HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Definisi, Fungsi, dan Cara Membuat TinyURL

TinyURL adalah salah satu situs yang sudah dikenal sejak lama. TinyURL membantu penggunanya untuk membuat link situs mereka menjadi lebih pendek, sehingga lebih mudah diingat oleh pengunjung.

Apa itu TinyURL?

Singkatnya, TinyURL adalah situs yang menawarkan layanan untuk memperpendek link URL. Tentu Anda sudah sering mendapati halaman website yang memiliki link URL cukup panjang.

Selain menyulitkan pengunjung untuk mengingat alamat websitenya, URL yang panjang juga tak jarang melebihi kapasitas karakter yang ditentukan dalam sebuah unggahan, sehingga sulit untuk dibagikan, terutama di media sosial.

TinyURL adalah solusi tepat untuk memecahkan masalah link URL yang panjang, dengan mempersingkat atau memperpendek link URL sehingga terlihat lebih ringkas.

Meskipun URL website akan disingkat dengan TinyURL, tidak akan ada yang berubah dari tampilan website atau landing page Anda, karena saat mengakses link TinyURL, pengunjung akan diarahkan ke situ dengan link asli yang panjang tadi. Jadi, hanya tampilan link dalam bentuk TinyURL yang berubah agar terlihat lebih simple.

Dapat dikatakan bahwa TinyURL adalah pelopor situs yang menyediakan layanan untuk memperpendek link, karena situs ini sudah hadir sejak tahun 2002, alias lebih dari 20 tahun yang lalu.

Kini, Anda tidak hanya bisa menggunakan TinyURL saja. Mungkin sekarang Anda lebih familiar dengan situs shortlink, seperti Bit.ly, BL.INK, Rebrandly, dan lain sebagainya. Namun eksistensi TinyURL hingga saat ini masih patut diperhitungkan.

Fungsi Dari TinyURL

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah memahami fungsi dari link satu ini? Fungsi utama dari TinyURL adalah untuk membantu penggunanya untuk memperpendek link website sesuai keinginan.

Ada berbagai jenis link yang dapat diperpendek menggunakan TinyURL, misalnya, artikel di media online, konten YouTube, bahkan link Google Form sekalipun. Semuanya bisa dibuat lebih singkat dan ringkas dengan TinyURL.

Situs shortlink alias situs memperpendek link lain juga memiliki fungsi yang sama dengan TinyURL. Namun, ada satu kelebihan dari situs TinyURL yang membuatnya masih tetap diminati hingga kini, yaitu tidak akan kadaluarsa.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi pemilik link. Karena selama apapun, link yang mereka buat akan tetap bisa berfungsi dan mengantarkan pengunjung kepada halaman website yang diinginkan.

Tidak hanya itu, keunggulan lain dari TinyURL adalah Anda dapat mengunduh dan menjadikannya sebagai ekstensi Chrome, yang tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam membuat shortlink dalam waktu singkat.

Cara Membuat TinyURL

Apakah Anda kini penasaran bagaimana cara memperpendek link menggunakan TinyURL? Langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dalam membuat TinyURL adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi situs https://tinyurl.com/app

  • Copy Link yang ingin dipersingkat » Paste di bagian kolom URL.

  • Masukkan nama URL yang ingin digunakan » klik Make TinyURL!

  • Anda dapat langsung membagikan link tersebut, atau meng-copy-nya.

TinyURL adalah solusi tepat bagi Anda yang khawatir pengunjung sulit menghafalkan link penting ke marketplace, media sosial, atau halaman website Anda. Selain, Anda juga akan lebih mudah untuk membagikannya di media sosial tanpa perlu memikirkan kapasitas karakter.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

4 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago