HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Rekomendasi Aplikasi Hotspot Android Gratis

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi hotspot android gratis.Dengan berkembangnya dunia teknologi internet membuat pengguna menjadi lebih praktis jika ingin mengakses jaringan internet,di zaman sekarang menggunakan smartphone sebagai media sharing jaringan internet.Penggunaan ini tidak lepas dari kemajuan dunia internet dalam hal kecepatan transfer data pada layanan mobile terutama dengan teknologi 4G.Sehingga dengan kecepatan transfer data hingga puluhan mega byte per second(mbps)membuat pengguna smartphone bisa membagikan koneksi internet ke pengguna lain baik itu perangkat smartphone maupun pc.

Walau pada perangkat smartphone terbaru sudah terpasang fitur bawaan hotspot,namun untuk menambah tool & fitur yang ada maka kita bisa mengunduh aplikasi melalui layanan google playstore.Sebelumnya mari kita kenali apa itu hotspot?

Apa Itu Hotspot?

Hotspot merupakan suatu area dimana seorang client dapat terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC,laptop,notebook ataupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran tergantung dari kekuatan frekuensi atau signal.Area hotspot umumnya menggunakan peralatan dengan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g.Teknologi WLAN jenis ini mampu memberikan kecepatan akses data internet yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE.802.11b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11g) yang menjangkau area sinyal hingga 100 meter.

Fungsi Hotspot

Fungsi Hotspot : bisa melakukan koneksi internet seperti browsing,berkirim email,chatting transaksi bank,mendownload,hangout,maupun saat bertemu dengan rekan bisnis kalian dan lainnya.

Tipe Hotspot Tempat Umum

  • Gratis : Di gunakan oleh pengguna secara gratis.Biasanya layanan hotspot gratis adalah layanan tambahan dari pemilik usaha kepada pelanggan sehingga mampu memuaskan pelanggan.Adapun beberapa area yang menyediakan layanan hotspot gratis seperti di area hotel,uang konferensi, kedai kopi,area kampus, kafe dan masih banyk lagi lainnya.
  • Hotspot Berbayar ke Pemilik Gedung : Pengguna harus membayar langsung ke pemilik gedung untuk menalangi biaya leased line atau unlimited ADSL ke layanan Internet. Biasanya hotspot ini di terdapat di beberapa area publik seperti hotel,restoran dan kedai kopi. Hal ini di karenakan tidak semua hotel memberikan layanan wifi gratis.
  • Hotspot Berbayar ke Operator : Pengguna harus membayar langsung ke operator hotspot seperti Boingo dan iPass.Operator hotspot jenis ini biasanya yakni jaringan international secara global sehingga layanannya digunakan oleh pengguna yang sering berpindah tempat secara international dan mancanegara.

Berikut kami akan membahas beberapa aplikasi android yang bisa digunakan pengguna sebagai media untuk melakukan sharing sinyal hotspot :

Wifi Tethering Hotspot

Aplikasi ini digunakan sebagai media hotspot pada smartphone android.Dengan aplikasi ini maka kita bisa mengaktifkan fitur bawaan berupa Hotspot Wifi Portable dan Bluetooth yang dapat dioperasikan mudah dan cepat.Karena terdapat alat berupa shortcut yang mampu mempersingkat proses pengoperasian dibandingkan dengan cara biasanya.Ini adalah alat pintasan dan dapat menghemat lebih banyak langkah daripada operasi tradisional.

Fitur Wifi Tethering Hotspot :

  • Panggil pengaturan tethering wifi tertanam (Wifi Hotspot) dengan beberapa klik.
  • Panggil layar pengaturan Bluetooth tertanam dengan cepat.
  • Bagikan Internet kalian ke perangkat lain melalui koneksi wifi.
  • Dukungan aplikasi dua SD.
  • Peluncuran cepat dari bilah notifikasi.
  • Satu klik untuk masuk ke layar tethering wifi (fitur IAP).

Klik tombol “Mulai Tethering” dari bingkai utama.Kalian akan melihat jendela dialog yang menunjukkan peluncuran berhasil. Jika kalian ingin menghentikannya,klik “Stop Tethering“dari bilah notifikasi.Jika fungsi tersebut gagal,kalian akan melihat jendela dialog yang menampilkan “Sorry! You have to enable the Mobile Data function before using the tethering function.”

Netshare No Root Tethering

Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagi data seluler dan koneksi internet.Selain itu aplikasi ini bisa digunakan untuk memperluas koneksi Wifi.Aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone android versi 6.0 keatas dan lebih tinggi di mana fitur hotspot atau tethering diblokir.

Fitur Netshare No Root Tethering

  • Block Hotspot : Dengan fitur ini pengguna bisa mengabaikan dan memblokir pengguna yang mengakses jaringan hotspot tanpa izin.
  • Hidden Tethering : Dengan fitur ini bisa menyembunyikan proses tethering (berbagi koneksi internet) dan proses tethering tidak terdeteksi.
  • Create Portable Wifi : Dengan fitur ini bisa membuat hotspot wifi portable saat terhubung ke jaringan Wifi untuk berbagi koneksi internet dari perangkat kalian perangkat lain.
  • Tether Faster Bluetooth : Saat kalian menggunakan fitur tethering hotspot maka proses transfer data internet lebih cepat dibandingkan bila menggunakan mode bluetooth.
  • Perpanjang Sinyal Wifi : Bisa digunakan untuk memperpanjang sinyal Wifi sehingga jangkauannya lebih luas saat digunakan pengguna dan juga sinyal internet jadi terasa lebih kuat tidak putus-putus.

Clockworkmod Tether

Aplikasi ini bisa digunakan pada pc atau laptop kita yang memiliki sistem operasi Linux,Windows dan Mac untuk melakukan tethering (berbagi koneksi intenet) melalui hotspot.Meski aplikasi ini tidak membutuhkan proses root pada smartphone.Namun pengguna tetap harus menginstal tether software pada laptop atau pc untuk bisa menjalankannya dan bila pada laptop atau komputer tidak memiliki akses jaringan internet maka bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui smartphone android terlebih dahulu,kemudian dipindahkan ke PC melalui kartu SD.Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dengan masa percobaan hingga 14 hari.Setelah itu diharapkan untuk membelinya secara premium melalui aplikasi untuk mengupgradenya menjadi full version dan mendapatkan beberapa fitur tambahan.Aplikasi ini sendiri memiliki ukuran file sebesar 3.5 MB dan bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui playstore.

TP Link Tether

Aplikasi ini digunakan sebagai hotspot wifi dan juga menyediakan cara termudah untuk mengakses dan mengelola TP Link Router, Router xDSL, Range Extender dengan perangkat mobile kalian.Selain itu,aplikasi ini cocok digunakan oleh orang tua karena telah tersedianya fitur interface pengguna yang intuitif sehingga para orang tua bisa melihat status perangkat anak saat sedang online menggunakan jaringan hotspot milik orang tua menggunakan aplikasi ini.

Fitur TP Link Tether :

  • Setup SSID : Bisa melakukan pengaturan SSID (Service Set Identifier) sehingga pengguna bisa membuat nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan wifi pada smartphone kita.
  • Setup ADSL : Bisa melakukan pengaturan ADSL (Asymmetric Digital Suscriber Line) sehingga pengguna bisa mentransfer data dengan kecepatan berbeda dari satu perangkat ke perangkat lain.
  • Setup Password : Bisa membuat sebuah kata sandi pada jaringan hotspot wifi di smartphone sehingga jaringan hotspot wifi jadi lebih aman dan tak bisa diakses oleh sembarang orang.
  • Block User : Bisa memblokir pengguna yang mengakses jaringan hotspot tanpa izin.Sehingga saat sudah diblokir maka pengguna tersebut tidak bisa melihat nama jaringan wifi lagi.
  • Parental Control : Para orang tua bisa mengontrol jadwal dan managemen akses internet anak berbasis link url.
  • Manage Permission : Bisa mengelola hak akses perangkat lain pada wifi hotspot di smartphone kita.
  • Find Location : Bisa mencari lokasi terbaik untuk menempatkan range extender kita.
  • Automatic turnoff LED : Bisa mematikan lampu LED secara otomatis pada waktu tertentu yang bisa disesuaikan dan diatur.
  • Manage Most Tp Link Device : Bisa mengelola sebagian besar perangkat TP Link secara bersamaan.

Mobile Hotspot

Aplikasi ini memiliki tampilan dengan desain yang sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya dan juga aplikasi ini memiliki widget yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan hotspot portable pada smartphone androidnya.Mobile HotSpot menunjukkan jumlah perangkat yang terhubung ke hotspot kalian serta dapat mendefinisikan timer untuk mematikan HotSpot secara otomatis setelah beberapa menit.Secara otomatis mengaktifkan HotSpot kalian saat menghubungkan ponsel pada AC atau daya USB.Dengan cara yang sama,karena memutuskan hubungan telepon dari sumber listrik kalian dapat secara otomatis mematikan aplikasi HotSpot.

Aplikasi Mobile Hotspot sendiri memiliki beberapa mode dalam pengoperasiannya :

  • Tanpa Sandi : Bisa membagikan koneksi internet pada smartphone android ke pengguna lain melalui jaringan hotspot tanpa kata sandi. Cara mengaktifkan mode hotspot tanpa password :
    • Nyalakan Mode Hotspot di HP kalian.
    • Lalu Smartphone pengguna lain melakukan Tethering dengan Sinyal Hotspot kalian.
    • Pengguna lain pun langsung bisa terhubung dengan koneksi Internet melalui sambungan Wifi kalian.
  • Dengan Sandi : Bisa membuat kata sandi pada saat mengaktifkan sinyal hotspot wifi pada smartphone.Sehingga tidak semua pengguna bisa mengakses jaringan hotspot dan pengguna yang ingin masuk harus meminta password.
  • Cara mengaktifkan hotspot dengan kata sandi :
    • Buat dan Ketikan Nama Hotspot Wifi kalian.
    • Buat Password/Kata Sandi Hotspot Wifi kalian.
    • Setelah Pengaturan selesai,Klik Tombol Simpan.
    • Aktifkan Mode Hotspot Wifi pada smartphone.
    • Selesai.bagi pengguna lain yang ingin masuk ke jaringan hotspot harus mengetikan kata sandi yang telah kalian buat.

PDA.Net +

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bisa berbagi koneksi internet dari smartphone android ke laptop atau PC.Dengan berbagai fitur yang dimiliki ternyata aplikasi ini dapat digunakan secara langsung tanpa harus melakukan proses root pada smartphone.Namun penggunaan fitur pada aplikasi ini terbatas bila tanpa root.Dengan ukuran file kecil tidak lebih dari 1 MB (Mega Byte) tentu aplikasi ini tidak membebani kapasitas RAM smartphone pengguna dan proses download pun cepat.Jika ingin memasang aplikasi PDA.Net+ di smartphone kalian bisa download diplay store.

Fitur Aplikasi PDA Net+ :

  • Mode Wifi Direct Hotspot : Bisa berbagi koneksi internet dari smartphone android ke komputer atau tablet menggunakan jaringan wifi yang berada di area hotspot.Fitur ini dapat digunakan khusus pengguna yang memiliki smartphone versi 4.1 keatas.
  • Mode Hotspot Foxfi : Bisa menggunakan mode hotspot dengan fitur lama karena fitur ini masih terdapat pada aplikasi PDA Net+. Namun kekurangan mode ini adalah fitur Hotspot Foxfi sudah tidak berfungsi pada beberapa tipe ponsel baru karena upgrade yang dilakukan oleh operator seluler.
  • Mode USB : Bisa membagikan koneksi internet ke perangkat lain melalui sambungan USB.Fitur ini dapat di gunakan pada semua ponsel android kecuali beberapa model ZTE dan alcatel.Fitur ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac.
  • Mode Bluetooth : Bisa menghubungkan perangkat windows dengan perangkat lain.Walau fitur ini jarang digunakan oleh pengguna.

Portabel Wi-Fi Hotspot

Aplikasi ini digunakan sebagai pengganti dari fitur hotspot bawaan bila hotspot bawaan mengalami kerusakan seperti tidak mendeteksi sinyal wifi.Dengan aplikasi ini juga bisa mengubah nama jaringan Wi-Fi Ponsel (SSID) dan mengamankan jaringan Wifi ketika dijadikan sebagai hotspot portable.Kalian akan lebih mudah berbagi data dengan jaringan 3G maupun di jaringan 4G, dan aktifitas kalian akan lebih cepat dan lebih mudah.Sama seperti aplikasi hotspot lainnya,aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kalian untuk mengakses internet pada ponsel android kalian.Pada aplikasi ini kalian bisa mengatur nama dan password sesuai keinginan kalian,untuk menambah keamanan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakannya.Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi Portable Wifi Hotspot ini bisa mengunduh di Google Playstore.

 Data Sharing Tethering

Aaplikasi ini dapat menjadikan perangkat android sebagai hotspot.Di sini tidak hanya bisa berbagi data,tetapi mengontrol data tersebut.Tentu kalian tidak ingin jika tiba-tiba mengetahui data habis terpakai.Aplikasi ini memberikan informasi detail mengenai konsumsi seluler setiap perangkat yang tersambung ke hotspot kalian dan menampilkan grafik penggunaan data harian secara rinci.Selain itu,juga dapat mengatur batasan maksimum data yang dapat digunakan.

Penggunaan : Untuk berbagi melalui hotspot WiFi  : Buka aplikasi,klik tombol start,berikutnya klik tombol WiFi AP.Setelah hotspot WiFi diaktifkan,cari nama WiFi pada perangkat kalian yang ingin terhubung,jika tidak tahu nama,kalian dapat memeriksa di dalam pilihan menu pengaturan Tethering dan di pengaturan hotspot WiFi.Selain itu,pengaturan memungkinkan kalian untuk mengkonfigurasi password dan pengaturan wifi lain.

Berbagi melalui Bluetooth :

Buka aplikasi,klik tombol start dan klik tombol Bluetooth,untuk sistem pengaturan bluetooth dan pilih perangkat kalian yang ingin berbagi data mobile dengan memasangkan dengan perangkat kalian (jangan lupa untuk mengaktifkan cek data bersama).

Berbagi melalui USB :

Menginstal driver USB perangkat kalian,menghubungkan laptop melalui kabel USB dan membuka aplikasi,klik pada tombol start,mengikuti, klik tombol USB. Jika perangkat kalian tidak berakar,pengaturan sistem tethering akan dibuka.Aktifkan USB tethering dari sana.Perangkat kalian sekarang penarikan lebih dari USB.

Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Apa itu Mail Server? Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

Mail server pada dasarnya adalah sistem komputer yang bertindak sebagai agen untuk mengirim email. Mail…

14 hours ago

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

17 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

2 days ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

2 days ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

4 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

4 days ago