HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Microsoft Imagine

Apa itu Microsoft Imagine?

Microsoft Imagine adalah program Microsoft yang bertujuan untuk menyediakan desain software/ perangkat lunak dan alat pengembangannya, tanpa biaya, bagi pelajar. Sebelumnya, program ini lebih dikenal sebagai DreamSpark dan MSDN-AA.

Sejarah Singkat Microsoft Imagine

Program ini resmi diumumkan oleh Bill Gates sebagai bagian dari DreamSpark, pada 20 Februari 2008. Pada saat itu, Bill Gates hadir berpidato di Stanford University. Pihak Microsoft waktu itu memperkirakan ada 35 juta siswa dapat mengakses berbagai macam software dari program Microsoft ini secara gratis.

Layanan ini kemudian diubah namanya menjadi Microsoft Imagine pada tanggal 7 September 2016. Hal ini dilakukan untuk lebih selaras dengan kompetisi tahunan Imagine Cup yang juga diselenggarakan oleh Microsoft.

Manfaat Microsoft Imagine

Ada banyak tentunya manfaat dari akses program satu ini, terutama bagi yang belajar dengan jurusan teknologi dan informatika. Selain bisa mendapat program-program resmi yang orisinil dari Microsoft juga bisa belajar banyak soal penggunaan berbagai software itu sendiri dari website yang tersedia.

Cara Mendapatkan Akses Microsoft Imagine

Program ini sebenarnya banyak tersedia bagi universitas/ perguruan tinggi khususnya siswa sekolah-sekolah IT, di lebih dari 120 negara.

Untuk mendaftar, pelajar harus mengunjungi situs web Microsoft Imagine dan verifikasi identitas lewat lembaga masing-masing (.EDU) yang telah di verifikasi. Jika institusi tidak masuk dalam daftar yang tersedia, pengguna sebenarnya bisa secara manual verifikasi status siswa dengan mengunggah bukti semacam kartu identitas (biasa disebut Kartu Tanda Mahasiswa).

Jadi, bila masih berstatus pelajar/ mahasiswa di sebuah institusi pendidikan. Coba cek apakah kampus/ sekolah memiliki kerjasama dengan Microsoft dan memberi akses ke program ini. Tentunya tidak perlu lagi memakai Windows palsu atau membeli software-software sendiri dengan harga yang lumayan mahal.

Cara Menggunakan Microsoft Imagine

Berikut adalah beberapa daftar pertanyaan mendasar yang bisa dijadikan panduan umum penggunaan program ini, yaitu :

1. Bagaimana cara akses Microsoft Imagine?

Caranya sangat sederhana. Cukup dengan mengunjungi link “create an account”, verifikasi status  sebagai mahasiswa dan tinggal download software dari website Microsoft Imagine tanpa dikenakan biaya apapun.

2. Bagaimana caranya untuk verifikasi status saya sebagai pelajar?

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Masukkan alamat email institusi pendidikan

Masukkan alamat email universitas/ institusi pendidikan, jika universitas sudah terdaftar dan meregistrasikan domainnya maka status akan di verifikasi secara langsung.

  • Login dengan Shibboleth

Masukkan akun universitas, jika universitas sudah terdaftar dan telah mengatur single-sign on lewat Shibboleth, maka status akan di verifikasi langsung.

  • Gunakan Microsoft Imagine Verification Code

Jika bekerja dengan seseorang dari Microsoft dan menunjukkan padanya kartu identitas pelajar, orang ini bisa bantu untuk memverifikasi status sehingga bisa mengakses Microsoft Imagine.

3. Apakah aksesnya hanya untuk mahasiswa dari universitas besar?

Dapat mengakses Microsoft Imagine meskipun bukan pelajar dari perguruan tinggi yang ter-akreditasi. Microsoft percaya bahwa kekuatan internet terletak pada konsep openly-sharing. Dengan komitmen ini, Microsoft dapat memberikan kemudahan akses tanpa melihat latar belakang background Universitas.

DreamSpark/Imagine : Perbedaan Windows 10

Salah satu jenis sistem operasi yang paling populer saat ini adalah Windows 10. Windows 10 ini sendiri di Microsoft Imagine terdiri dari beberapa versi, antara lain :

  • Windows 10 EDU
  • Windows 10 (Multiple Editions)
  • Windows 10 (Multiple Editions) Debug/Checked
  • Windows 10 IoT Core
  • Windows 10 IoT Core for MinnowBoard MAX
  • Windows 10 IoT Core for Raspberry Pi 2
  • Windows 10 Multiple Editions Version 1607
  • Windows 10 N Multiple Editions Version 1607
  • Windows 10 Symbols
  • Windows 10 Symbols Debug/Checked
  • Windows 10 Mobile
  • Windows 10 Language Interface Pack
  • Windows 10 Language Pack
  • Windows 10 Features on Demand

Kali ini tidak akan membahas semua poin diatas, tapi hanya sebagian kecil saja. Setidaknya mahasiswa yang ingin menginstall sistem operasi Windows 10 bisa menentukan tipe yang paling cocok untuk penggunaan di laptop.

1. DreamSpark/Imagine : 32bit atau 64bit

Tidak semua orang, bahkan terkadang mahasiswa jurusan komputer pun tidak mengerti perbedaan antara 32bit dan 64bit. Secara mudahnya, sistem operasi 32bit (x86) hanya bisa maksimal mendeteksi penggunaan memori atau RAM sebesar 3GB. Sedangkan sistem operasi 64bit (x64) bisa mendeteksi penggunaan memori atau RAM diatas 3GB.

Jadi, ketika membeli laptop baru, usahakan memahami berapa besar memori/RAM yang “menempel” di laptop tersebut. Jika prosesor sudah Core i3 keatas tapi memori/RAM masih 2GB, mungkin bisa dipertimbangkan untuk langsung upgrade memori di tempat membeli laptop. Karena selain bisa dapat diskon khusus, setelah pemasangan memori/RAM, laptop tetap mendapat stiker garansi. Akan berbeda jika membeli memori/RAM di tempat lain.

2. DreamSpark/Imagine : Windows 10 Education Edition

Versi windows ini secara fitur hampir mirip dengan versi windows Enterprise. Satu-satunya fitur yang tidak tersedia pada versi edukasi ini adalah Cortana.

3. DreamSpark/Imagine : Windows 10 Multiple Edition

Pada versi windows ini, berisi Windows 10 Home dan Windows 10 Pro. Secara fitur, tidak selengkap versi Education, hanya saja ada fitur Cortana disini.

4. DreamSpark/Imagine : Windows 10 IoT Core

Versi Windows 10 IoT Core ditujukan untuk para pengembang robotik. Windows 10 IoT Core memang ditujukan untuk PC dengan spesifikasi rendah seperti Raspberry Pi, MinnowBoard Max dan Galileo. Jadi, tidak direkomendasikan menggunakan versi ini di laptop/pc.

5. DreamSpark/Imagine : Edisi N

Edisi N sendiri telah ada sejak jaman Windows XP, dimana fitur Windows Media Player tidak disertakan dalam paket software Windows versi N. Hal ini di latar belakangi oleh tuduhan Komisi Eropa pada tahun 2004 di mana Microsoft dianggap melakukan praktek monopoli. Uni Eropa memutuskan bahwa dengan bundling Media Player dengan Windows, Microsoft bertindak tidak adil terhadap pesaingnya.

Jika menjalankan Windows 10 versi N atau KN dapat menambahkan fungsi Media Player dengan update kecil.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago