HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal OTP: Kode Rahasia Penting untuk Keamanan Digital

Pernahkah Anda mendengar istilah kode OTP? Anda mungkin sering menjumpai istilah ini saat mendaftar, mengisi aplikasi, atau mengubah password akun Anda. OTP adalah kode rahasia yang dikirimkan hanya kepada mereka yang berwenang menerimanya. Ini adalah teknologi yang menekankan keamanan data dan keamanan siber. Ingin tahu lebih lanjut apa itu OTP, apa saja contoh kode OTP, dan apa saja fungsi dari kode OTP? Perhatikan petunjuk di bawah ini.

Apa itu OTP ?

Kode OTP adalah kode keamanan yang dirancang untuk akses tunggal guna meminimalkan risiko login tidak sah/palsu dan untuk memastikan kepercayaan pemegang akses. OTP adalah singkatan dari One Time Password. Ini adalah rangkaian huruf atau angka yang dibuat secara otomatis dan dikirim ke ponsel pengguna melalui SMS, suara, atau notifikasi. OTP merupakan terobosan teknologi terbaru untuk melindungi data pengguna. OTP telah menjadi metode standar di seluruh dunia untuk mengaktifkan login dalam situasi khusus, seperti memvalidasi akun baru atau mengonfirmasi transaksi yang valid. Kode ini juga dikenal sebagai PIN satu kali, kode otorisasi satu kali (OTAC), atau kata sandi dinamis. Enam digit nomor biasanya dikirim melalui SMS ke ponsel pengguna, yang kemudian dimasukkan pelanggan ke website atau aplikasi yang ingin mereka akses.

Tidak seperti kata sandi statis atau kata sandi buatan pengguna, OTP memberikan lapisan keamanan tambahan bagi pengguna. Misalnya, aplikasi seperti perbankan memerlukan waktu 15 hingga 30 menit. Mekanisme OTP didasarkan pada algoritma kompleks yang menciptakan autentikasi dua faktor. Ada berbagai cara untuk menghasilkan OTP. Metode yang paling umum adalah pembuatan OTP berbasis waktu. Dalam skenario ini, token autentikasi menghasilkan OTP berbatas waktu yang berhenti berfungsi setelah jangka waktu tertentu.

Fungsi Kode OTP

Menurut Forbes, setiap hari jutaan OTP dikirim ke seluruh dunia, sebagian besar melalui SMS. Pengembangan teknologi OTP ini berkaitan dengan orang yang selalu dekat dengan ponselnya bahkan bisa mencapai 24 sehari, dan menganggap sebagai barang pribadi berharga. Satu smartphone biasanya digunakan oleh satu orang, maka untuk mengkonfirmasi kebenaran yang mereka katakan menjadi lebih mudah. Kode OTP berfungsi  menambah lapisan kedua agar tetap terdepan dalam mencegah kejahatan dunia maya, dan melindungi diri atau organisasi dari bencana penipuan pribadi atau bisnis. Penggunaan password menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko penipuan, namun pengguna harus tetap waspada dengan sesuatu yang ada di ponsel.

Contoh Kode OTP

Terdapat beberapa contoh kode OTP. Contoh kode OTP ini tidak terbatas dan sebenarnya bentuk OTP ini masih dapat dikembangkan. Contoh kode OTP di bawah menunjukkan tiga jenis OTP yang umum saat ini. Berikut tiga contoh kode OTP:

  • OTP Sebagai Pesan SMS. Pertama sebagian besar OTP dikirim sebagai pesan SMS. Kemudian pengguna akan melakukan upaya login, mulai dari mengisi nama sampai kata sandi, lalu sms OTP dikirim ke nomor ponsel yang terhubung dengan akunnya. Selanjutnya pengguna memasukan kode yang ditampilkan di layar ponsel dan menyelesaikan proses autentikasi.
  • OTP Sebagai Pesan Suara. Anda juga dapat menerima kode OTP melalui suara. Untuk suara, kata sandi yang di ucapkan diterima sebagai panggilan di ponsel pengguna. Kata sandi tidak disimpan di ponsel penggun, selain itu pesan suara dapat digunakan untuk menghubungi pengguna yang tunanetra. Pesan suara juga bisa dijadikan cadangan jika SMS OTP tidak terkirim.
  • OTP Sebagai Notifikasi. Proses autentikasi dua faktor menggunakan OTP melalui notifikasi, mirip dengan SMS OTP. Selama proses registrasi, kode yang dihasilkan secara otomatis dikirim sebagai notifikasi ke aplikasi di ponsel atau smartphone pengguna. Pengguna kemudian harus memverifikasi identitasnya dengan menyalin kode ke layar login. Biasanya diperlukan aplikasi khusus untuk mendapatkan OTP ini.

Kasus Dalam Penggunaan OTP

Login Aplikasi

Aktivitas yang menggunakan kode OTP adalah login ke aplikasi. Faktanya, tidak semua aplikasi menggunakan teknologi ini. Aplikasi yang menggunakan ini biasanya adalah aplikasi yang menyimpan data pengguna yang sangat penting atau sensitif. Contohnya termasuk e-wallet dan aplikasi perbankan.

Lupa Password

Kasus penggunaan OTP yang sangat umum adalah kehilangan kata sandi. Email tidak sepenuhnya aman, dan pengingat kata sandi semakin jarang ditemukan di website saat ini. Biasanya pengguna diminta untuk mengatur ulang kata sandi mereka. OTP dalam hal ini dibuat dan dikirim atas permintaan pengguna sehingga pengguna dapat mengatur kata sandi baru untuk website atau aplikasi apa pun yang dikunjunginya.

Transaksi Keuangan

Perlu diingat transaksi keuangan terutama dalam jumlah besar sangatlah sensitif. OTP memungkinkan Anda memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Aturannya, jika pembayaran melebihi jumlah minimum yang ditentukan (misalnya Rp 2 juta), tidak ada perbedaan dalam memasukkan PIN. Banyak pengguna menghargai keamanan tambahan yang diberikan OTP dalam situasi ini.

Mengenali Perangkat Tidak Dikenal

Saat ini, rata-rata pengguna smartphone atau perangkat elektronik lainnya memiliki banyak perangkat, banyak di antaranya terhubung ke jaringan seluler. Hal ini menimbulkan masalah bagi operator website dan aplikasi karena banyak proses keamanan bergantung pada kredensial dan proses verifikasi perangkat pengguna. Skenario umum adalah layanan streaming di mana beberapa perangkat berbagi kredensial dan perangkat tersebut menggunakan Wi-Fi publik. OTP memverifikasi apakah perangkat baru itu asli.

Bagaimana Kode OTP Bekerja

Mari kita mulai dengan sebuah contoh. Katakanlah Raka salah meletakkan kartu kreditnya. Orang yang menemukan kartu tersebut (pengguna yang tidak diautentikasi) mencoba memanfaatkannya dan melakukan transaksi di komputer, laptop, atau smartphone miliknya. Pada tahap ini, pengelola autentikasi membuat OTP dan mengirimkannya ke ponsel atau alamat email Raka untuk meminta verifikasi. Kecuali jika pencurinya juga mencuri ponsel Raka, dia tidak dapat mengautentikasi transaksi dan mencuri uang Raka.

Di India, OTP menjadi penyedia layanan pembayaran pilihan pertama untuk memverifikasi dan mengautentikasi transaksi pelanggan, terutama bagi pengguna kartu kredit. Lebih dari 60 juta pengguna kartu kredit di India menggunakan OTP untuk memverifikasi transaksi. Intinya adalah OTP menjadi lapisan keamanan tambahan.

Jangan Disebar! Kode OTP Hanya Untukmu 

Ingat, OTP adalah kode rahasia yang hanya dikirim ke device terdaftar yang kamu miliki. Jangan sampai kamu malah memberitahukan kepada orang lain. Kode OTP adalah kode keamanan yang dirancang untuk upaya akses tunggal, untuk meminimalkan risiko upaya login palsu dan mempertahankan keamanan yang tinggi terhadap kredibilitas pemilik akses.

Kode OTP berfungsi sebagai lapisan kedua autentikasi, agar tetap terdepan dalam mencegah kejahatan dunia maya serta melindungi diri atau organisasi dari penipuan. Beberapa kode OTP yang dapat kamu gunakan yaitu sms, OTP pesan suara, dan OTP yang muncul di hp sebagai notifikasi smathphone. Tetap waspada dalam menjaga kemanan data pribadi!

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

2 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

7 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

1 day ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

1 day ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

2 days ago