HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips menjadi Food Blogger Sukses

Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap kuliner, pekerjaan sebagai food blogger pun banyak diminati. Food blogger merupakan profesi yang menjanjikan di era digital. Bagaimana tidak? Saat ini banyak orang yang menggunakan jasa blogger untuk mempromosikan bisnis kulinernya. Tidak heran jika jasa food blogger laris manis, bahkan ada yang berpenghasilan hingga miliaran rupiah. Nah, jika kamu ingin mencobanya. Yuk ikuti tips menjadi food blogger di bawah ini…

Sekilas tentang Food Blogger

Food blogger adalah individu atau komunitas tertentu yang tertarik pada kuliner sehingga mereka ingin berbagi dan mendiskusikan minat mereka secara online melalui platform blog. Sederhananya, food blogger adalah individu atau komunitas tertentu yang ingin memperkenalkan berbagai kuliner lezat kepada dunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang terjun dalam dunia ini, bahkan sebagian dari mereka telah menjadi food blogger yang sukses dan inspiratif.

Keberadaan blog kuliner memungkinkan orang-orang bisa menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk browsing tentang kuliner. Hal ini tentu akan memberi kamu peluang menghasilkan uang dari internet.

Cara Menjadi Food Blogger

Jika kamu tertarik menjadi food blogger, berikut beberapa cara yang tepat untuk memulainya:

Tentukan Niche Blog

Langkah pertama untuk menjadi seorang food blogger adalah menentukan jenis blog apa yang ingin kamu tulis dan niche apa yang ingin kamu tuju. Sama seperti bisnis lainnya, sangat penting untuk memiliki nilai jual yang unik agar blog kamu menonjol dari yang lain. Diperkirakan terdapat ratusan juta blog di dunia. Oleh karena itu, kamu perlu memberikan alasan yang kuat kepada pengunjung situs untuk membaca blog kuliner kamu.

Cara terbaik untuk menemukan niche untuk blog ini adalah dengan melakukan riset. Cari tahu blog apa yang sudah ada dan catat elemen menariknya. Ini akan membantu kamu menemukan inspirasi untuk menulis blog dengan menyediakan resep lokal terbaik atau hanya sekedar ulasan restoran.

Ketahui dengan Jelas Tujuan Blog Kliner

Selanjutnya, pastikan kamu paham dengan jelas tujuan dari blog kuliner ini dibuat. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan bertanya pada diri sendiri, seperti:

  • Untuk siapa blog makanan ini?
  • Apa yang membuat blog kuliner ini istimewa?

Segera Mulai Membuat Blog Kuliner Milikmu

Saat kamu memulai membuat blog, pada dasarnya kamu memiliki dua pilihan, yaitu menggunakan platform blogging atau membuat website sendiri. Karena masih banyak orang yang belum memiliki keterampilan teknis untuk membuat website, jadi sebaiknya gunakan opsi pertama, yaitu dengan menggunakan platform blogging.

Ada banyak platform blogging berbayar dan gratis yang tersedia. Saat memilih platform blogging, sebaiknya pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu saat menjadi food blogger.

Tingkatkan Penggunaan Media Sosial 

Miliaran orang di seluruh dunia saat ini sudah menggunakan media sosial. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemasaran di media sosial. Kamu perlu memutuskan platform media sosial yang terbaik untuk melakukan pemasaran. Namun, hal ini tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

  • Jika kamu menyasar audiens yang lebih muda, kamu bisa mulai aktif di media sosial seperti TikTok. Kamu dapat membagikan resep dengan membuat video pendek.
  • Jika kamu ingin membuat video panjang yang merinci cara membuat resep, YouTube bisa menjadi pilihan terbaik.
  • Dan terakhir, jika kamu yang ingin fokus pada pengambilan foto untuk berbagai kalangan usia, Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jadi, selain aktif di blog, sebaiknya kamu juga memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan blog. Apa pun platform yang kamu gunakan, pastikan untuk memposting konten baru secara teratur agar pengikut kamu tetap semangat berkomentar dan meningkatkan engagement.

Belajar SEO 

Tentu masih banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan, seperti monetisasi, hosting, perizinan, dan lain sebagainya. Namun, pastikan kamu juga mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan traffic blog. SEO ini membantu membuat konten berkualitas tinggi yang mudah ditemukan pengunjung sehingga blog akan mendapatkan peringkat teratas di halaman mesin pencarian seperti Google.

Cara Membuat Blog Kuliner

Di bawah ini adalah langkah dasar membuat blog kuliner menggunakan platform WordPress. Nantinya, blog kamu akan memiliki nama domain sendiri dan tampilan yang berbeda.

1) Beli Nama Domain yang Cocok untuk Blog Kuliner

Saat membeli nama domain, pilihlah nama yang singkat dan mudah diingat, serta biasanya diakhiri dengan ekstensi .com, seperti hosteko.com. Pada umumnya kebanyakan orang lebih suka menggunakan nama domain yang sama dengan blog yang mereka kelola.

2) Temukan Host Web yang Andal

Selanjutnya, pilih layanan hosting yang andal untuk menjadi “rumah” bagi blog kuliner kamu. Sederhananya, ketika menggunakan hosting berarti blog kamu resmi aktif. Dengan layanan hosting yang tepat akan membuat blog kuliner kamu dapat diakses oleh World Wide Web.

3) Instal WordPress

Selanjutnya, instal WordPress yang merupakan perangkat lunak blogging dengan standar industri top-of-the-line. WordPress dapat digunakan secara gratis maupun berbayar.

4) Instal tema WordPress

Tema WordPress akan menentukan tampilan, nuansa, dan fungsionalitas website kamu sehingga memudahkan pengguna membaca konten blog kamu.

5) Persiapkan Tools Google

Google menawarkan alat dan layanan untuk membantu kamu melihat traffic pengunjung website, seperti Google Analytics dan Search Console. Kedua tools tersebut bisa gunakan secara gratis.

6) Instal Plugin WordPress

Plugin WordPress dapat memperluas fungsionalitas di area tertentu. Misalnya, salah satu plugin WordPress gratis dapat membantu mencegah komentar yang bersifat spam.

7) Mulai Menulis di Blog Kuliner

Terakhir, apabila beberapa cara di atas telah dilakukan semua maka kini saatnya mempublikasikan resep, cerita, dan foto terkait makanan.

Nah itulah, beberapa tips dan cara menjadi food blogger. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

6 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago