HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Mengetik di Keyboard untuk Pemula

Mengetik keyboard secara cepat menjadi salah satu hal yang diinginkan banyak orang terutama bagi mereka yang biasa mengetik di komputer. Kemampuan tersebut akan menghemat waktu dan meningkatkan produktifitas. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan teknik 10 jari tanpa melihat keyboard. Keterampilan ini sangat bermanfaat bagi para sekretaris, blogger, pencatat, juru ketik, orang yang memiliki jasa penulisan, pelajar, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Menguasai keterampilan mengetik cepat dan akurat dengan 10 jari tidak memerlukan kecerdasan yang tinggi. Ini adalah keterampilan dan kebiasaan yang dapat dikembangkan oleh siapa pun. Bahkan orang dengan kecerdasan rendah pun bisa menggunakan teknik menulis cepat ini. Asalkan anda sering berlatih dan berlatih. Semakin teliti Anda mempelajari cara mengetik cepat dan akurat di layar komputer, semakin cepat Anda menguasai pengetikan cepat. Lebih baik belajar sendiri di rumah daripada mengikuti pelajaran dan instruksi dari kursus mengetik 10 jari yang sangat mahal. Media pembelajaran yang biasa Anda gunakan adalah komputer atau laptop dengan keyboard yang sangat mudah didapat.

Manfaat Mengetik Cepat 10 Jari

Ada banyak manfaat dari mempelajari teknik mengetik cepat 10 jari. Misalnya, jika seorang mahasiswa ditugaskan untuk menulis makalah, maka ia dapat segera menyelesaikannya. Mengingatkan bahwa menulis makalah tidak memakan waktu lama karena diketik dengan cepat di program Microsoft Word tanpa melihat keyboard. Menguasai teknik mengetik 10 jari super cepat memiliki manfaat tambahan yaitu membantu Anda menulis chat dan membalas komentar di Twitter dan Facebook lebih cepat. Sembari mengerjakan tugas lainnya, jari-jari terus bergerak dan membentuk kata sempurna yang diinginkan tanpa ada kesalahan yang berarti. Kemampuan mengetik menggunakan 10 jari dapat digunakan untuk mempermudah ketika bekerja di dunia online atau media sosial.

Pemula yang belum terbiasa dengan teknik ini pasti akan menemui kesulitan. Namun, dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi, kesabaran, serta proses latihan dan belajar yang berkesinambungan keterampilan menulis cepat ini bisa Anda kuasai dalam waktu singkat. Begitu Anda bisa menulis cepat dengan 10 jari, Anda pasti ingin terus menulis. Bahkan kemampuan menulis Anda 100% lebih baik dibandingkan kemampuan menulis orang lain.

 

Tutorial Mengetik Keyboard Secara Cepat Untuk Pemula

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah tutorial singkat tentang mengetik keyboard untuk pemula.

  1. Menjaga posisi tubuh dengan benar dan akurat saat mengetik.
  2. Letakkan jari Anda pada posisi yang benar pada keyboard. Tekan huruf “F” dengan jari telunjuk kiri Anda. Lalu tekan huruf “J” dengan jari telunjuk kanan. Dengan cara ini Anda dapat menjangkau setiap huruf dengan benar dengan 10 jari.
  3. Perhatikan posisi setiap huruf pada keyboard. Sama seperti saat belajar mengetik cepat dengan 10 jari. Ternyata sudah terbiasa dan mengetahui posisi semua angka dan huruf di keyboard.
  4. Bagilah pekerjaan karena banyaknya tombol pada keyboard, sebaiknya selalu membagi pekerjaan menekan tombol antara tangan kanan dan kiri. Untuk tugas ini, tekan tombol 6, 7, N, M, Y, U, H, J dengan jari telunjuk kanan Anda. Tugas jari tengah tangan kanan adalah menekan tombol bintang, angka 8, koma, huruf I dan K. Dengan jari manis kanan, tekan tombol Alt, titik, tanda kurung, angka 9, serta huruf O dan L. Dengan jari kelingking kanan, tekan Shift dan Ctrl Kanan, miring, tanda tanya, garis miring, huruf P, tanda kutip, titik dua. Tekan spasi dengan ibu jari kanan Anda. Tekan angka 5, 4 dan huruf B, T, G, V, R, dan F dengan jari telunjuk kiri. Gunakan jari tengah untuk menekan angka 3 dan huruf C, E, dan D. Tekan angka 2 dan huruf X, W, dan S dengan jari manis kiri. Jempol kiri bertugas menekan spasi secara bergantian dengan jempol kanan. Untuk jari kelingking  kiri dipergunakan untuk menekan tombol A, Q, Z, 1, jendela windows, Ctrl, Shift, Capslock dan Tab.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mempraktikkan cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi belajar mengetik cepat 10 jari yang bisa diunduh gratis di Internet. Ini merupakan tutorial input keyboard sederhana untuk pemula. Sayang sekali jika Anda sudah terbiasa mengetik namun kecepatan mengetik Anda pas-pasan. Pasalnya, teknik mengetik cepat 10 jari memungkinkan Anda meningkatkan kecepatan mengetik di keyboard.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

18 hours ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

23 hours ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

5 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

5 days ago