HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Salah satu opsi terbaik yang menjadi pilihan bagi mereka yang bermasalah dengan penyimpanan ponsel yakni dengan menggunakan SD Card.Fungsi utama dari SD Card yakni untuk memperluas penyimpanan pada ponsel.

Masih banyak orang-orang yang menggunakan SD Card dan banyak yang memindahkan aplikasi ke kartu SD.Karena memang aplikasi yang digunakan paling banyak memakan memori ponsel.Sayangnya,tidak seperti pada saat memindahkan penyimpanan file seperti foto atau video,memindahkan aplikasi ke SD Card membutuhkan cara khusus.Sebab memang ada beberapa ponsel Android yang tidak memberikan ijin memindahkan aplikasi tertentu ke kartu SD.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi apa saja yang bisa dipindahkan ke memori card,langsung saja kita simak pembahasannya :

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Mengubah SD Card Menjadi Memori Internal

Ada 3 hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan benar-benar menjadikan SD card milik kalian menjadi memori internal untuk ponsel.Berikut ini detailnya :

1. Alasan SD Card Sebagai Memori Internal

Alasan apa yang menjadikan SD card kalian sebagai memori internal ? Karena ingin menyimpan foto atau video atau memang ponsel kalian tidak dapat menampung aplikasi yang digunakan.Jika alasannya untuk menyimpan foto dan video,lebih baik menggunakan SD Card portable,karena dapat digunakan pada perangkat berbeda.

2. SD Card Hanya Terbaca pada Ponsel kalian 

Kartu SD yang sudah digunakan sebagai memori internal ponsel kalian tidak akan dapat digunakan atau terbaca pada perangkat lain selain ponsel kalian.

3. Jenis SD Card Yang Digunakan

Untuk memaksimalkan kinerja ponsel setelah mengubah SD Card menjadi memori internal,pilih SD Card yang memiliki kecepatan tinggi.Pilih tipe SD Card dengan standar UHS-1 class 10 sehingga lebih nyaman saat menggunakan ponsel.

3 hal diatas yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan mengubah SD Card menjadi memori internal ponsel.Tetapi jika ponsel hanya memiliki memori 8 GB,namun ragu karena SD Card tidak akan terbaca pada perangkat lain,sebaiknya kalian tetap menjadikan SD Card sebagai memori internal agar ponsel kalian dapat digunakan secara maksimal.

Mengenai kartu yang tidak dapat terbaca di perangkat lain,kalian tetap bisa memindahkan data-datanya dengan menggunakan bantuan Kabel Data,Flash Drive OTG,Bluetooth atau dengan koneksi Wi-Fi. Jadi,tidak perlu khawatir dengan SD Card yang tidak dapat dipindahkan.

Cara-Cara Untuk Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD

1.Siapkan SD Card

Langkah awal yakni dengan menyiapkan kartu memori atau SD Card yang akan digunakan dan diubah sebagai memori internal. Untuk diketahui,Google telah menyediakan cara memindahkan aplikasi ke kartu memori eksternal tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Hal ini hanya dapat dilakukan pada Android versi Marshmallow ke atas dan memori eksternal atau SD Card yang digunakan harus bersih atau sudah diformat.Pastikan ponsel sudah memiliki Micro SD yang siap digunakan dan terdeteksi oleh sistem smartphone kalian.

Berikut Langkah-langkahnya :

  • Masuk Menu Setting

Ponsel kalian akan melakukan deteksi kecocokan kartu memori yang kalian gunakan.Jika tahapan ini gagal atau kartu memori tidak terbaca,coba gunakan kartu memori yang berbeda.Lalu lakukan hal berikut :

    • Pada Menu Setting Pilih Penyimpanan.
    • Pastikan SD Card terbaca,klik pilhan Kartu SD yang digunakan.
    • Pilih Logo Garis Tiga yang terdapat pada pojok kanan atas menu Kartu SD.
    • Klik Opsi Setelan Penyimpanan lalu bersiap untuk melakukan format kartu SD.

Jika sampai tahapan ini tidak menemukan kendala,maka SD Card sudah dapat digunakan dan bisa menuju tahapan berikutnya dalam cara memindahkan aplikasi ke kartu SD,yaitu tahapan format.

  • Format SD Card menjadi Memori Internal Ponsel

Ikuti Langkah berikut dengan teliti agar kalian tidak mengalami kegagalan :

    • Setelah tahapan sebelumnya,pilih dan klik menu Format Kartu SD.
    • Harus pastikan saat memformat Kartu SD memilih opsi Format Sebagai Internal,lalu tunggu proses sampai berakhir.
    • Jangan mencabut SD Card atau mereset ponsel ketika proses memformat tengah berjalan.
    • Setelah proses selesai,kalian harus memilih opsi Pindahkan Konten Nanti.Jika tidak,seluruh aplikasi akan otomatis berpindah ke penyimpanan SD Card.Kecuali jika memang kalian menginginkan hal tersebut.

Untuk diketahui, tampilan memori ponsel Anda akan jauh berbeda setelah tahapan ini selesai. Setelah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD sampai pada tahap ini, berikutnya ialah tahapan memindahkan aplikasi yang Anda kehendaki ke memori SD.

2.Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Jika sudah melakukan tahapan di atas,cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dapat dilanjutkan pada tahapan memindahkan aplikasi ke SD Card.Berikut ini langkahnya :

    • Masuk ke Menu Pengaturan/Setting lalu pilih menu Apps atau Aplikasi pada ponsel.
    • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke SD Card.
    • Pilih opsi Ganti untuk memindahkannya ke Kartu SD.
    • Setelah mengkliknya,pilih menu Ganti Penyimpanan di Kartu SD.
    • Pilih dan klik menu Pindahkan.Tunggu proses pemindahan selesai.

Demikianlah langkah-langkah untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD.Namun,perlu kalian ketahui bahwa tidak semua aplikasi atau game dapat dipindahkan ke SD Card.Sebelum memutuskan menjadikan SD Card kalian sebagai memori internal ponsel dan memindahkan aplikasi ke SD Card,pastikan untuk memperhatikan berbagai pertimbangan yang sudah disebutkan di atas.

Pastikan memutuskan pilihan sesuai kebutuhan ponsel kalian.Untuk hasil maksimal,pastikan mengikuti setiap langkahnya dengan teliti dan benar.Jika ada aplikasi yang tidak bisa dipindahkan sementara aplikasi lainnya berhasil,bukan langkah-langkahnya yang keliru,melainkan memang aplikasi tersebut tidak mendukung fitur ini.Semoga artikel ini dapat bermanfaat 🙂 Jika ingin membaca lebih banyak artikel lainnya dari kami,bisa kunjungi hosteko.com

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago