HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable Flashdisk

Beberapa tahun yang lalu, CD/DVD digunakan untuk menginstal ulang sistem operasi pada PC/laptop. Namun laptop modern dengan bodi ramping seperti netbook, ultrabook, dan tablet PC biasanya tidak memiliki ruang CD sehingga banyak orang yang meninggalkan penggunaan CD/DVD. Saat ini banyak orang yang menggunakan flashdisk atau flashdisk untuk melakukan proses install ulang sistem operasi pada PC/Laptopnya. Selain itu, alasan mengapa flash disk lebih umum digunakan dibandingkan CD/DVD untuk instalasi ulang adalah karena fleksibilitasnya. Flash disk juga memungkinkan Anda menyimpan file instalasi jika suatu saat Anda membutuhkannya lagi.

Selain itu, penggunaan chip CD/DVD secara berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan seperti goresan pada permukaan CD/DVD. Hal ini biasanya menyebabkan proses instalasi ulang gagal di tengah proses instalasi ulang. Namun, untuk menggunakan flash disk sebagai media instalasi ulang sistem operasi, Anda harus menjadikan media tersebut dapat di-boot. Bagi yang belum mengetahui apa itu bootable, bootable merupakan salah satu fitur atau layanan yang ada pada setiap sistem operasi.

Fitur ini ditempatkan pada media penyimpanan seperti CD, flash disk, atau media penyimpanan. Ada banyak aplikasi seperti Rufus yang bisa digunakan untuk membuat flash disk menjadi bootable. Banyak orang yang sangat menyukai aplikasi ini. Berbagai fitur menarik ini juga memungkinkan aplikasi Rufus berjalan dua kali lebih cepat dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Rufus juga mendukung beberapa bahasa selain bahasa Inggris, dan Rufus versi terbaru mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Tentunya hal ini sangat membantu bagi yang masih baru mengenal aplikasi ini. Ada juga fungsi utilitas tingkat rendah yang dapat digunakan untuk melakukan pemformatan media penyimpanan yang tidak mengancam. Rufus dapat berjalan di berbagai sistem operasi Windows misalnya Windows 7, 8, 8.1, dan Windows 10 pada arsitektur 32-bit atau 64-bit.

Pengertian Rufus 

Sebelum kita membahasnya beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui apa itu Rufus. Rufus merupakan aplikasi yang dibuat oleh Pete Batard dan sudah ada sejak tahun 2011. Fungsi utama Rufus adalah memformat perangkat flash USB seperti flash disk dan kartu memori agar dapat di boot. Aplikasi ini berlisensi GNU GPL V3, sehingga Anda dapat mendownloadnya secara gratis dari situs resminya.

Fungsi Rufus 

Seperti yang telah disebutkan, fungsi utama aplikasi Rufus adalah membuat flash disk atau media penyimpanan lainnya dapat di boot. Namun selain itu, beberapa cara menggunakan Rufus dijelaskan di situs resminya.

  • Membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dan lain-lain)
  • Bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
  • Flash BIOS atau firmware lain dari DOS. Mode DOS sendiri berguna untuk berbagai keperluan, termasuk mengupdate BIOS.
  • Berguna untuk menjalankan utilitas tingkat rendah

Cara menggunakan Rufus

Setelah Anda mengetahui apa itu Rufus dan fitur apa saja yang dimilikinya, mari beralih ke topik utama cara menggunakan Rufus. Sebelum melanjutkan, Anda harus mendownload aplikasi Rufus terlebih dahulu. Ada dua versi Rufus yang tersedia untuk diunduh. Salah satunya adalah versi installer dan yang lainnya adalah versi portable, yang memiliki ukuran file yang sangat kecil untuk aplikasi desktop hanya 1 MB. Arsitektur 32-bit dan 64-bit juga tersedia, sehingga Anda dapat memilih tergantung pada sistem operasi yang dijalankan PC/laptop Anda. Siapkan juga ISO OS yang akan Anda gunakan, pada tutorial ini yang akan membuat flashdisk bootable yang berisikan OS Windows 10.

  • Setelah mendownload aplikasi Rufus, install seperti biasa, jika merupakan aplikasi portable. Cukup klik dua kali file Rufus yang diunduh.
  • Jalankan aplikasi Rufus dan masukkan flash disk agar bisa bootable. Sebaiknya gunakan flash disk dengan kapasitas 8GB atau lebih.
  • Rufus secara otomatis mendeteksi informasi berikut dari flash disk Anda, misalnya seperti kapasitas, label volume, dan lain-lain.
  • Jika flashdisk yang Anda masukkan tidak terdeteksi, jangan buru-buru menggantinya. Klik ikon tanda panah show advanced drive properties, akan muncul beberapa opsi tambahan dibawahnya. Centang opsi ‘List USB Hard Drives

  •  klik tombol SELECT, kemudian silahkan masuk ke folder dimana file ISO sistem operasi disimpan. Pada tutorial ini saya gunakan file ISO Windows 10, pilih file kemudian klik open 
  • Anda perlu mengatur Boot Selection pada langkah ini. Namun secara otomatis aplikasi akan menampilkan versi operasi sistem yang sudah Anda tambahkan tadi. Untuk bagian Partition scheme silahkan pilih MBR dan di bagian Target system menjadi BIOS (or UEFI-CSM).

  • Pada  bagian FormatOption, beri nama Volume Label sesuai dengan selera. Kemudian atur File system ke NTFS selanjutnya Show advanced format options lalu centang Quick Format dan create extended label and icon files seperti gambar di bawah ini.

  • Sebelum Anda mengklik tombol start, disarankan Anda untuk mem-backup terlebih dahulu data yang ada pada flashdisk. Jika sudah sekarang  Klik tombol Start untuk memulai proses pembuatan bootable menggunakan flashdisk. 

  • Akan muncul jendela peringatan yang akan mengatakan bahwa seluruh file di dalam flashdisk kita akan terhapus. Jika sudah melakukan backup Anda bisa langsung Klik OK untuk melanjutkan.
  • Pada langkah ini kita tinggal menunggu proses pembuatan bootable yang mungkin memakan waktu 10 sampai 15 menit. Tergantung besar file ISO windows dan kecepatan flashdisk yang kita gunakan. Disarankan menggunakan flashdisk yang sudah support 3.0.

  • Akan muncul  status berwarna hijau pada bar proses disertai  tulisan Ready. Ini menandakan bahwa proses membuat bootable flashdisk sudah selesai. Silahkan tekan tombol close dan flashdisk siap digunakan, jangan lupa juga eject flashdisk dengan aman.

  • Setelah proses pembuatan bootable flash disk selesai, Anda dapat menggunakannya untuk menginstal ulang Windows. Restart PC/Laptop anda, masuk ke menu setting BIOS, dan atur booting BIOS PC/Laptop anda agar booting dari flash disk terlebih dahulu.

Awalnya dirancang sebagai pengganti sumber terbuka modern untuk Alat Format Penyimpanan Disk USB HP untuk Windows, tujuan utamanya adalah membuat flash drive USB yang dapat di-boot DOS. Rufus mendukung berbagai macam file ISO yang dapat di-boot, termasuk berbagai distribusi Linux dan file ISO instalasi Windows, serta file image disk mentah, termasuk file terkompresi. Jika perlu, Rufus akan menginstal bootloader seperti SYSLINUX atau GRUB pada flash drive agar dapat di-boot. Anda juga dapat menginstal MS-DOS atau FreeDOS pada flash drive dan membuat media Windows To Go yang dapat di-boot. Rufus juga mendukung pemformatan flash drive sebagai sistem file FAT, FAT32, NTFS, exFAT, UDF, atau ReFS. Selain itu, Anda dapat menggunakan Rufus untuk menghitung hash MD5, SHA-1, dan SHA-256 untuk gambar yang saat ini dipilih.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Apa itu Mail Server? Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

Mail server pada dasarnya adalah sistem komputer yang bertindak sebagai agen untuk mengirim email. Mail…

2 hours ago

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

5 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

1 day ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

1 day ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

3 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

3 days ago