtube error karena data kepenuhan.

Cara Hapus Data Aplikasi Youtube

  • Buka Menu Pengaturan/Setelan di Hp Android.
  • Pilih Menu Aplikasi Terinstal (Kelola Aplikasi).
  • Munculah beberapa aplikasi.Lalu Cari dan Pilih Aplikasi Youtube.
  • Setelah masuk ke halaman pengaturan aplikasi youtube kalian bisa melihat ukuran aplikasi,data pengguna,cache dan total memori beserta dua tombol pilihan yakni tombol Hapus Data Penyimpanan dan Hapus Cache.
  • Klik Tombol Hapus Data Penyimpanan.
  • Selesai.Setelah data aplikasi youtube terhapus,maka aplikasi youtube kembali ke awal baik dari segi data yang tersimpan maupun pengaturan sehingga aplikasi youtube bisa di buka pengguna kembali.

Memeriksa Koneksi Internet

Dikarenakan saat kalian membuka video di aplikasi youtube maka secara otomatis aplikasi akan melakukan pengunduhan data internet,sehingga bila koneksi internet smartphone melambat karena tidak ada sinyal maupun paket internet habis,maka aplikasi youtube gagal untuk memutar video.Hal ini di tandai dengan layar berwarna hitam dan icon loading di tengah layar yang berputar berulang-ulang.Setelahnya muncul tulisan “Tidak ada sambungan internet” beserta ID video.

Untuk mengatasinya yakni dengan melakukan refresh ulang sinyal jaringan dengan mode pesawat,mengecek kecepatan internet di situs speedtest.net,menggunakan aplikasi penguat sinyal atau dengan membeli paket internet baru bila kuota internet habis.

Membersihkan Memori RAM

Jika memori kalian penuh karena banyaknya aplikasi yang terinstal,maka smartphone akan sering mengalami crash saat membuka aplikasi,termasuk aplikasi youtube.

Cara Membersihkan RAM Smartphone Android

  • Buka Menu Setelan Hp Android.
  • Kemudian pada Kolom Search Ketikan Memory RAM.
  • Setalah itu akan diarahkan ke Halaman Memory RAM dan Klik Tombol Clear Memory.
  • Proses penghapusan memory tidak terpakai di RAM pun berjalan,tunggu hingga selesai.
  • Selesai.Kini Memory RAM tidak penuh lagi dan aplikasi youtube kembali bisa di buka.

Reinstall Youtube

Cara selanjutnya yakni menginstal ulang youtube.Hal ini terjadi bila file aplikasi youtube yang dimiliki sudah rusak karena terinfeksi virus dan corrupt.Hal itu yang membuat aplikasi youtube tidak bisa di buka.

Cara Reinstall (Instal Ulang) Aplikasi Youtube

  • Buka Menu Setelan di Hp Android.
  • Pilih Menu Setelan Tambahan.
  • Pilih Menu Managemen Aplikasi.
  • Munculah beberapa aplikasi terinstal.Pilih Aplikasi Youtube.
  • Setelah di Halaman Pengaturan Youtube,Klik Tombol Copot Pemasangan.
  • Setelah Youtube berhasil di copot.Lalu Buka Aplikasi Playstore di Hp Android.
  • Cari dan Instal Aplikasi Youtube.
  • Selesai.Setelah terinstal maka aplikasi youtube kembali bisa dibuka dan digunakan.

Hapus Aplikasi Pihak Ke Tiga

Menggunakan aplikasi pihak ketiga biasanya bertujuan untuk mendapatkan fitur tambahan.Pengguna menggunakan layanan aplikasi pihak ke tiga untuk memutar video youtube.Seperti aplikasi MyTube,Jasmine,TubePayer dan lainnya.Padahal hal ini bisa membuat kinerja aplikasi youtube yang asli jadi terganggu hingga tidak bisa di buka.Jadi,kalian bisa mengatasinya dengan menghapus aplikasi pihak ke tiga.

Force Stop Aplikasi Youtube

Force Stop merupakan suatu tindakan menghentikan paksa aplikasi yang sedang berjalan di smartphone untuk berbagai tujuan salah satunya karena aplikasi eror dan tidak bisa di tutup secara default.

Cara Force Stop Aplikasi Youtube

  • Buka Menu Pengaturan di Hp Android.
  • Pilih Menu Kelola Aplikasi.
  • Selanjutnya Munculah beberapa aplikasi yang terinstal di Hp Android.
  • Cari dan Klik Aplikasi Youtube.
  • Setelah berhasil masuk ke Halaman Pengaturan Youtube.Klik Tombol Force Stop/Paksa Berhenti.
  • Selesai.Setelah aplikasi berhasil dihentikan secara paksa,lalu restart smartphone dan saat kembali hidup aplikasi youtube dapat digunakan kembali.

Mengupdate Aplikasi Youtube

Cara selanjutnya yakni dengan mengupdate aplikasi youtube.Hal ini dikarenakan setiap pengembang selalu melakukan pembaruan (update) pada aplikasi yang di buatnya di playstore.Sehingga bila kalian tidak pernah mengupdate aplikasi youtube yang terpasang ke versi terbaru.Maka aplikasi youtube tidak bisa di buka karena versi dan fitur yang di miliki terlalu lawas.

Cara Update Aplikasi Youtube

  • Buka Aplikasi Playstore di Hp Android.
  • Klik Kolom Pencarian.
  • Selanjutnya Ketikan Youtube di Kolom Pencarian.
  • Klik Aplikasi Youtube di hasil pencarian.
  • Lalu kalian arahkan ke aplikasi youtube dan Klik Tombol Update yang berada di sebelah kanan layar.
  • Proses Update Aplikasi youtube berjalan hingga selesai.
  • Selesai.Setelah Aplikasi Youtube berhasil di update dan bisa di buka kembali.

Membuka Youtube Dengan Browser

Cara selanjutnya untuk mengatasi Youtube tidak bisa dibuka yakni dengan menggunakan browser untuk membuka youtube.Browser merupakan sebuah peramban yang biasa digunakan pengguna untuk membuka halaman situs web baik di smartphone maupun laptop.

Salah satu browser popular seperti browser Google Chrome,Opera Mini,Mozilla Firefox,UC Browser,Internet Explorer dan lainnya.Dimana dengan menggunakan browser untuk menonton youtube juga mampu menghemat penggunaan memori penyimpanan internal smartphone.

Restart Smartphone

Melalukan restart smartphone miliki kalian merupakan hal ampuh terlebih bila aplikasi youtube sedang mengalami hang dan layar ponsel tidak bisa di apa-apakan lagi karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar.

Jika Hp Android selesai kalian restart maka semua aplikasi yang berjalan di latar akan di tutup dan memori RAM kembali tidak kepenuhan lagi dan hanya menjalankan aplikasi yang penting-penting saja.Cara restart Hp android : Tekan Tombol Power smartphone hingga muncul beberapa pilihan lalu tap opsi restart (muat ulang).

Cek Privasi Video

Melakukan cek privacy video.Mengapa hal ini dilakukan ? Karena tidak semua video di youtube bersifat public,namun ada yang bersifat private sehingga pengguna tidak bisa membuka video.

Salah satu ciri video bersifat private : saat thumbnail video kalian klik lalu muncul tulisan “this video is private” atau bisa juga dengan munculnya logo kotak merah dengan ekspresi sedih.Untuk mengatasinya tentunya harus meminta izin ke pemilik video atau membayar biaya fitur premium untuk memutar video.Selain itu,video private milik youtube bisa di buka dengan cara login menggunakan email kalian (gmail).

Menscan Aplikasi Youtube

Cara selanjtunya yakni dengan melakukan proses scanning aplikasi youtube.Hal ini di lakukan jika penyebab youtube tidak bisa di buka karena file aplikasi youtube terinfeksi virus sehingga video tidak bisa di buka.

Untuk melakukan proses scanning virus di haruskan download terlebih dahulu antivirus nya di google playstore.Beberapa antivirus yang populer seperti antivirus Avira,Kasperski,Bitdefender,Norton,McAfee dan antivirus lainnya yang bisa di download secara gratis.

Melakukan Reset Factory

Melakukan reset smartphone android kalian merupakan cara yang dilakukan bila penyebab video youtube tidak bisa di buka di karenakan system android mengalami eror dan bukan karena aplikasi youtubenya.

Cara Reset Data Factory di Hp Android

  • Buka Menu Pengaturan/Setelan di Hp Android.
  • Pilih Menu Cadangkan & Setel Ulang.
  • Scroll ke bawah dan Pilih Opsi Factory Data Reset.
  • Pilih Opsi Setel Ulang Ponsel.
  • Selanjutnya diharuskan memasukan kode pass untuk menghapus semua aplikasi dan pengaturan.
  • Proses Reset Factory pun berjalan hingga selesai.
  • Setelah Proses Reset Factory selesai,Pilih Opsi Restart Hp.
  • Selesai.Setelah itu Instal Aplikasi Youtube dan kini videonya bisa di buka dengan mudah.

 

Itulah penjelasan mengenai penyebab video youtube tidak bisa di buka beserta beberapa cara mengatasi youtube tidak bisa di buka.Semoga dengan membaca penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk kalian.

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

11 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago