HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Teknologi Yang Terinspirasi Dari Tumbuhan

Sampai sekarang sudah tercatat ada cukup banyak teknologi-teknologi yang inovasinya terinspirasi dari tumbuhan,terutama inovasi dari struktur jaringan tumbuhan.Teknologi yang dimaksud bukan hanya berkutat pada mesin saja.Namun juga beberapa alat terapan yang bersifat seperti pesawat sederhana.Jadi alat-alat ini dapat membantu manusia dalam memudahkan pekerjaan.

Pada faktanya,teknologi memang terus berkembang setiap saat,hal ini berkesinambungan dengan kecerdasan manusia yang juga meningkat. Semakin banyaknya teknologi yang rilis dan diproduksi, semakin mudah pula aktivitas manusia.Untuk menciptakan sebuah teknologi ada berbagai inspirasi yang bisa didapatkan dari mana saja.Nah,tumbuhan juga bisa memberikan sebuah inovasi bagi para peneliti untuk membuat sebuah teknologi.

Berikut ini kita akan membahas apa saja teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan :

1.Electree

Electee merupakan teknologi yang berupa charger tenaga surya yang terinspirasi dari tumbuhan,tepatnya pohon bonsai.Electree berbentuk seperti pohon bonsai,hanya saja benda ini merupakan sebuah teknologi yang memudahkan aktivitas manusia.Bagian dari pohon bonsai yang menginspirasi peneliti akan teknologi ini yaitu pada bentuknya.Berbentuk mirip dengan pohon bonsai,tetapi Electree ini terinspirasi juga oleh proses fotosintesis pada tumbuhan.

Sama halnya dengan Biophotovoltaic Moss Table yang juga terinspirasi oleh proses fotosintesis.Penemu inovasi ini,bernama Vivien Muller.Orang ini telah mendesain teknologi Electree sebanyak 27 daun sel surya.Setiap daun sel surya yang ada dibekali dengan amorphous-silicon dengan kualitas tinggi guna menghasilkan manfaat dari teknologi ini.

Ukuran masing-masing daun pada Electree adalah 3,7 inci persegi atau sekitar 10 Cm.Karena didesain mirip dengan pohon bonsai,daun-daun yang berupa sel surya ini dibuat menjulur ke atas atau vertikal dengan sebuah lengkungan kecil di setiap dahannya.Dalam satu paket Electree, ada sebanyak 14.000 mAh energi yang bisa disimpan.Jumlah energi ini cukup untuk mengisi penuh handphone iPhone 5.Jumlah energi  tersebut juga penuh untuk mengisi daya handphone iPhone 5 tidak hanya sekali,melainkan 9 kali.Karena bersangkutan dengan pengisian daya handphone,maka Electree dibekali dengan perangkat lain berupa port USB.

Ada 2 port USB yang dapat untuk semua jenis slot smartphone.Beberapa smartphone canggih masa kini dapat menambahkan fitur wireless charging dan hal ini bisa terjawab sudah oleh Electree.Electree juga memberikan fitur wireless charging untuk smartphone yang juga mendukung fitur ini.Kedepannya, alat yang terinspirasi dari tanaman ini diharapkan dapat diterapkan juga pada mobil listrik.Di era digital seperti saat ini,banyak orang yang membutuhkan alat-alat portable.Karena Electree menjadi salah satu alat yang ukurannya tidak terlalu berat,tentunya sangat dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

2.Velcro

Velcro merupakan nama lain dari perekat. Ya,perekat yang biasa ditempelkan pada kain, topi, dan material lain yang digunakan untuk merekatkan.Velcro dipasang secara berlawanan pada kulit,karena untuk menyatukan dua kain yang arahnya berbeda.

Rupanya,Velcro ini dibuat sejak waktu yang silam dengan terinspirasi oleh duri tumbuhan.Di sisi lain berupa duri-duri yang cukup tajam sedangkan sisi lainnya berupa material halus.Dua tekstur material berbeda ini bisa bekerja berkesinambungan dan bisa saling melekat.Velcro dapat ditempelkan di dipisahkan.Saat dipisahkan,velcro akan mengeluarkan bunyi keras yang sangat khas.

Teknologi yang berupa perekat tempel-pisah ini tadinya terinspirasi oleh suatu keadaan dimana duri tumbuhan menempel pada bulu anjing. Sama halnya dengan velcro ini.Di sisi lain berupa duri dan di sisi lain berupa benang permukaan halus.Dialah seorang insinyur listrik bernama George de Mestral yang mendapatkan inspirasi membuat teknologi ini.Saat itu George de Mestral menemukan velcro pada tahun 1948.Tidak langsung dipatenkan,George de Mestral harus menunggu sampai tahun 1955 untuk dipatenkan teknologi yang dibuatnya ini.

Pada tahun 1941,saat sedang meneliti sebuah duri-duri yang menempel pada pakaian dan rambut.Hal ini diamati menggunakan mikroskop.Velcro berasal dari kata velours yang artinya beludru dan crochet yang artinya kait.Dua istilah ini diambil dari Bahasa Perancis. Saat ini,hampir semua produk fashion menggunakan velcro.Banyak nama lain dari velcro di berbagai daerah,misalnya keretan atau kretekan.Intinya,memang velcro dapat menimbulkan bunyi “kretek” ketika dilepas antara satu sisi dengan sisi lainnya.

George de Mestral menggunakan berbagai bahan yang memiliki sifat dapat melekat secara sempurna antara satu sisi dengan sisi lainnya.Hal ini penting mengingat fungsi utama velcro adalah untuk melekatkan dua sisi.

Pada alat apa saja velcro dapat ditemukan ?

  1. Sepatu tanpa tali.Sepatu tanpa tali selalu direkatkan dengan 2 komponen, antara magnet atau velcro. Sepatu jenis ini memang memiliki sisi kerekatan sendiri sehingga cocok digunakan oleh anak-anak.
  2. Baju dan tas juga banyak yang menggunakan velcro,bahkan saat ini banyak juga media pembelajaran yang memakai bahan velcro untuk anak-anak hingga Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) jenis autisme untuk pembelajaran Picture Exchange Communication System (PECS).Caranya dengan melekatkan gambar-gambar dengan velcro yang kasar.Lalu di papan flanel atau yang sudah ditempeli oleh velcro halus gambar tersebut digunakan untuk berkomunikasi.Anak autis akan dapat menyamakan gambar,menyampaikan perasaan dan mengetahui jadwal dengan bantuan velcro pada media pembelajarannya.
  3. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

3.Pemurni Udara Andrea

Teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan ini memiliki fungsi yang sifatnya sederhana namun dampaknya luar biasa.Dengan pemurni udara Andrea orang dapat menaruh tumbuhan di dalam ruangan dengan mengambil manfaat yang lebih.Teknologi terapan ini adalah sebuah alat yang mampu mempercepat kinerja tanaman bernama Andrea Air Purifier.Fungsi dari teknologi ini sama dengan fungsi tumbuhan,hanya saja prosesnya menjadi lebih cepat.

Cara menggunakan pemurni udara Andrea ini,kalian hanya tinggal menaruh tanaman di dalamnya.Bahkan,tanaman yang dipilih pun bisa bebas,tanaman apa saja.Tanaman yang ditaruh di dalam pemurni udara Andrea ini akan bekerja seperti biasa,yaitu mengolah udara yang buruk untuk menjadi udara yang lebih bersih dan teknologi ini akan mempercepat prosesnya.

Pemurni Udara Andrea didesain seperti toples makanan yang mana nantinya udara yang terisi bakteri dan virus akan menempel pada sisi atas, setelah diolah oleh tumbuhan yang ada didalamnya,lalu udara bersih akan segera dikeluarkan melalui bagian bawah teknologi ini.Adanya kipas yang ditaruh di bagian bawah membuat udara bersih bisa cepat keluar dan segera terdistribusikan.Intinya,

Udara memang merupakan suatu hal yang primer bagi kehidupan manusia,apabila alat ini diproduksi secara massal,akan banyak keuntungan dapat diperoleh.Oleh karenanya,sangat disarankan bagi pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk membuat alat ini dalam memperbanyaknya. Jadi,kedepan akan banyak titik yang difiltrasi udaranya secara maksimal.Hal ini akan membantu dalam mengurangi polusi udara.Karena dengan adanya mesin penyaring udara,maka akan dapat memaksimalkan jumlah udara bersih yang mengandung oksigen di berbagai tempat.

4.Biophotovoltaic Moss Table

Teknologi bioelektrik pada Biophotovoltaic Moss Table mampu mengubah senyawa kimia yang dihasilkan dari fotosintesis menjadi energi listrik.Proses fotosintesis memang menghasilkan udara yang bersih seperti oksigen,namun juga dapat menghasilkan berbagai senyawa kimia yang penting untuk tumbuhan itu sendiri.Tanpa membuat tanaman rusak atau mati,Biophotovoltaic Moss Table mampu memanfaatkan energi kimia yang dihasilkan proses fotosintesis ini menjadi sebuah energi listrik yang cukup untuk mengisi energi listrik pada alat kecil,misalnya jam digital.

Berwujud seperti meja,tanaman akan ditaruh di atasnya dan teknologi ini bisa langsung bekerja.Namun,tidak semua jenis tanaman bisa ditumpangkan ke Biophotovoltaic Moss Table.Teknologi ini juga tak serta merta berupa alat, diperlukan alga seperti cyanobacteria serta tumbuhan dengan vaskular yang bisa membuat teknologi ini bekerja.Peneliti telah memprediksi bahwa di masa depan penggunaan teknologi ini akan semakin besar dan tersebar di dunia. Sehingga diprediksi pula produksi dari Biophotovoltaic Moss Table akan meningkat.

5.Teater Esplanade

Teater Esplanade merupakan salah satu teater yang bentuknya terinspirasi oleh buah durian.Teater yang didesain seperti buah durian ini berada di negara tetangga kalian,yaitu Singapura.Sengaja didirikan di tepi laut Marina Bay dan tepi sungai.Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektar ini dibangun dengan tujuan sebagai pertunjukan seni.Teater Esplanade dibangun oleh dua firma berbeda yang mana berbasis MWP (London Michael Wild Ford & Partners).Tidak serta merta biasa disebut-sebut sebagai Teater Esplanade,banyak juga yang menyebut bangunan ini sebagai Shell Durian atau juga The Big Durian.

Mengapa durian menjadi salah satu inspirasi dari pembangunan gedung teater di Singapura ? Ternyata durian memiliki kulit yang tebal dan bentuk yang jika dikonversikan ke dalam desain gedung maka akan dapat memaksimalkan suara.Sama halnya seperti gedung di Sydney yang bentuknya menyerupai hewan,gedung yang menyerupai tumbuhan ini juga didesain secara fungsional.Banyak nilai fungsional yang dimiliki oleh bangunan yang satu ini.

Meski begitu,karena bentuknya unik maka tidak menutup kemungkinan gedung tersebut bermanfaat untuk wisata.Karena tentu banyak orang yang ingin tahu bagaimana bentuk gedung yang menyerupai durian.Meskipun mungkin mereka tidak tahu banyak tentang pertunjukan teater.Teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan ini tak hanya menawarkan konsep eksterior yang seperti buah durian.Jika masuk ke dalamnya akan banyak ditemui berbagai fasilitas yang lengkap dan profesiona,seperti : menemukan ruang seni,tempat pertemuan dan ruang gaya hidup dan masih banyak lagi fasilitas menarik.

Apakah kalian pernah mencoba salah satu teknologi canggih di atas ? Jika belum silahkan mencoba jika kalian tertarik.Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago