HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Domain

Perbedaan Antara Parked Domain Dan Addon Domain

Sebelum ke perbedaan antara parked domain dan addon domain, agar tidak salah mengartikan silahkan simak penjelasan berikut.

Parked Domain

Parked domain adalah nama domain yang sudah terdaftar pada register domain tetapi tidak disambungkan dengan layanan hosting. Jadi domain ini sudah aktif dan sudah dimiliki oleh seorang, tetapi belum digunakan dengan beberapa alasan.

Berikut beberapa alasan orang melakukan parked domain, yaitu :

  • Name reservation domain

Jadi orang memiliki ide kemudian mengamankan domainnya terlebih dahulu.

  • Perlindungan cybersquatting

Cybersquatting adalah ancaman yang perlu dihadapi bagi para pemilik brand. Kadang kala ada orang yang dengan sengaja mendaftarkan nama domain yang sama dengan brand, kemudian dijual mahal atau digunakan untuk tindak kejahatan.

Jika sudah seperti ini brand akan kena dampaknya entah itu untuk menebus domain dengan harga tinggi atau reputasi brand menjadi jelek.

  • Memberikan waktu untuk pengembangan bisnis

Jika sudah memiliki nama domain yang kuat, segeralah untuk mendaftarkannya. Bisa memarkirkan domain, sembari melakukan pengembangan untuk menyempurnakan website. Tak seorangpun yang bisa mengambil nama domain tersebut. Agar tidak membuat pelanggan bingung bisa menampilkan pesan bahwa website tersebut masih dalam tahap pengembangan.

  • Sebagai tambahan penghasilan

Hanya karena domain terparkir bukan berarti tidak bisa menghasilkan apa-apa. Banyak orang yang paham bisnis memilih untuk memonetisasi domain yang diparkir sehingga mereka dapat menghasilkan penghasilan sementara, saat domain belum bisa digunakan.

Bisa menampilkan iklan di parked domain. Setiap kali seseorang mengunjungi website dan mengklik sebuah iklan, ini akan menjadi penghasilan. Ada banyak layanan yang memberi kesempatan bagi siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan tambahan dari parked domain adalah menjualnya. Saat nama domain yang didaftarkan memiliki nama yang unik, tidak jarang banyak orang, umumnya pebisnis yang juga menginginkannya. Merupakan suatu hal yang lumrah saat sebuah domain dibeli dengan harga yang berkali lipat lebih mahal karena sangat ikonik namanya.

  • Mengamankan ide

Jika memiliki ide untuk membuat brand atau perusahaan tetapi saat dicari nama domainnya sudah dibeli oleh orang lain.

  • Website masih dalam proses

Memang belum sempat untuk install website atau website sedang dalam tahap pembuatan, jadi membeli domain terlebih dahulu.

  • Flipping domain

Mengamankan nama domain yang unik, bagus dan premium sehingga bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

  • Teknik SEO

Domain-domain dengan metrik yang bagus bisa menjadi salah satu teknik untuk menaikkan peringkat website utama dengan cara redirect domain.

  • Sebagai sarana menunggu domain kadaluarsa

Jika tidak tertarik lagi dengan nama domain dapat memarkirnya dan menunggu kadaluarsa. Daripada membayar pada penyedia domain setiap tahun, yang menjadi pilihan banyak orang adalah melakukan parked domain. Dapat menghapus tautan hosting dan menghasilkan pendapatan dengan iklan sambil menunggu masa regristrasi berakhir.

Fungsi park domain

Di sini park domain juga memiliki beberapa fungsi yang harus diketahui. Biasanya park domain, digunakan untuk menyimpan lebih dari satu nama domain di website yang sama. Dengan kata lain, park domain akan menampilkan konten yang sama pada website sebagai domain utama akun hosting. Selain itu, park domain pun dapat digunakan untuk membuat akun email. Oleh karena itu, park domain merupakan salah satu solusi terbaik jika ingin menggunakan domain hanya untuk Email.

