HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Cara Menghubungkan HP ke Televisi Tanpa Kabel

Perkembangan teknologi memungkinkan pengguna saat ini dapat mengoperasikan ponsel melalui TV. Berbagai kegiatan bisa dinikmati dengan tampilan yang lebih besar seperti menonton, bermain game, dan lainnya. Hal inilah yang membuat cara menyambungkan HP ke TV ternyata cukup mudah dan perlu diketahui. Dengan cara-cara ini bisa menikmati tayangan HP di televisi. Mungkin pernah berpikir, apakah kita bisa nonton film yang diunduh ke HP di TV? Atau bisakah kita menonton YouTube langsung di TV? Semuanya tidak mustahil dengan cara koneksi HP ke TV ini.

Namun sayangnya, tidak semua TV dan HP mendukung untuk dihubungkan. Untuk itu perlu mengetahui cara yang tepat terlebih dahulu. Koneksi HP dan TV bisa dilakukan melalui beberapa cara, mulai dari menggunakan kabel hingga memanfaatkan fitur yang tersedia pada perangkat. Dengan bantuan beberapa tools seperti kabel USB, fitur screen mirroring, atau bahkan Android Box, bisa menghubungkan konten HP ke TV.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyambungkan HP ke TV

Pertanyaan tentang bagaimana cara menghubungkan HP ke TV sering diajukan oleh para pengguna untuk dapat menikmati sensasi tampilan yang lebih besar. Aktivitas menggunakan ponsel akan terasa lebih menyenangkan dengan tampilan yang luas dan memuaskan.Sebelum melakukan hal tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya tipe HP yang digunakan, TV yang akan disambungkan, fitur yang tersedia, spesifikasi perangkat dan lainnya.

Teknologi yang semakin maju membuat saat ini sudah ada Smart TV yang telah dilengkapi fitur unggulan sehingga proses penyambungan bisa dilakukan secara lebih praktis. Berikut informasinya :

  • Fitur yang tersedia pada perangkat TV. Apakah sudah ada fitur Airplay, Miracast, dan lainnya. Jika sudah bisa menghubungkannya pada ponsel tanpa menggunakan kabel.
  • Jika tidak menggunakan Smart TV, cobalah periksa ketersediaan port. Pastikan TV memiliki port HDMI. Jika memilikinya bisa menghubungkan HP dan TV menggunakan kabel.
  • Perangkat HP yang disambungkan ke TV minimal versi Android 4.2+. Sedangkan iOS mendukung versi 5+. Nantinya, port USB akan diletakkan pada HP sedangkan port HDMI pada TV.
  • Untuk menghubungkan HP dan TV dengan menggunakan kabel, pastikan untuk memiliki jenis penghubungnya terlebih dahulu.
  • Pahami dengan baik cara menghubungkan kedua perangkat, karena umumnya setiap perangkat memiliki pengaturan yang berbeda.

Cara Menghubungkan HP ke Televisi Tanpa Kabel

Perkembangan teknologi membuat berbagai fitur unggulan hadir agar mempermudah aktivitas. Saat ini perangkat ponsel sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu menghubungkan perangkat tanpa harus menggunakan kabel.

Beberapa teknologi yang bisa diandalkan antara lain, screen mirroring, Miracast, dan lainnya. Teknologi yang dihadirkan setiap merk HP tentu akan berbeda-beda. Agar bisa memanfaatkannya secara optimal, perhatikan cara koneksi TV ke HP melalui berbagai fitur di bawah ini :

1. Miracast

Fitur lainnya yang bisa diandalkan untuk cara menghubungkan HP ke TV adalah Miracast. Jika perangkat sudah dilengkapi dengan fitur ini tidak perlu lagi repot membeli kabel HDMI. Bisa langsung menghubungkan HP dengan menggunakan Wireless Display. Secara praktis, tampilan HP dapat disaksikan melalui TV. Caranya cukup simple, hanya perlu mengikuti panduan pengaturannya sebagai berikut :

  • Periksa terlebih dahulu HP yang digunakan apakah sudah mendukung fitur Wireless Display atau Miracast atau belum.
  • Aktifkan Screen Mirroring yang terdapat pada TV.

Note:

Setiap merek TV memiliki setelan masing-masing untuk cara menyambungkan HP ke TV. Carilah informasi di Google mengenai cara menyetel Miracast sesuai merk TV yang digunakan.

  • Masuk ke bagian opsi Pengaturan HP.
  • Pilih menu Connection and Sharing.

Note:

Setiap brand HP memiliki cara tersendiri untuk menyambungkan HP ke TV menggunakan Miracast.

  • Tekan pilihan Cast.
  • Klik Aktifkan Cast.
  • Tunggu hingga TV dapat mendeteksi perangkat HP. Selesaikan koneksi, kedua perangkat akan terhubung.

2. Screen Mirroring

Agar mampu menghubungkan HP ke TV bisa mengandalkan fitur screen mirroring. Layanan fitur ini umumnya bisa ditemukan pada Smart TV. Bukan hanya pada perangkat TV, ada juga beberapa HP yang sudah mendukung fitur mirroring.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, proses menghubungkan perangkat secara wireless dapat dilakukan secara mudah dan simple. Jika belum memahaminya dengan baik, perhatikan panduannya di bawah ini :

  • Masuk ke menu Input yang ada di TV.
  • Akses pilihan Miracast / Screen Mirroring, tergantung dari ketersediaan perangkat.
  • Hubungkan HP dan TV pada jaringan WiFi yang sama.
  • TV secara otomatis akan memindai HP yang berada pada jaringan sama. Tekan Connect untuk menghubungkan keduanya.
  • Jika Miracast yang terdapat pada HP sudah aktif, tampilan layar akan langsung ditransfer ke layar TV.

3. Chromecast

Chromecast adalah alat sejenis dongle yang memiliki fungsi untuk dapat menampilkan gambar yang terdapat pada HP ke layar TV. Produk ini bisa digunakan pada TV LED apa saja yang memiliki port HDMI.

Cara menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan Chromecast cukup simple, karena tidak membutuhkan kabel. Agar kedua perangkat dapat terkoneksi perlu menghubungkan HP dengan Chromecast pada jaringan WiFi yang sama.

Selain itu juga membutuhkan aplikasi tambahan bernama Google Home untuk dapat menghubungkan HP dengan TV. Setelah terhubung bisa langsung memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan. Ikuti caranya sebagai berikut :

  • Pasang Chromecast pada port TV.
  • Pastikan untuk menghubungkan Chromecast dan HP ke jaringan WiFi sama.
  • Hubungkan Chromecast dan HP dengan menekan opsi Connect.
  • Unduh aplikasi Google Home pada HP untuk dapat mengaktifkan fitur screen mirroring ke Chromecast.
  • Play film atau video, kemudian tekan tombol Cast untuk dapat menontonnya melalui TV.

4. Mi TV Stick

Mi TV Stick merupakan produk seperti Android Box yang dikembangkan oleh Xiaomi. Jika dibandingkan dengan Android box lainnya, ukuran alat ini cenderung lebih kecil.

Untuk penghubungnya menggunakan port HDMI biasa sehingga mampu mendukung berbagai jenis TV. Ukuran dimensinya mirip dengan sebuah flashdisk besar. Alat ini bisa digunakan sebagai cara menghubungkan HP ke TV yang sangat mudah.

Dengan menggunakan alat ini bisa mengubah TV LED biasa menjadi Smart TV. Jadi fitur screen mirroring bisa langsung dimanfaatkan untuk dapat menampilkan display HP ke TV.

Screen mirroring yang terdapat pada alat ini bisa digunakan untuk memutar berbagai konten layanan streaming. Berikut tutorialnya :

  • Pasang Mi TV Stick pada port HDMI yang tersedia pada TV.
  • Hubungkan alat tersebut pada jaringan WiFi.
  • Pindahkan Input pada TV dengan menggunakan remote ke mode HDMI.
  • Download dan pasang Google Home di HP yang akan dihubungkan dengan TV.
  • Buka aplikasi setelah terpasang, pindahkan Mi TV Stick di Jaringan WiFi sesuai HP.
  • Klik Connect agar bisa menghubungkan perangkat.
5/5 - (1 vote)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago