HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengetahui Pentingnya Disclaimer Untuk Sebuah Bisnis

Di era serba internet seperti sekarang ini sangat memberikan kemudahan bagi siapa pun untuk memulai situs web mereka sendiri.Kalian tidak perlu dukungan suatu perusahaan atau organisasi untuk memulai dan menjalankan web karena setiap individu dengan akses internet dapat memiliki situs langsung online hanya dalam beberapa menit.Jika ingin memulai bisnis sendiri,situs web memberi kalian akses ke jutaan pelanggan potensial dengan investasi yang sangat kecil.

Jika kalian memiliki dan mengoperasikan blog atau situs web lain,kalian harus sangat mempertimbangkan untuk menambahkan disclaimer yang dapat berpotensi melindungi kalian dari beberapa bentuk tanggung jawab hukum,tapi apa yang dimaksud dengan disclaimer itu ?

Apa Itu Disclaimer ?

Disclaimer merupakan pemberitahuan yang ditempatkan di situs web kalian sebagai upaya membatasi tanggung jawab kalian atas hasil penggunaan situs.Bahkan jika kalian tidak terlalu memikirkannya sebelumnya,pasti telah melihat disclaimer di seluruh web.Hampir setiap situs web memiliki disclaimer dan kalian harus melakukannya jika mempunyai situs web.Meski disclaimer tentu tidak dapat mengesampingkan kemungkinan tindakan hukum yang akan terjadi di masa mendatang,namun hal itu dapat membantu melindungi kepentingan terbaik kalian.Untuk sebuah bisnis disclaimer penting karena dimaksudkan untuk melindungi bisnis kalian dari tindakan hukum dan klaim kewajiban tertentu.Sebagai contoh perusahaan kalian menulis informasi di buku dan internet.Di sini,tujuan disclaimer adalah untuk membatasi aspek kontrak maupun hak dan kewajiban hukum dari konten tersebut.

Selain untuk konten,bagian lain dari situs kalian yang dapat dilindungi oleh Disclaimer mencakup potensi masalah hak cipta,penularan virus, dan banyak lagi.Secara teknis,hampir semua hal yang kalian tempatkan di situs kalian dapat ditangani melalui penggunaan disclaimer.Perlu digaris bawahi bahwa penggunaan disclaimer tidak menghilangkan kemungkinan gugatan.Siapa pun dapat mengajukan gugatan kapan saja dengan alasan apapun, baik kalian memiliki disclaimer atau tidak,namun dengan telah menyatakan adanya disclaimer lebih dahulu,setidaknya pernyataan itu akan dapat membantu kalian.

Fungsi Dan Manfaat Penggunaan Disclaimer

Beberapa fungsi dasar dari disclaimer,sebagai berikut :

  • Melindungi Hak

Dengan isclaimer dapat membantu melindungi hak kalian atas kekayaan intelektual dari pelanggaran oleh orang lain.Dengan asumsi bahwa karya kalian bersifat sastra atau artistik,disclaimer dapat berisi klaim kepemilikan atas hak cipta konten kalian.Sebuah pernyataan disclaimer dapat menghalangi orang lain untuk menggunakan konten tanpa izin kalian.Bentuk kekayaan intelektual lainnya akan sepenuhnya dilindungi hanya setelah pendaftaran sesuai undang-undang.Jika kekayaan intelektual terdiri dari solusi teknis untuk suatu masalah,kalian harus mengajukan paten.Di sisi lain,jika kalian ingin mengklaim kepemilikan atas kata,frasa,simbol dan desain yang mengidentifikasi barang atau jasa kalian,lebih baik mendaftarkan merek dagang.

  • Membatasi kewajiban

Berfungsi sebagai peringatan dan cara untuk mengurangi risiko,disclaimer melindungi kalian dari tanggung jawab.Siapapun yang membaca pelepasan tanggung jawab hukum kalian harus memahami risiko yang terlibat dalam menggunakan situs web atau bertindak berdasarkan informasi di dalamnya yang akan menjelaskan kewajiban kalian kepada pembaca.Disclaimer memberi tahu pembaca tentang kualifikasi atau latar belakang,serta membatasi ruang lingkup kewajiban kalian kepada mereka.Ini sangat berguna ketika kalian memberi nasihat di bidang yang belum tentu dalam keahlian kalian.

  • Melepaskan tanggung jawab pihak ketiga

Mungkin ada contoh ketika pihak ketiga dapat berinteraksi dengan pelanggan atau klien kalian melalui situs web atau blog,sehingga membuat kalian bertanggung jawab atas tindakan atau pernyataan mereka.Situs web atau akun media sosial kalian,misalnya : mengizinkan adanya komentar atau iklan dari pihak lain.Dalam kasus ini,disclaimer akan melindungi kalian dari tanggung jawab yang timbul dari tindakan orang-orang yang berkomentar atau beriklan di situs web atau halaman.

  • Melindungi perusahaan

Jika kalian tergabung dalam sebuah organisasi atau perusahaan,situs web atau blog kalian dapat dengan mudah ditautkan ke perusahaan atau organisasi yang dapat merusak kalian dan organisasi atau perusahaan tersebut.Dalam hal ini,disclaimer dapat mengklarifikasi bahwa pendapat kalian semata-mata adalah pendapat kalian dan tidak mencerminkan pandangan organisasi atau perusahaan.Penting bagi kalian untuk memperhatikan bahwa disclaimer tidak akan sepenuhnya melindungi dari tanggung jawab.Misal,kalian masih dapat dimintai pertanggungjawaban jika seseorang terluka karena kelalaian atau jika gagal melakukan sesuatu yang diwajibkan oleh hukum.Meski demikian, menulis dan meletakkan disclaimer di situs web tetap bermanfaat untuk melindungi bisnis kalian.

Apa Itu Copyright Disclaimer ?

Biasanya digunakan agar tidak ada orang yang berani menyamai konten yang dibawakan.Hal yang sering terjadi yakni orang-orang tidak bertanggung jawab mengambil video orang lain hanya dengan sedikit di copy.Disini bukan berarti tidak bisa menggunakan karya orang lain,namun terdapat beberapa karya yang membuatnya harus melalui proses sulit dan dikemas untuk hasil karya pribadi.Jika hasil karya seperti musik,gambar,tema video yang bisa diunduh dan digunakan oleh siapapun maka akan terdapat kalimat no copyright.

Tips Membuat Disclaimer

Berikut kita ulas beberapa tips membuat disclaimer di bawah ini :

  • Menjelaskan Detail Produk atau Layanan 

Pastikan kalian menjelaskan produk atau layanan bisnis secara detail.Contoh dengan menambahkan keterangan mendetail bahwa produk/layanan tersebut bagus digunakan untuk siapa dan tidak disarankan untuk siapa.Sampaikan juga bahwa kalian tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi di luar kuasa,terutama jika konsumen tetap melakukan hal yang sudah ditulis dalam disclaimer.

  • Sampaikan Bahwa Kalian Adalah Pemilik Hak Cipta Produk atau Layanan 

Disclaimer harus mencerminkan bahwa kalian adalah pemegang hak cipta sah dari semua materi bisnis.Artinya,orang lain tidak dapat menggunakan,menduplikasi,menerbitkan atau mencetak ulang tanpa persetujuan tertulis dari kalian.

  • Berhak Mengganti Informasi di Situs Bisnis.

Menjelaskan bahwa kalian sewaktu-waktu dapat mengubah konten produk atau layanan.Misalnya dengan menghapus atau menambah informasi,syarat ketentuan penggunaan dan hal-hal penting lain.

Contoh Disclaimer

Berikut beberapa contoh kalimat disclaimer :

  • Setiap testimoni dari contoh produk dan layanan ini,tidak boleh dianggap sebagai jaminan bahwa kalian akan mencapai hasil yang sama atau serupa dengan yang lain.
  • Pastikan kalian tidak memiliki kulit sensitif jika memakai produk kecantikan ini.
  • Kami hanya menjual baju dengan ukuran all size dan tidak menyediakan baju berdasarkan ukuran S, M, L, XL, dan sebagainya.

Cara Membuat Disclaimer

Ada dua cara membuat disclaimer yakni dengan cara generator atau otomatis dengan cara manual.Dari pada membuat secara manual,lebih mudah menggunakan cara otomatis menggunakan disclaimer generator.

  • Isi data-data dari mulai Judul Situs,Link Situs,Link Kontak,Email Kontak dan Centang No Encryption.Setelah itu klik tombol Generator Disclaimer.

  • Lalu Copy seluruh script yang sudah disediakan seperti gambar berikut :

  • Setelah itu membuat halaman untuk meletakkan script tadi dan perlu diingat halaman yang dibuat,bukan postingan.
  • Masuk ke menu wordpress Laman dan Tambah Baru.Setelah itu buatlah judul Disclaimer dan ubah dari mode Visual jadi Teks dan paste script tadi.
  • Untuk pengguna blogger,silahkan login akun blogger kalian.Pilih Laman,lalu pilih Laman Baru untuk menempatkan script tadi,Ketikkan judulnya Disclaimer dan ubah mode Compose menjadi HTML dan paste script tadi.
  • selesai.

Menulis Disclaimer untuk Blog atau Situs Web Pribadi

Bagian terbaik dari menulis disclaimer blog adalah bisa serius atau ringan,sesuai dengan jenis blog kalian.Berikut ini adalah poin yang perlu dimasukkan dalam disclaimer blog tanpa gagal :

  • Sebagai penulis bertanggung jawab penuh atas konten kalian harus menghindari pelanggaran hak cipta dan hal-hal seperti pencemaran nama baik, yang dapat membawa ke masalah serius.Jangan lupa untuk mengutip sumber dengan tepat jika diminta.
  • Perlu secara eksplisit menyatakan bahwa karya kamu orisinal,mungkin fiksi,tidak diilhami atau disalin dari karya apa pun yang dilindungi, yang diterbitkan sebelumnya dengan sengaja, atau ditulis dengan maksud untuk melukai perasaan atau reputasi setiap individu atau pembaca.atau bisa juga menyatakan bahwa kalian tidak bertanggung jawab atas interpretasi konten yang berbeda dari yang kalian maksudkan.

Contoh :

Disclaimer :

Semua konten di blog ini benar-benar asli,tidak didasarkan pada postingan blog lain,artikel majalah atau buku apa pun,karena itu saya menyesal saya mirip dengan yang disebutkan di atas dan ingin meyakinkan bahwa itu tidak disengaja. Selain itu, saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun yang membaca blog ini,jika sesuatu yang ditulis dapat dianggap menyakitkan bagi komunitas atau orang mana pun, saya minta maaf.

Akurasi Informasi

Kamu harus menyebutkan tingkat keakuratan informasi yang diberikan di blog, di disclaimer kalian. Jika baru saja menyatakan pendapat kalian tentang suatu hal di blog kalian, jangan lewatkan poin itu di disclaimer,sarankan pembaca untuk berkonsultasi dengan para ahli atau profesional sebelum membuat keputusan besar berdasarkan informasi yang dipublikasikan di situs web atau blog kalian dan menyatakan apakah kalian telah ditawari imbalan dengan imbalan menulis postingan atau jika postingan kalian disponsori dengan cara lain apa pun.

Contoh :

Disclaimer :

Pendapat yang diungkap dalam blog ini merupakan pandangan saya sendiri dan telah mendasarkan ulasan pada pengalaman pribadi setelah membeli dan menggunakan produk-produk ini tidak memiliki afiliasi dengan produsen, juga blog saya disponsori oleh salah satu dari mereka. Saya juga tidak bisa menjamin kemutlakan saran saya.Gunakan kebijaksanaan sebelum membeli atau menggunakan produk apa pun, dan cari penasihat profesional jika ada masalah.

Tanggung Jawab

Banyak blog dihosting oleh domain yang besar dan situs web tersebut memungkinkan iklan pihak ketiga muncul di blog kalian.Untuk melindungi reputasi,kalian dapat memposting disclaimer yang mengatakan bahwa tidak ada hubungannya dengan tautan apa pun ke halaman di luar blog kalian.Blog kalian dapat memicu rentetan komentar.Untuk membersihkan kalian dari tanggung jawab atas sifat komentar yang bisa berupa apa saja, mulai dari menyakitkan atau rasis,hingga debat mini yang menawarkan saran yang sejajar dengan jenis yang kalian berikan melalui blog kalian,maka harus memastikan bahwa kalian jelas menyatakan itu juga di disclaimer blog kalian.

Hal lain yang perlu diingat bahwa,seandainya kalian dipekerjakan oleh atau mewakili organisasi lain,wajib menulis di disclaimer bahwa pandangan atasan kalian tidak terwakili di blog kalian.

Contoh :

Diclaimer :

Pendapat dalam blog ini bersifat pribadi dan semua organisasi yang terkait dengan saya, tidak tersirat dalam apa pun yang ditulis oleh saya. Tautan iklan yang ditampilkan di berbagai halaman blog juga tidak ada hubungannya dengan saya dan tidak mencerminkan minat atau dukungan pribadi saya dengan cara apa pun. Selain itu,sebagai penulis blog ini, saya tidak bertanggung jawab atas komentar yang diposting di blog ini dan tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas sesuatu yang tidak akurat,tidak sensitif,rasis,memfitnah atau tidak senonoh.

Kepemilikan

Jika ingin melindungi konten yang ditulis,kalian juga bisa menyebutkan kepemilikan pada disclaimer.Bagian ini bersifat opsional dan bervariasi dari blog ke blog tergantung pada konten.Ada berbagai undang-undang berlaku berdasarkan lokasi kalian,yang perlu kalian perhatikan sebelum mengambil kepemilikan dan membuat pernyataan menyeluruh untuk mereproduksi konten kalian.Hal lain yang dapat dinyatakan adalah bahwa jika seseorang memutuskan untuk membagikan atau mereproduksi konten kalian dan niat mereka disalahgunakan,kalian tidak dapat dianggap bertanggung jawab.

Contoh :

Disclaimer :

Saya berhak untuk menghentikan sebentar atau sepenuhnya mematikan blog ini.Komentar di blog saya terbuka untuk dibaca semua orang dan saya tidak bertanggung jawab kepada siapa pun atas apa pun yang tidak ditulis oleh saya.Konten yang diterbitkan di blog ini,meskipun bukan hak cipta,hanya untuk menghibur pembaca dan jika itu direproduksi atau dibagikan secara keseluruhan di platform lain, saya tidak bertanggung jawab secara pribadi atas penyalahgunaan konten ini.

Kesimpulan

Disclaimer secara potensial melindungi kalian jika tindakan hukum diambil terhadap situs web kalian.Misal,jika kalian digugat karena informasi di situs kalian tidak akurat dan mengakibatkan kerugian bagi seseorang,mungkin dapat menunjukkan pelepasan hukum disclaimer di pengadilan sebagai cara untuk melindungi diri dari tuntutan.Argumen ini mungkin tidak terlalu nyata di pengadilan ,tapi begitu cara kalian menggunakan sanggahan di dunia nyata.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

4.2/5 - (4 votes)
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

21 hours ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

22 hours ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

2 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

2 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

4 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

4 days ago