Keunggulan memakai park domain

Dengan memakai park domain, maka tidak perlu hosting. Jika domain digunakan sebelumnya, maka mungkin ada banyak tautan yang menunjuk ke domain ini. Ini berarti bahwa beberapa pengguna akan mengikuti tautan dan alih-alih mendapatkan kesalahan “Halaman tidak ditemukan” mereka akan mendarat di halaman dengan beberapa iklan yang terkait dengan nama domain.

Addon Domain

Addon domain adalah domain baru yang ditambahkan pada domain utama. Jadi setelah penambahan domain baru ini akan ada folder tersendiri sesuai dengan nama domain yang ditambahkan.

Domain baru ini memiliki folder yang berbeda dengan domain utama, jadi tidak perlu khawatir jika file penting bisa bercampur. Perlu dicatat pula bahwa setiap layanan hosting memiliki jumlah addon domain yang berbeda-beda, tergantung dari kebijakan provider hosting.

Addon domain ini nantinya akan share resource penyimpanan dan bandwidth dari hosting yang disewa. Jika membutuhkan resource yang besar, maka perlu upgrade terlebih dahulu spesifikasi hosting yang digunakan. Tetapi jika tidak memerlukan resource dan bandwidth yang besar, maka bisa langsung menambahkan domain baru.

Fitur addon domain pada layanan hosting ini bisa menjadi solusi untuk menghemat keuangan, karena tidak perlu membeli layanan hosting baru.

Fungsi addon domain

Addon Domain merupakan domain yang ditambahkan pada hosting yang sebelumnya sudah ada domain yang terpasang. Jadi addon domain merupakan domain kedua, ketiga, dan seterusnya.

Berikut fungsi addon domain yang harus diketahui, yaitu :

  • Ketika membuat Addon Domain maka beberapa akun seperti File Transfer Protocol (FTP) akan dibuat secara otomatis sehingga tidak perlu membuatnya sendiri.
  • Tidak perlu membeli hosting baru untuk membuat website pada domain baru.
  • Dilengkapi dengan folder baru pada public_html yang dibuat khusus untuk meletakkan file Addon Domain website, sehingga terpisah dengan domain utama.

Keunggulan memakai Addon domain

  • Tidak perlu membuat akun hosting baru

Salah satu keuntungan menarik yang bisa dimiliki adalah tidak perlu sulit untuk membuat hosting baru saat menggunakan add on. Tentu hal ini sangat memudahkan, karena pembuatan account hosting baru membutuhkan waktu panjang dan dana lebih.

  • Dapat menggunakan resource yang sama

Jika menggunakan layanan addon, maka dapat menggunakan resource yang sama. Nantinya untuk urusan space, bandwith dan yang lainnya akan sama seperti website utama.

  • Dilengkapi dengan fitur yang dibuat secara otomatis

Add on memiliki fitur-fitur menarik yang siap digunakan. Diantaranya, FTP Manager, Cgi-bin, website statistic dan fitur lainnya. Menariknya, semua fitur yang diberikan ini akan terpasang secara otomatis.

  • Bisa diakses menggunakan beberapa alamat

Menggunakan addon tentu akan membantu untuk mengaksesnya dari mana saja. Hal ini tentu memudahkan pemilik website yang memiliki target penjualan dan pengunjung di setiap bulannya.

Perbedaan Parked Domain dan Addon Domain

Parked domain penjelasan mudahnya adalah domain yang diparkir, sudah beli domain baru tetapi tidak digunakan karena ada beberapa alasan.

Sedangkan addon domain adalah domain baru yang ditambahkan pada domain utama dari layanan hosting.

Saat menambahkan domain baru ke akun hosting berarti masuk ke addon domain, lalu jika domain biarkan saja menjadi parked domain.

Jadi antara parked domain dan addon domain keduanya saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Untuk perbedaannya sudah dijelaskan diatas secara mendetail.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

6 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

8 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago