HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

5+ Aplikasi Perekam Layar PC Paling Mudah dan Cepat

Selain cara merekam layar PC  tanpa menggunakan aplikasi, kamu juga bisa merekam layar PC menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini sering dipilih karena dinilai lebih simpel dan mudah. Selain itu, aplikasi tersebut biasanya juga menawarkan berbagai fitur lain yang pasti dapat meningkatkan hasil perekaman layar kamu.

Berbicara mengenai aplikasi untuk merekam layar PC atau laptop, ada beberapa aplikasi terbaik yang bisa kamu coba gunakan, diantaranya:

Aplikasi Perekam Layar PC Paling Mudah dan Cepat

  1. VideoProc

Salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk merekam aktivitas layar PC atau laptop adalah VideoProc. Aplikasi ini memungkinkan kamu merekam layar PC dengan sistem operasi Windows atau Mac dengan mudah.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah tidak memiliki batasan waktu untuk perekaman layar. Oleh karena itu, VideoProc dapat diandalkan untuk merekam berbagai aktivitas, seperti webinar, rapat, live streaming, dan sejenisnya.

Selain tidak memiliki batasan waktu untuk perekaman layar, aplikasi ini juga dapat memberikan rekaman yang cenderung lebih stabil saat penggunaan CPU rendah. Oleh karena itu, kamu tidak memerlukan perangkat dengan spesifikasi tinggi untuk menggunakan aplikasi ini.

Alasan lain untuk memilih aplikasi ini adalah beragamnya fitur premium yang tersedia secara gratis. Salah satu fitur premium yang tersedia secara gratis adalah green screen. Dimana kamu dapat dengan mudah menghapus latar belakang dan mengubahnya sesuai keinginan kamu.

  1. Hit Paw Screen Recorder

Hit Paw Screen Recorder juga bisa dijadikan sebagai aplikasi yang memudahkan kamu dalam merekam aktivitas layar PC. Aplikasi ini bisa dikatakan mudah digunakan karena memiliki antarmuka pengguna yang sederhana.

Selain itu, Hit Paw Screen Recorder juga praktis digunakan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti webinar, rapat, dan sejenisnya.

Hit Paw Screen Recorder juga memiliki berbagai fitur hebat yang tidak dimiliki aplikasi sejenis lainnya.Misalnya, terdapat fitur zoom recording yang memudahkan kamu merekam seluruh layar atau bagian tertentu dari layar.

Hit Paw Screen Recorder juga mempunyai fitur untuk mengatur resolusi perekaman layar sehingga hasil rekamannya cenderung lebih jernih. Hit Paw Screen Recorder juga memungkinkan kamu mengedit rekaman yang disimpan. Selain menambahkan teks, kamu juga dapat menerapkan beberapa efek menarik.

  1. Camtasia

Camtasia bisa dikatakan merupakan aplikasi perekam layar yang terkenal untuk PC dan laptop, terutama untuk presentasi dan rapat. Hal ini dikarenakan, Camtasia memiliki beragam fitur yang cukup lengkap dan aplikasi perekam layar ini secara umum lebih mudah digunakan.

Selain itu, tersedia juga beragam template dan preset bagi kamu yang ingin membuat rekaman video yang lebih bervariasi. Tentunya kamu dapat memilih template yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur menarik lainnya dari Camtasia adalah antarmuka pengeditan videonya yang menggunakan fitur drag-and-drop. Meskipun fitur ini sederhana, namun sangat memudahkan pengguna awam untuk berkreasi dengan rekaman mereka tanpa masalah teknis apa pun.

Selain itu, Camtasia juga menawarkan beragam efek menarik, seperti highlight, panah, dan kursor yang dapat kamu gunakan untuk menyorot bagian tertentu dari rekaman kamu. Fitur ini sangat berguna saat membuat presentasi video.

  1. Movavi Screen Recorder Studio

Aplikasi perekam layar PC lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Movavi Screen Recorder Studio. Selain Camtasia, Movavi Screen Recorder Studio juga bisa disebut sebagai aplikasi perekam layar berfitur lengkap yang memberikan berbagai kemudahan selama proses editing untuk menghasilkan video yang lebih istimewa.

Dalam penggunaanya, kamu akan menemukan banyak fitur yang sangat berguna. Fitur yang dimaksud, antara lain trim, crop, flip, dan filter. Terdapat juga fitur watermark yang dapat ditambahkan dengan mudah untuk menciptakan kesan eksklusif.

Selain merekam layar, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam webcam, baik secara bersamaan dengan perekaman layar atau secara terpisah. Tentunya juga terdapat fungsi microphone yang dapat merekam audio eksternal.

  1. Bandicam

Bandicam juga masuk dalam rekomendasi aplikasi perekam layar PC dan laptop yang bisa kamu pilih. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk PC atau laptop dengan sistem operasi Windows. Oleh karena itu, pengguna yang menggunakan perangkat Mac OS tidak dapat menggunakan aplikasi ini.

Meski demikian, Bandicam menawarkan detail fitur yang luar biasa. Pasalnya dengan aplikasi ini, hasil rekaman layar video yang kamu buat akan memiliki kualitas yang sangat jernih dan tajam. Selain itu, Bandicam juga memberi pengguna opsi untuk menyimpan file video dalam format berbeda.

Salah satu fitur menarik dari Bandicam adalah kemampuannya untuk memilih area tertentu pada layar atau seluruh layar yang akan direkam. Selain itu, kamu juga dapat menggambar pada video yang sedang direkam dan merekam diri kamu sendiri saat merekam layar.

Fitur lain yang sangat menarik dari Bandicam adalah kemampuannya yang mudah untuk menggabungkan suara eksternal ke dalam vide, menambahkan logo ke video, dan menambahkan efek mouse ke video serta animasi lainnya.

  1. Share X

Jika kamu sedang mencari aplikasi perekam layar PC gratis, Share X adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Aplikasi ini bersifat open source, jadi kamu tidak akan melihat iklan apa pun saat menggunakan aplikasi ini. Share X juga cukup ringan untuk PC dan laptop dengan spesifikasi terbatas.

Namun, Share X hanya tersedia untuk PC dan laptop dengan OS Windows 7, 8.1 dan 10. Oleh karena itu, kamu yang menggunakan versi OS Windows selain beberapa pilihan tersebut atau menggunakan OS Mac tidak dapat menggunakan aplikasi ini.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah kamu dapat merekam sebagian atau seluruh layar tergantung keinginan kamu. Share X juga dapat digunakan untuk merekam layar dengan bentuk persegi panjang, elips atau bentuk lainnya sesuai keinginan kamu.

Selain itu, untuk menandai hasil pekerjaan kamu, Share X juga menawarkan penambahan watermark ke dalam rekaman dengan cukup mudah. Tentunya dengan fitur ini kamu bisa memberikan kesan eksklusif pada rekaman yang kamu buat.

  1. Cam Studio

Rekomendasi lain untuk aplikasi perekam layar PC dan laptop yang bersifat open source adalah Cam Studio. Dengan sifatnya yang open source, aplikasi ini tentunya gratis untuk digunakan. Bahkan, pengguna juga dapat memberikan berbagai pembaruan untuk meningkatkan kinerja aplikasi ini.

Salah satu hal menarik dari Cam Studio adalah aplikasi ini dapat merekam semua bagian layar dengan andal. Nantinya, kamu dapat menyimpan file rekaman dengan ekstensi file berbeda untuk memaksimalkan kualitas atau memperkecil ukuran file sesuai keinginan.

Cam Studio juga memudahkan untuk menambahkan teks berkualitas tinggi ke rekaman video. Fitur ini tentunya memudahkan pengguna yang ingin menambahkan informasi tambahan pada videonya atau memberikan subtitle.

  1. Ice Cream Screen Recorder

Ice Cream Screen Recorder juga menjadi pilihan menarik bagi kamu yang sedang mencari aplikasi perekam layar yang cocok untuk PC atau laptop. Pasalnya, aplikasi perekam layar ini tersedia secara gratis. Selain itu, Ice Cream Screen Recorder juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Mac hingga Android.

Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat video tutorial, merekam aktivitas webinar, melakukan live streaming, atau merekam panggilan Skype dengan mudah. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan Ice Cream Screen Recorder untuk merekam layar bersamaan dengan webcam dan audio.

Sejumlah filter pendukung juga tersedia dan mudah digunakan, salah satunya adalah clipboard. Fitur ini memungkinkan kamu mengirim rekaman video dengan mudah melalui Skype atau email.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar PC atau laptop yang dapat kamu coba gunakan. Semoga bermanfaat!
5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

4 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago