HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Trend Konsep Video Marketing Yang Menarik Di 2021

Masyarakat kini lebih senang menyimak konten-konten video daripada tulisan atau gambar yang kaku.Tidak sedikit juga calon konsumen olshop tertarik berbelanja setelah melihat video iklan.Jadi,membuat promosi dengan video menjadi trik yang wajib untuk dicoba tahun ini.Strategi berpromosi dengan video disebut sebagai video marketing.Video marketing merupakan hal yang sudah lama dalam dunia bisnis.

Meski bukan barang baru,faktanya orang-orang masih kebingungan mengenai cara membuat video promosi yang menarik.Apalagi di tahun 2021 muncul beragam konsep video promosi menarik sekaligus berbeda drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.Penasaran apa saja konsep video promosi yang menarik dan trending tahun ini ? Berikut ini pembahasan lengkapnya,pastikan juga untuk menyimak sampai tuntas karena kami juga menyediakan rekomendasi cara membuat video promosi termudah tanpa skill khusus.

Trend Konsep Video Marketing Yang Menarik Di 2021

Mengikuti trend kekinian memang penting untuk keberlangsungan bisnis online.Menjalankan bisnis yang up-to-date akan memudahkan mengungguli para kompetitor dan memungkinkan bisnis menjadi trendsetter.Menggunakan strategi video marketing adalah salah satu kegiatan mengikuti trend yang sudah disebutkan di atas. Karena,para konsumen modern lebih suka menyimak konten video dibandingkan konten bentuk lain.Video marketing adalah konten yang cocok untuk segala usia,menjangkau semua kalangan,tentunya menarik dan mudah disimak.

Untuk membuat video marketing merupakan hal yang susah-susah gampang.Kalian tidak bisa sekadar merekam produk dan mempostingnya.Agar sukses,kalian perlu memahami aneka trend video yang sedang digemari masyarakat di tahun ini.Berikut ini daftarnya :

User-Generated Video

Video User-Generated Content (UGC) juga turut menjadi salah satu trend video di 2021.Video User-Generated Content diminati karena mampu menumbuhkan engagement serta hubungan baik antara akun bisnis dengan para followersnya. Contoh video UGC adalah video review singkat dari konsumen terkait produk atau jasa yang pernah mereka gunakan.Biasanya,konsumen terdorong untuk membuat review karena mereka mendapatkan manfaat positif dan puas dengan produk.

Konsumen seringkali sengaja men-tag akun bisnis terkait supaya postingan mereka bisa di-repost.Sebuah bisnis yang baik pasti akan mengapresiasi konten UGC tersebut dan memposting ulang konten di laman mereka.Dari sinilah rasa apresiasi, engagement dan keuntungan besar bisa mengalir ke toko online kalian.

Studi dari Econsultacy membuktikan audiens yang mengenali brand dari UGC bisa menghabiskan lebih banyak waktu melihat-lihat website brand tersebut,kemungkinan juga si audiens akan segera beralih dari visitor menjadi konsumen baru.Bahkan untuk industri khusus seperti kecantikan, kesehatan dan pariwisata,kemungkinan visitor dari UGC menjadi konsumen yang berbelanja bisa mencapai 184%.Para audiens ini juga bisa berbelanja hingga 45% lebih banyak dibandingkan konsumen lain yang tidak datang berkat konten video UGC.

Smartphone Livestreaming

Banyak pengamat bisnis dan studi internasional menilai video smartphone livestreaming adalah tipe video terpopuler tahun ini.Menurut Newswire,rata-rata masyarakat selaku konsumen di Amerika Serikat memiliki aplikasi video streaming dengan kualitas terbaik di smartphone masing-masing.Dari jumlah total seluruh aplikasi yang diinstal oleh konsumen,lebih dari 10% tipe aplikasi tersebut adalah aplikasi livestreaming.Video livestreaming di smartphone terbukti sukses menaikkan jumlah keuntungan pasar sebesar hampir 50% dari tahun sebelumnya.Hal ini tidak mengherankan karena video-video livestreaming memungkinkan penjual lebih mudah berkomunikasi dengan audiens selayaknya saat mereka bertatapan langsung.Calon konsumen mudah menawar produk dan berbelanja ketika livestreaming berlangsung.

Video Kreatif Bisnis

Tidak hanya semata-mata kreatif,video-video marketing ini juga memiliki manfaat,kegunaan dan informasi menarik untuk disimak oleh para audiens.Ada 2 alasan mengapa seseorang mau menyimak sebuah video :

  • Tampilan yang menarik.
  • Menghadirkan konten menarik.

Dua elemen ini saling berkaitan.Jika video kalian hanya mengandalkan tampilan,maka audiens akan segera meninggalkan video setelah menyadari bahwa isi konten tidak bermanfaat bagi mereka dan akan percuma jika isi konten video kalian bermanfaat tapi tampilannya tidak menarik.Kalian harus ekstra cerdas dalam menghadirkan video kreatif bisnis yang menyegarkan sekaligus memikat audiens.

Beberapa rekomendasi ide-ide video yang bisa dicoba buat antara lain :

  • Parodi video viral disertai dengan promosi brand.
  • Video penjelasan sebuah informasi,tips dan trik,edukasi faktual tentang hal-hal yang belum banyak diketahui masyarakat.
  • Video testimoni,perjalanan konsumen dengan brand serta kisah keberhasilan penggunaan produk.
  • Iklan video,video sales dan video presentasi bisnis.

Short-Form Video (Klip Video Pendek)

Trend Short-Form video mulai bermunculan seiring dengan hadirnya media sosial TikTok dan Instagram Stories. Kedua platform sosmed ini,sukses menjadi trendsetter di masyarakat.Buktinya ada jutaan pengguna Instagram dan TikTok dari seluruh penjuru dunia.Untuk mengungguli persaingan konten berbentuk Short-Form,kalian perlu membuat video menarik berdurasi singkat, ringkas, jelas, cepat dan energik.Video singkat yang penuh semangat selalu terbukti ampuh menggaet banyak view.

Shoppable Video

Di tahun 2021 ini, muncul trend video marketing yang memungkinkan audiens untuk membeli produk sembari menonton video.Trend tersebut bernama Shoppable video.Trend Shoppable video lahir sebagai inovasi dan peningkatan pengalaman belanja online dari konsumen terhadap sebuah brand. Video-video Shoppable memberikan pengalaman belanja interaktif pada konsumen di mana siapa saja bisa membeli produk yang diiklankan langsung dalam video.Konsumen hanya perlu klik link atau gambar produk atau menghubungi call-center yang tertera untuk memesan barang.

Video Interaktif Augmented Reality (AR)

Teknologi AR memungkinkan kita untuk melihat sebuah produk atau item dalam bentuk 3D persis sebagaimana aslinya.Perusahaan kebutuhan rumah tangga ternama dunia IKEA adalah salah satu bisnis yang sudah mulai mengadopsi video interaktif AR ini.Jadi, konsumen IKEA sudah tidak perlu lagi repot-repot datang ke toko hanya untuk melihat produk secara rinci.Mereka cukup mengakses website atau aplikasi IKEA dan sudah bisa mendapatkan gambaran produk dalam format 3D menggunakan teknologi AR.Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi AR akan sangat bermanfaat dalam perkembangan bisnis online masa depan. Diperkirakan di tahun 2024 nanti, teknologi AR yang diaplikasikan untuk bisnis e-commerce bisa mendulang keuntungan hingga 72,8 miliar dollar Amerika atau setara dengan 1,59 triliun rupiah.

Virtual Event

Ada video marketing berbentuk Virtual Event yang lahir dan langsung populer di masyarakat sebagai efek pandemi di tahun 2020 lalu.Semenjak pandemi,masyarakat tidak dapat mengadakan event tatap muka langsung.Untuk itu,orang-orang beralih mengadakan virtual event di dunia maya menggunakan beragam aplikasi telekonferensi seperti Zoom dan Google Meet.

Ternyata,video virtual event juga memberikan peluang menjanjikan untuk berpromosi produk atau jasa.Virtual event terbukti sukses mempermudah masyarakat melangsungkan aktivitas yang mengharuskan mereka untuk berkumpul,alhasil,peluang orang-orang menghadiri seminar atau pertemuan online menjadi lebih tinggi.

Virtual event mampu menjembatani orang-orang dari berbagai wilayah untuk bertemu dan berdiskusi secara praktis dan gratis.Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang seperti dengan mengadakan seminar gratis dan edukatif sembari menyelipkan promosi di dalamnya.Cara ini pernah dipraktekkan oleh platform konsultan HR online MauKerja. ID.

Video Ads (Iklan Video)

Video ads masih tergolong trending di tahun ini sehingga wajib untuk dicoba juga.Dengan video ads,bisnis kalian bisa cepat mencapai angka pertumbuhan yang optimal.Menurut studi dari lembaga Statista,angka pertumbuhan bisnis online yang menggunakan video ads selalu bertambah dari tahun ke tahun.Di 2021 sendiri terjadi pertumbuhan bisnis sebesar 13% dari profit $9,95 miliar (tahun 2020) menjadi $11,24. Angka ini akan terus bertambah hingga diperkirakan mencapai $12,66 miliar di tahun 2024 mendatang.

Jadi mengapa ragu untuk mencoba beriklan dengan video ads?Dengan peluang yang cukup bagus,bisnis kalian sangat berpotensi untuk mendulang kesuksesan jangka panjang.Namun jika masih terkendala di cara membuat video promosi yang menarik dan memikat audiens maka kalian  perlu lanjut menyimak solusi terbaiknya.

Itulah penjelasan mengenai Konsep Video Promosi Menarik Di 2021 Yang Bermanfaat Untuk Mendapat Banyak Pelanggan,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

17 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

24 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago