HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Menggunakan Google Meet

Mengetahui cara menggunakan Google Meet di PC, Android, hingga iOS adalah hal penting, terlebih di masa-masa yang serba virtual seperti ini.

Sebagai informasi, ada banyak aplikasi yang dapat menjadi pilihan untuk rapat virtual, video conference atau sekadar video call dengan rekan-rekan.

Google Meet dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi terpopuler untuk kategori ini. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh banyaknya fitur yang dimiliki, mulai dari adanya chat di dalam meeting, virtual background, dan lain sebagainya.

Yuk, kita simak kegunaan, keunggulan dan cara menggunakan Google Meet di artikel ini.

Tentang Google Meet

Google Meet adalah aplikasi video conference gratis yang dapat digunakan melalui browser dan aplikasi smartphone.

Aplikasi yang sebelumnya bernama Hangouts ini menawarkan fitur gratis yang lebih menarik dibanding aplikasi lainnya dengan batas waktu meeting dengan maksimum 100 peserta selama 60 menit.

Tentunya ada beberapa paket dan harga untuk kamu yang membutuhkan kapasitas dan durasi meeting yang lebih lama. Lebih jelasnya, berikut rincian harga dan paket dari Gmeet :

  • Gratis – semua pengguna Google dapat menggunakan layanan Google Meet secara gratis dengan batas waktu meeting 60 menit dengan hingga 100 peserta.
  • Google Workplace Essentials ($8 per pengguna per bulan) – menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 150 peserta. Paket ini menyediakan fitur simpan rekaman meeting otomatis ke Google Drive yang sudah di-upgrade ke 100GB dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.
  • Google Workplace Enterprise (harga khusus per perusahaan) – menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 250 peserta. Selain menambahkan kapasitas Google Drive menjadi unlimited, paket ini juga mendukung live streaming ke 100.000 penonton dan berbagai fitur keamanan data lainnya lengkap dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.

Penggantian nama dilakukan oleh Google secara terselubung pada bulan Maret 2017. Pada awalnya, Google Meet ditargetkan sebagai Hangout versi bisnis, dan lebih cocok untuk penggunaan dalam sebuah perusahaan. Tapi sekarang Google Meet dapat diakses oleh semua pengguna Google, dan jumlah pengguna tiap harinya terus meningkat.

Selain mengetahui cara menggunakan Google Meet di laptop dan PC yang mudah dan praktis, kamu juga perlu tahu bahwa Google Meet menyediakan berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan. Berikut fitur-fitur Google Meet :

  • Background virtual
  • Chat di dalam meeting
  • Presentasi atau screen sharing
  • Transkrip atau caption
  • Whiteboard Dengan Google Jamboard

Sejarah Google Meet

Google secara resmi meluncurkan Meet pada Maret 2017. Setelah menjadi aplikasi yang berbasis undangan saja dan merilis aplikasi iOS secara diam-diam pada Februari 2017. Layanan ini dimulai sebagai aplikasi konferensi video dengan maksimal 30 peserta dan digambarkan sebagai Hangouts versi bisnis. Diluncurkan dengan aplikasi web, aplikasi Android dan aplikasi iOS.

Meskipun Google Meet memperkenalkan fitur di atas untuk menyempurnakan aplikasi Hangouts asli, beberapa fitur Hangouts standar tidak digunakan lagi, seperti melihat peserta dan mengobrol secara bersamaan. Jumlah umpan video yang diizinkan pada satu waktu juga telah dikurangi menjadi 8 (hingga 4 umpan dapat ditampilkan dalam tata letak “berlapis”), memberikan prioritas kepada peserta terakhir dengan mikrofon. Selain itu, fitur seperti kotak obrolan telah dimodifikasi untuk melapisi umpan video alih-alih mengubah ukurannya.

Pada Agustus 2020, dilaporkan bahwa Google berencana untuk mengintegrasikan Google Duo dan Google Meet. Pada bulan Desember 2021, paket tersebut dibatalkan, tetapi Duo masih tersedia dan terus diperbarui. Pada Juni 2022, Google berencana untuk mengintegrasikan Duo dan Meet lagi. Aplikasi Duo disebut “Google Meet” dan aplikasi Meet asli tidak lagi digunakan.

Cara Menggunakan Google Meet di PC

Google Meet mendukung penggunaan di PC atau laptop melalui browser dan di Android atau iOS melalui aplikasi Google Meet. Mari kita bahas cara menggunakan Google Meet secara lebih lengkap.

Cara menggunakan Google Meet di PC atau laptop sangat mudah, karena Anda dapat menggunakan browser yang sudah terpasang seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, Firefox, Safari dan sebagainya. Berikut cara memakai Google Meet di browser PC atau laptop :

  • Buka halaman Google Meet

Untuk menggunakannya, pertama-tama Anda tentu harus membuka Google Meet pada web browser Anda.

  • Pilih “New Meeting”

Setelah berhasil login, Anda sudah bisa menggunakan Google Meet. Klik “New Meeting” untuk memulai video conference baru.

  • Masukkan link/kode meeting

Atau jika Anda ingin bergabung ke video conference yang sudah ada, tinggal masukkan link atau kode meeting pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik “Join“.

  • Lakukan pengaturan kamera dan mikrofon

Jangan lupa lakukan pengaturan pada kamera dan mikrofon. Klik pada tombol pengaturan pada bagian bawah layar video conference.

  • Selesai!

Catatan : Pada saat Anda memulai meeting baru, Anda akan mendapatkan pilihan untuk meeting instan, terjadwal, atau mendapatkan link undangan meeting untuk dibagikan ke rekan meeting.

Cara Menggunakan Google Meet di HP Android dan iOS

Google Meet juga tersedia untuk digunakan di smartphone, baik Android atau iOS. Berikut cara menggunakan Google Meet di HP Android dan iOS.

  • Download Google Meet

Cara membuat Google Meet di HP yang pertama, unduh aplikasi Meet terlebih dahulu di play store atau app store.

  • Buka aplikasi Google Meet

Setelah selesai diunduh, buka aplikasi Meet untuk memulai.

  • Izinkan penggunaan kamera dan mikrofon

Setelah itu izinkan penggunaan kamera dan mikrofon untuk memperlancar video conference pada aplikasi Meet.

  • Pilih “New Meeting”

Untuk memulai meeting baru, klik “New Meeting” yang terletak di sisi kiri atas.

  • Klik Join with a code

Atau jika Anda ingin bergabung ke video conference yang sudah ada, klik “Join with a code” dan masukkan kode meetingnya pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik “Join” di pojok kanan atas.

Keunggulan Google Meet

Google Meet adalah salah satu aplikasi video conference terpopuler di dunia dengan 100 juta + peserta rapat tiap harinya. Tentunya, ratusan juta orang tersebut tidak akan memakai Google Meet jika aplikasi ini tidak mempunyai keunggulan.

Faktor apa saja yang membuat Google Meet mendapatkan popularitas yang sangat besar ini? Mari kita bahas keunggulan dari Google Meet :

  • Integrasi dengan akun Google

Google adalah akun utama untuk Android yang saat ini beroperasi pada 2,5 miliar perangkat. Tentunya integrasi akun Google untuk semakin meningkatkan pengalaman user dalam menggunakan ekosistem  aplikasinya, termasuk Google Meet.

Integrasi ini memudahkan para pengguna untuk menjadwalkan meeting di Google Calendar, mengirimkan link undangan meeting melalui Gmail, menyimpan rekaman meeting di Google Drive, dan masih banyak lagi.

  • Proses daftar satu klik

Penggunaan akun Google sebagai satu-satunya cara login Google Meet juga sangat memudahkan pengguna dalam mendaftarkan diri dan mengikuti meeting melalui aplikasinya. Anda dapat menggunakan Google Meet dalam waktu kurang dari satu menit, dengan catatan kamu sudah memiliki akun Google.

  • Interaksi yang sederhana dan langsung

Saat Anda memasuki halaman web atau aplikasi Google Meet, Anda hanya akan disuguhi 2 menu: mulai rapat atau gabung ke meeting. Kesederhanaan ini membuat semua orang, bahkan yang tidak terlalu melek teknologi, dapat dengan cepat mengerti cara menggunakan Google Meet.

  • Aplikasi yang ringan

Kesederhanaan tatap muka Google Meet memungkinkan ukuran aplikasi dan waktu muat website yang sangat optimal. Sebagai perbandingan, ukuran aplikasi Google Meet di Android adalah 55.37 MB, sedangkan ukuran aplikasi Zoom untuk Android adalah 155 MB.

  • Akses meeting yang mudah

Google Meet juga sangat memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasinya baik di PC atau Smartphone Android dan iOS. Khususnya di PC dan laptop, Anda bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, sehingga sangat memudahkan Anda untuk mengundang rekan atau bergabung ke ruang rapat dengan cepat.

  • Kualitas video dan audio, kinerja dan keamanan keseluruhan

Perhatikan bahwa platform default ke resolusi 360p untuk umpan video masuk dan keluar. Namun resolusinya bisa diatur hingga 720p. Yang menarik adalah bahwa pengguna individu dapat mengubah resolusi kirim/terima feed untuk memiliki kontrol lebih besar atas penggunaan data mereka.

Ini termasuk menangani pertemuan dengan banyak peserta, meskipun dengan beberapa istirahat. Tentu saja, kualitas dan kinerja keseluruhan akan bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kecepatan internet dan kemampuan perangkat keras perangkat pelanggan. Masalah kinerja yang sebanding dengan Zoom dan Microsoft Teams minimal, tetapi kinerja secara keseluruhan masih kuat.

  • Terdapat fitur teks langsung

Untuk melakukan percakapan online, aplikasi Google Meet dapat menampilkan teks percakapan di layar Anda selama panggilan berlangsung. Namun, bahasa yang didukung masih bahasa Inggris, dan tidak ada teks yang akan ditampilkan kecuali panggilan video telah direkam.

Kekurangan Google Meet

selain mempunyai beberapa kelebihan, aplikasi ini juga mempunyai kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan yang di miliki oleh Google Meet :

  • Pilih paket berbayar

Seperti yang Anda ketahui, aplikasi Google Meet gratis untuk digunakan, tetapi sayangnya fitur gratisnya hanya memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video dengan 30 peserta. Jadi jika ingin melakukan video call dengan peserta lebih dari 30 orang, harus membeli paket.

Paket yang ditawarkan mulai dari US$6 (Rp 94.446) per bulan dan mengundang hingga 100 orang ke pertemuan Anda. Paket lain memungkinkan Anda mengundang hingga 150 orang dengan biaya $12 per bulan. Paket paling mahal adalah $25/bulan dan memungkinkan Anda mengundang hingga 250 orang per pertemuan.

  • Tidak dapat mengubah layar background

Tidak seperti aplikasi sejenis lainnya, aplikasi Google Meet tidak dapat mengubah latar belakang saat rapat dengan latar belakang virtual yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan gambar dan video sesuai keinginan Anda. Bahkan aplikasi Google Meet belum memiliki fitur Touch Up My Appearance, yaitu filter yang menghaluskan kulit agar terlihat lebih baik di video call.

Kelemahan utamanya, platform ini masih kekurangan fitur-fitur tertentu yang ditawarkan oleh para pesaingnya. Memperluas kemampuannya akan meningkatkan kolaborasi jarak jauh dan produktivitas pertemuan virtual. Secara keseluruhan, Google Meet masih merupakan solusi konferensi video yang andal. Terutama harga yang kompetitif membuatnya ideal untuk usaha kecil dan menengah (UKM).

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

5 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

7 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago