HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa berdampak positif pada SEO. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa reputasi sebuah situs web juga dapat dievaluasi berdasarkan usia domainnya.

Anda juga dapat dengan mudah memeriksa sendiri usia suatu domain. Untuk informasi lebih lanjut, lihat informasi lebih lanjut tentang verifikasi usia domain di bawah.

Apa yang dimaksud umur domain?

Sederhananya, usia domain mengacu pada lamanya suatu nama domain muncul atau ada.

Ini pada dasarnya adalah umur nama domain. Jika nama domain didaftarkan pada tahun 2000, maka masa berlaku domain pada tahun 2020 adalah 20 tahun.

Dua faktor dipertimbangkan ketika mengukur usia sebuah nama domain, adalah:

  • Lamanya domain didaftarkan.
  • Menunjukkan berapa lama website telah aktif atau konten telah berada di web.
  • Terakhir, faktor usia suatu domain juga dapat ditentukan oleh kapan domain tersebut muncul di mesin pencari dan kapan link pertama sampai ke website.

Cara cek umur domain

Seperti yang Anda ketahui, domain adalah alamat sebuah website. Dan website sendiri merupakan suatu jenis halaman atau tampilan suatu domain yang berisi informasi data berupa teks, gambar atau video.

Anda dapat mengecek umur suatu domain langsung di website itu sendiri, atau dengan cara lain seperti:

1. Cara cek umur domain dengan website dan URL

Cara termudah untuk memeriksa usia suatu domain adalah dengan memeriksa artikel atau konten yang pertama kali diterbitkan. Tanggal artikel pertama biasanya sama dengan tanggal situs diterbitkan atau terakhir diperbarui. Bagian ini biasanya berada di awal atau akhir artikel. Ini adalah cara termudah untuk memeriksa berapa umur sebuah situs web atau domain.

Selain itu, Anda dapat mencari berdasarkan tanggal hak cipta yang ditampilkan di bagian bawah situs web. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua situs web, dan tanggal hak cipta hanya menunjukkan tahun pembuatan seluruh situs web dan tahun terakhir diperbarui.

Terakhir, Anda harus ingat bahwa URL mungkin juga berisi informasi untuk memeriksa usia domain. Beberapa situs web mengatur artikelnya, biasanya dengan mencantumkan tanggal publikasi di URL.

2. Periksa usia domain Anda menggunakan Google atau websie tertentu.

Menggunakan Google

Google biasanya menampilkan tanggal publikasi di sebelah hasil pencarian. Namun, jika Anda kesulitan menemukannya atau tidak mengetahui tanggal rilisnya, ada beberapa langkah cepat yang dapat Anda lakukan:

  • Buka Google dan ketik “inurl” di mesin pencarian.
  • Salin URL, tempel di sebelah inurl, dan klik tombol Google Search.
  • Kemudian tambahkan &as_qdr=y15 di sebelah URL dan klik search. Jika sudah, tanggalnya akan ditampilkan di bawah URL halaman.

Menggunakan website Carbon Dating

Cara lain untuk memeriksa usia domain adalah dengan menggunakan situs web tertentu seperti Carbon Dating. Layanan online ini gratis untuk diakses dan dirancang khusus untuk membantu Anda menentukan perkiraan tanggal peluncuran situs web Anda. Tool ini memiliki tingkat keberhasilan 75% dalam menentukan usia domain suatu website.

3. Wayback Machine

Wayback Machine adalah alat untuk melacak website yang ada dari waktu ke waktu dan menyimpan informasi dalam database. Perlu diketahui bahwa meskipun alat ini dirilis pada tahun 2001, sebenarnya Wayback Machine sudah ada sejak tahun 1996. Gunakan mesin wayback ini untuk menjelajahi lebih dari 366 miliar situs web yang ada.

Cara menggunakannya, cukup ketik atau salin alamat situs web di kotak pencarian dan klik tombol Browse history. Pencarian yang berhasil menampilkan seberapa sering dan kapan Wayback Machine menyimpan informasi situs Anda. Selain itu, Anda dapat mengklik tombol Summary dan Sitemap untuk melihat rincian lebih lanjut.

4. Cek komentar website

Cara cek umur domain selanjutnya adalah di komentar website. Anda dapat menggunakan komentar situs web untuk mendapatkan perkiraan tanggal keberadaan domain, atau setidaknya melihat berapa lama komentar tersebut dibuat.

Terakhir, jika Anda tidak bisa mendapatkan perkiraan tanggal publikasi atau modifikasi suatu halaman, pertimbangkan untuk menggunakan notasi “(n.d.)”. Anda juga dapat mengikuti rekomendasi dari Modern Language Association of America (MLA) dan menggunakan tanggal terakhir kali halaman web diakses.

5. Cara cek umur domain melalui Source Code

Terakhir, Anda bisa mengecek umur domain dari Source Code. Apabila sebagian besar informasi tidak tersedia, jadi metode ini membantu Anda menemukan berbagai aspek situs web Anda, seperti cara pembuatannya. Untuk memeriksa tanggal terbit dengan membuka Source Code di Firefox, Chrome, dan mungkin sebagian besar browser web lainnya:

  • Klik kanan halaman web yang ingin Anda lihat dan pilih opsi View page source . Cara lain untuk mendapatkan opsi ini adalah dengan menekan Ctrl + U di Windows atau Command + U di Mac.
  • Source Code situs web Anda akan terbuka di tab baru di browser Anda. Lalu tekan Ctrl + F di Windows atau Command + F di Mac. Tujuannya adalah untuk membuka fungsi Find di browser web Anda.
  • Fungsi “Find” adalah fungsi yang memungkinkan Anda mencari informasi spesifik saat Anda membutuhkannya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melihat tanggal publikasi situs web.
  • Istilah yang Anda cari di bagian ini nantinya akan muncul di bagian seperti datePublished, publish date, published_time, dll. Anda juga dapat mencari dateModified untuk melihat kapan situs web terakhir diubah. Tulis tahunnya terlebih dahulu, lalu bulannya, lalu tanggalnya.

Mengapa penting mengetahui umur sebuah domain?

Umur domain tidak hanya penting untuk SEO, tetapi juga akan berkaitan pada pengiriman email. Berikut ini beberapa alasan umur domain sangat penting untuk diketahui:

Usia domain tidak hanya penting untuk SEO, tetapi juga berdampak pada pengiriman email. Berikut beberapa alasan mengapa mengetahui usia domain Anda sangat penting:

1. Umur domain dan SEO

Usia domain penting untuk tujuan SEO, karena usia sebuah website merupakan salah satu faktor yang meningkatkan peringkat mesin pencari.

Seiring bertambahnya usia situs web Anda, memiliki konten dan portofolio berkualitas tinggi akan meningkatkan kredibilitas situs web Anda di mesin pencari. Oleh karena itu, dalam praktiknya, usia domain dapat digunakan sebagai indikator kualitas SEO situs web, asalkan praktik terbaik diterapkan dalam eksekusi konten yang berhasil diunggah.

2. Umur domain dan email

Singkatnya, pengiriman email didasarkan pada tiga prinsip dasar:

Reputasi IP

Menunjukkan jumlah pengguna yang ingin menerima email dari alamat IP Anda dengan mengukur respons bounces, spam traps or unwanted bulk email (UBE).

Reputasi Konten

Konten yang unik, relevan, dan menarik bagi pelanggan Anda kemungkinan besar akan menjangkau mereka melalui email.

Reputasi Domain

Usia domain, cara domain diidentifikasi di web, dan apakah domain diidentifikasi di industri hiburan, periklanan, keuangan, atau pendidikan, semuanya memengaruhi reputasi domain. Mengirim email dari domain baru yang belum memiliki banyak pengunjung atau trafik akan berdampak besar pada reputasi domain dan akan dianggap penipuan dan malah berakhir di filter spam.

Apa risiko membeli domain lama?

Membeli domain lama dapat menimbulkan masalah seperti reputasi buruk jika beberapa pengguna memblokir atau menandai situs web sebagai spam, yang tentunya dapat berdampak buruk pada bisnis online Anda.

Meskipun benar bahwa memiliki beberapa nilai dalam riwayat SEO Anda dapat membantu situs web baru Anda sukses dan mendapatkan peringkat lebih tinggi dengan lebih cepat, Anda juga berisiko mendapatkan dampak negatif jika Anda tidak melakukan pemeriksaan kualitas terlebih dahulu.

Pemeriksaan kualitas website dapat dilakukan dengan memeriksa backlink, halaman, dan link eksternal di website Anda untuk memastikan tidak ada spam atau konten berbahaya yang dapat menghambat pertumbuhan SEO Anda.

Apakah lebih baik memilih domain berdasarkan usia atau relevansi?

Jika Anda mempertimbangkan untuk membuat situs web baru atau mengubah nama domain, pertimbangkan bagian Relevansi. Daripada mengambil alih website yang sudah ada dan hanya melakukan SEO, lebih baik amankan domain yang sesuai dengan target pasar dan publikasikan konten berkualitas.

Memang benar bahwa semakin lama sebuah situs web hidup, kemungkinan besar peringkat mesin pencarinya akan semakin baik. Tapi kalau isi dan kualitasnya kurang bagus, hasilnya sama saja.

Pada akhirnya, mengalihkan aset SEO domain Anda sebelumnya ke target pasar Anda masih memerlukan banyak waktu. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa pada tahun 2019, Google lebih cenderung memberi peringkat pada situs web dengan konten berkualitas tinggi untuk istilah pencarian dibandingkan situs web yang sudah ada sejak lama.

Jangan asal beli website

Ada beberapa cara mudah untuk mengecek umur domain atau website. Anda dapat melakukan berbagai hal sederhana seperti, periksa situs web dan komentari halamannya. Anda juga bisa menggunakan alternatif lain seperti Google atau website tertentu. Dan ternyata memang benar umur domain mempengaruhi peringkat website dan SEO.

Namun, Anda juga harus memeriksa apakah website atau domain yang ingin Anda beli memiliki reputasi buruk. Karena hal ini pasti akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan anda. Jika Anda pembeli baru, Hosteko adalah satu-satunya tempat Anda dapat memeriksa domain dengan cepat dan mempelajari cara membuat situs web. Selain itu, Anda dapat membeli hosting secara langsung dan memilih layanan sesuai kebutuhan bisnis Anda.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

27 mins ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

1 hour ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

2 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago

Ini Dia Aturan Dan Cara Menjalankan PHP

Penulisan dan Aturan PHP Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, PHP memiliki aturan penulisan yang spesifik.…

1 day ago