HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Tool Monitoring Server Terbaik 2021

Pada dasarnya,Komputer Server memiliki tugas yang penting saat komunikasi dengan client.Jika server tidak bekerja dengan baik dapat dipastikan website akan bermasalah.Tugas utama server yakni melayani semua request dari client dan menyediakan sumber memory dan penyimpanan serta prosesor yang tangguh untuk segala kebutuhan website.Cara terbaik agar memastikan server berjalan dengan normal yakni dengan memasang tool monitoring server.Nah di artikel kali ini,kita akan membahas mengenai Tool Monitoring Server Terbaik 2021,namun sebelumnya kita bahas sedikit mengenai Pengertian dari Monitoring Server.

Pengertian Monitoring Server

Merupakan kegiatan untuk memantau sumber daya yang ada di server,seperti CPU Usage,Memory RAM Consumption,Disk Usage,Input Output,Network dan lain-lainnya.Jika kalian pernah membuka Task Manager pada sistem operasi Windows,maka monitoring server memiliki kemiripan dengan Ta  sk Manager.Dengan tool monitoring server,maka dapat membantu dalam menjaga server dalam keadaan normal.

Masalah Yang Sering Ditemukan Pada Monitoring Server

Server yang banyak dengan sumber daya terbatas merupakan sebuah tantangan terbesar dalam monitoring kinerja server. Karena server yang berbeda biasanya memiliki OS yang berbeda juga.Otomatis,perlu metode khusus untuk implementasi, manajemen dan pemantauan server.Maka,penting bagi monitoring server untuk meningkatkan layanan sistemnya.

Berikut 5 persoalan utama dalam server monitoring :

Kapasitas Disk Space Minim

Bertambahnya jumlah aplikasi komputer,file,ERP yang digunakan membuat kebutuhan disk space juga meningkat.Saat volume data bertambah,waktu yang dibutuhkan untuk merespons juga bertambah.Hal itu terjadi karena aplikasi yang bertugas membaca dan menulis data tidak bekerja secara efisien ketika disk space minim.

Pemakaian CPU Berlebihan

CPU memiliki batas kapasitas tertentu,yang artinya,CPU memiliki kemampuan terbatas dalam menangani permintaan pemrosesan dari aplikasi apa pun yang membutuhkan sumber.

Penggunaan CPU terus menerus dapat merobohkan server terbaik.Hal itu biasanya terjadi karena :

  • Aplikasi ditulis dengan buruk dan menghabiskan banyak waktu CPU.
  • Malware yang sudah menginfeksi server.
  • “Kebocoran memori” dari program yang gagal menghapus data yang tidak lagi dibutuhkan.
  • Sejumlah gangguan besar yang disebabkan oleh proses page-swapping yang tidak efisien.

Kerusakan Hard Drives

Program monitoring jaringan biasanya mengingatkan sistem administrator jika sebuah device berpotensi rusak.Tim IT kemudian akan menentukan langkah apa yang harus diambil,entah menggunakan cadangan hard drives atau menggantinya.

Database Dan Aplikasi Tidak Bekerja

penggunaan CPU dan Disk space yang minim dapat membuat database dan aplikasi tidak dapat bekerja.

Lonjakan Pada Trafik Jaringan

Penyebab lonjakan yang signifikan pada trafik jaringan yakni Jadwal backup di dalam LAN,penggunaan alat backup remote dan update-an virus scanner.Lonjakan tidak terduga seperti masalah server mail,wabah malware atau upaya peretasan perlu dipantau dan diselidiki.Jika tidak,serangan akan memiliki dampak negatif yang luas pada sistem IT.

Daftar Tool Monitoring Server Terbaik 2021

Memang banyak tool monitoring server yang ada saat ini,berikut ini tool monitoring server yang dapat digunakan untuk memantau server hosting yang kalian miliki :

Cacti

Merupakan front-end alat grafik untuk sistem data dan pengumpulan data.Pengumpulan data terjadi di cron melalui skrip eksternal yang mengumpankan metrik yang disimpan dalam database MySQL®.Cacti menggunakan RRDTool,sistem pencatatan dan data open-source untuk menyimpan data yang disurvei agar menghasilkan semua jenis grafik untuk setiap dataset.Kalian dapat membuat semua jenis grafik yang dapat ditampilkan dan diatur dalam sejumlah cara berbeda.

Kelebihan :

  • Memiliki komunitas developer yang berkontribusi untuk plug-in,skrip dan template.Semua ini dapat kalian gunakan untuk memantau hampir setiap jenis perangkat.
  • Menyediakan templating grafik yang modern,beberapa metode akuisisi data dan fitur manajemen yang out of the box.

Zabbix

Merupakan tool monitoring server untuk kelas perusahaan.Zabbix ditulis dalam PHP.Tool monitoring server yang satu ini dilengkapi dengan banyak fitur yang bermanfaat dan memiliki opsi support premium.Zabbix memungkinkan pengguna untuk mengecek uptime dan waktu respons dari layanan.Zabbix juga merespons dari jarak jauh SMTP atau HTTP.Untuk statistik pada on-system seperti CPU,pemanfaatan jaringan dan disk space,Kalian dapat menggunakan SNMP.

Kelebihan :

  • Menawarkan performa yang baik untuk monitoring sistem operasi dan metrik aplikasi yang spesifik.
  • Dapat di-update dengan mudah,tidak perlu perubahan apa pun pada back end database.
  • Menawarkan fleksibilitas dalam melakukan integrasi dua arah dengan aplikasi perusahaan.

Icinga

Tool ini menawarkan banyak konektor database untuk MySQL,Oracle,PostgreSQL serta APIREST.Dengan menggunakan fitur API baru ini, sysadmin dan pengguna dengan mudah mengintegrasikan berbagai ekstensi tanpa memodifikasi inti Icinga secara langsung.

Kelebihan :

  • Dapat mengumpulkan data tentang sumber daya host (seperti CPU load dan disk usage) di berbagai jenis perangkat (switch,router,suhu dan kelembaban sensor,dan lainnya).
  • Tool monitoring server yang memiliki opsi peringatan termasuk email,SMS dan metode yang ditentukan pengguna yang dapat dituliskan pada server Icinga.
  • Menggunakan user interface yang modern,konektor database tambahan untuk MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan REST API. Semua itu memungkinkan Icinga mengintegrasikan berbagai ekstensi tanpa perubahan rumit pada inti Icinga.

OpenNMS

Merupakan platform open source yang dirancang untuk mengelola puluhan ribu perangkat dari satu server serta OpenNMS bertugas mengelola banyak perangkat menggunakan sekelompok server.

Kelebihan :

  • Memiliki kemampuan untuk monitor berbagai perangkat keras,sistem operasi (seperti Windows,Linux®,Solaris) dan platform virtualisasi (seperti VMware®,Hyper-V®,Citrix XenServer).

AppOptics

Merupakan tool monitoring yang hampir sama seperti SAM yang menyediakan versi berbayar.Jika kalian ingin mencoba bisa melakukan trial selama 14 hari untuk mengetahui keunggulan yang dimiliki AppOptics,Tool ini dipercaya lebih akurat dalam melakukan monitoring serta kalian dapat melakukan eksplor lebih terhadap fitur yang dimiliki AppOptics.

Kelebihan :

  • AppOptics mempercepat analisis akar penyebab masalah kinerja aplikasi di seluruh lingkungan AWS,Azure dan hybrid.

WhatsUp Gold

Tool ini menyertakan REST API kuat yang membuatnya mudah untuk diintegrasikan dengan sistem atau skrip kalian sendiri serta dapat mengekstrak informasi status terkini untuk digunakan sistem lain.

Kelebihan :

  • Memberikan tampilan lengkap status dan kinerja aplikasi,perangkat jaringan,baik untuk server cloud atau bukan.
  • Tool ini memiliki interface yang ringkas serta kemampuan untuk menemukan,memetakan dan menampilkan sebagian besar perangkat yang biasa digunakan usaha kecil dan menengah.

Monitor.Us

Merupakan tool server monitoring berbasis cloud yang menyediakan baik sumber daya server internal (melacak disk space usage,RAM,CPU, trafik) maupun server eksternal (mengukur waktu aktif aplikasi dan pengalaman pengguna akhir).

Kelebihan :

  • Monitor.Us dapat memonitor server dari Linux dan Windows secara gratis.
  • Karena berbasis cloud,kalian dapat dengan mudah menginstall tool ini dan melakukan konfigurasi.
  • Dengan Monitor.Us,juga dapat memantau database dan network dengan terlebih dahulu membuat dashboard khusus.

Solarwinds Server Health Monitor

Tool gratis ini dapat melacak kesehatan,status dan ketersediaan server hardware dalam hitungan menit. Solarwinds memungkinkan Anda melihat status dan kinerja komponen server hardware penting, seperti: fan speed, suhu, power supply, CPU, battery, dan lain-lain.

Kelebihan :

  • Cepat mengidentifikasi masalah hardware server yang berdampak pada kinerja server dan aplikasi.

Nagios Core

Merupakan tool monitoring server yang open source dan banyak digunakan untuk memantau kinerja server dan jaringan.Nagios Core juga biasa digunakan untuk memonitor sistem,aplikasi, layanan dan berbagai proses bisnis dalam proyek DevOps (developers and operations).Banyak pakar IT menganggap Nagios sebagai tool mudah dikustomisasi dan secara anggaran paling masuk akal.

Kelebihan :

  • Nagios Core dapat dengan cepat memberitahu staf teknis mereka,jika terjadi masalah di sistem,aplikasi,layanan,server atau jaringan.Dengan begitu,proses perbaikan bisa segera dilakukan.Sehingga,masalah tadi tidak berdampak pada end-user,pelanggan dan jalannya bisnis kalian.
  • Nagios Core menyediakan tool untuk memonitor aplikasi dan status aplikasi.Termasuk aplikasi Windows,aplikasi Linux, aplikasi UNIX dan aplikasi web.

 Ganglia

Merupakan tool monitoring server open source yang dapat dijadikan rekomendasi.Ganglia sesuai untuk penggunaan server high performance semacam server cluster dan grid.Hasil dari data analisis ditampilkan dalam format XML dan XDR untuk transportasi datanya sehingga lebih mudah dalam analisis data.

Nah,itulah pembahasan mengenai Tool monitoring server,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago