HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Begini Cara Merekam Layar PC Tanpa Aplikasi

Selain fitur screenshot yang sudah banyak diketahui orang. Kini, baik PC maupun laptop juga hadir dengan fitur perekaman layar. Fitur ini bisa dikatakan sangat menarik karena memungkinkan kamu merekam dengan mudah apa yang ditampilkan di layar perangkat.

Nah, jika kamu sedang mengikuti kuliah atau rapat online, fitur perekaman layar ini sangat berguna. Fitur ini memungkinkan kamu merekam layar yang menampilkan detail presentasi yang dapat kamu simpan untuk dipelajari di lain waktu. Fitur ini juga berguna untuk merekam penggunaan PC atau laptop untuk keperluan lain, seperti upload video.

Berbicara mengenai perekaman layar di PC, ada banyak cara untuk melakukannya dengan mudah dan cepat. Cara ini terbagi menjadi dua, yaitu tanpa menggunakan aplikasi dan dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Nah, pada panduan kali ini Hosteko akan menjelaskan cara merekam layar PC tanpa aplikasi. Ingin tahu caranya? Yuk, simak panduan ini sampai akhir ya!

Cara Merekam Layar PC Tanpa Aplikasi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, kamu bisa merekam layar PC atau laptop secara langsung tanpa menggunakan aplikasi perekam layar pihak ketiga. Cara ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan, terutama bagi kamu yang tidak mau ribet untuk menginstal aplikasi perekam layar tertentu.

Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk merekam layar PC tanpa menggunakan aplikasi perekam layar adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan Windows Game Bar

Jika kamu menggunakan PC dengan sistem operasi Windows 10, kamu dapat menggunakan fitur Windows Game Bar untuk merekam layar tanpa menggunakan aplikasi apa pun. Cara ini tidak memerlukan alat tambahan sehingga sangat mudah dan cepat untuk dilakukan.

Untuk menggunakan Windows Game Bar saat merekam layar PC, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini, antara lain:

    1. Tekan tombol Windows dan tombol G secara bersamaan untuk membuka detail menu Windows Game Bar di layar.
    2. Selanjutnya, pilih opsi capture yang tersedia lalu pilih opsi screen recording.
    3. Jika kamu ingin menggunakan Windows Game Bar untuk merekam audio, pastikan untuk memilih opsi turn on mic while recording agar suara kamu dapat didengar dengan jelas.
    4. Rekam sesuai kebutuhan kamu. Setelah perekaman selesai, hasil rekaman akan otomatis tersimpan ke drive dalam format file MP4.
    5. Selesai.

Jika diperhatikan, Windows Game Bar ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Fitur Windows Game Bar ini sangat cocok untuk orang yang ingin membuat semacam video reaction, terutama saat bermain game.

  • Menggunakan Fitur Mac OS

Jika kamu menggunakan PC atau laptop dengan Mac OS, kamu dapat merekam layar tanpa menggunakan aplikasi perekam layar. Hal ini karena terdapat fitur di Mac OS yang memungkinkan kamu merekam aktivitas di layar dengan mudah dan cepat.

Untuk menggunakan fitur Mac OS tersebut, kamu harus melakukan beberapa langkah, diantaranya:

    1. Tekan Shift+5 untuk membuka fitur Mac OS atau alat tangkap layar yang disediakan.
    2. Kamu kemudian dapat memilih beberapa opsi di bagian bawah toolbar, seperti kamu dapat merekam seluruh layar, hanya jendela tertentu atau aplikasi tertentu yang dipilih, atau merekam bagian layar tertentu yang dipilih.
    3. Setelah kamu memilih opsi tersebut, langkah selanjutnya adalah memilih tombol opsi untuk menyimpan rekaman dan mengatur waktu hitung mundur untuk mulai merekam.
    4. Selesai.

Fitur Mac OS yang satu ini memang bisa diandalkan untuk merekam layar dengan mudah. Namun, dalam hal ini kamu juga harus memeriksa Mac’s microphone untuk memastikan rekaman audio eksternal lebih jernih dan berkualitas.

Nah, begitulah cara merekam layar PC tanda PC yang dapat kamu coba lakukan. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

4 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago