HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Intip Manfaat Facebook Ads Library untuk Bisnismu!

Apakah Anda seorang pengusaha yang kesulitan mengembangkan bisnisnya? Menggunakan Facebook Ads Library mungkin bisa menjadi solusi yang bisa diterapkan.

Jadi, apakah Facebook Ads Library memberi Anda lebih banyak peluang untuk menarik calon pelanggan? Sebenarnya Facebook Ads Library bisa menarik lebih banyak pelanggan ke produk Anda, namun tidak semudah menampilkan iklan yang menarik memotivasi pelanggan Anda untuk membeli.

Bagaimana caranya? Facebook Ads Library memungkinkan Anda mendapatkan inspirasi dari cara pesaing Anda menjalankan iklan yang menarik.

Sebelum kami menjelaskan lebih lanjut, tahukah Anda apa itu Facebook Ads Library? Bagaimana cara terbaik menggunakannya? Jangan khawatir, Hosteko akan menjawab semua pertanyaan ini dengan sempurna. Apakah Anda siap membahas hal ini? Silakan ikuti artikel ini sampai akhir!

Apa itu Facebook Ads Library?

Pernahkah Anda mendengar atau menggunakan Facebook Ads Library? Bagi yang belum tahu, Facebook Ads Library adalah fitur gratis dari Facebook yang memungkinkan Anda menggunakan Facebook, Instagram, Anda dapat melihat semua iklan yang dipasang dari berbagai website seperti Audience Network, Messenger dan website Facebook itu sendiri.

Oleh karena itu, Anda dapat melihat ribuan iklan yang dipublikasikan di beberapa website tersebut di atas dan menggunakannya sebagai inspirasi untuk membuat iklan Anda dan sebagai inspirasi untuk mengembangkan bisnis Anda. Ada dua jenis iklan yang Anda lihat yaitu, iklan politik dan iklan pemasaran produk. Iklan pemasaran produk jenis ini hanya muncul jika status Anda aktif, sedangkan iklan politik dapat diakses kapan saja meskipun status Anda sudah tidak aktif.

Anda tidak memiliki akun Facebook? Jangan khawatir, siapa pun dapat mengaksesnya meskipun Anda tidak memiliki akun Facebook. Di sana Anda akan menemukan berbagai informasi tentang iklan yang dipasang, termasuk perusahaan pemilik iklan tersebut, gambar, video, teks, tempat iklan tersebut ditayangkan, kapan iklan tersebut pertama kali diterbitkan, dan masih banyak lagi .

Hmm, apakah menurut Anda kompetitor bisnis Anda bisa dengan mudah melihat dan meneliti iklan Anda? Jawabannya iya, karena Facebook sudah menerapkan sistem transparansi. Namun hal ini juga memudahkan pencarian dan identifikasi banyak iklan pesaing, yang nantinya dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Seberapa pentingkah mewaspadai iklan pesaing Anda? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa Perlu Mengidentifikasi Iklan Kompetitor?

Pertanyaan ini patut ditanyakan oleh beberapa orang yang bekerja di dunia bisnis. Inilah mengapa Anda perlu mengidentifikasi iklan kompetitif melalui Facebook Ads Library.

Memperoleh bahan referensi periklanan

Mencari bahan referensi merupakan hal yang penting dan mutlak diperlukan apabila ingin melakukan suatu kegiatan. Hal yang sama berlaku untuk periklanan. Melalui Facebook Ads Library, Anda bisa mendapatkan banyak sekali testimoni dari kompetitor bisnis Anda dan bisnis lainnya.

Apa yang bisa Anda jadikan referensi? Mulai dari gaya bahasa, pilihan kata, gambar yang digunakan, video yang digunakan, platform, dll. Kami harap Anda dapat menggunakan banyak referensi di Facebook Ads Library untuk membuat iklan unik dan menarik yang menonjol dari iklan lainnya.

Kenali pesaing lebih dalam

Kehadiran Facebook Ads Library juga membantu Anda memetakan pesaing merek Anda dan mengetahui siapa mereka. Dari situ Anda bisa melihat strategi kompetitor Anda.

Jika strategi yang Anda pilih sangat efektif dan berdampak positif, Anda dapat mempelajarinya, memodifikasinya, dan menerapkannya pada bisnis Anda. Sebaliknya, jika suatu strategi gagal, hal itu bisa menjadi pembelajaran.

Cara mengembangkan strategi bisnis untuk mengalahkan pesaing

Setelah Anda memahami strategi bisnis yang banyak diterapkan oleh pesaing Anda, Anda dapat menerapkan strategi yang sesuai dengan bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda dapat membuat strategi yang tepat dan juga memenangkan persaingan, loh!

Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan cara menghasilkan uang di Facebook dan mendapatkan lebih banyak uang. Jadi apa yang harus Anda perhatikan saat meneliti pesaing Anda? Temukan jawabannya di poin-poin berikut.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Riset Iklan?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meneliti iklan di Facebook Ads Library. Apa saja sih? Dibawah ini adalah penjelasannya.

Pilih iklan yang berstatus aktif

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan iklan umum seperti pemasaran produk. Itu hanya memeriksa apakah memiliki status aktif. Biasanya, jika iklan Anda masih aktif dan sudah lama terlihat, berarti iklan Anda berhasil menghasilkan konversi produk.

Namun, jika iklan sudah tidak aktif, biasanya iklan tersebut telah ditutup oleh pemiliknya.

Tanggal penayangan iklan

Hal kedua yang kami perhatikan saat meriset iklan di Facebook Ads Library adalah tanggal penayangan iklan. Hal ini karena mencegah ketatnya persaingan yang dapat menimbulkan kerugian.

Contoh kasus seperti ini: Pesaing Anda mempromosikan kampanye diskon dan Anda ingin mempromosikannya pada saat yang sama. Dengan begitu, Anda dapat mengatur waktu promosi agar tidak bersaing pada waktu yang sama dengan pesaing, yang dapat memengaruhi penjualan produk Anda.

Platform dan jenis iklan

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan jenis iklan apa yang digunakan pesaing Anda. Baik dalam bentuk gambar, video, atau meme, Anda dapat menentukan jenis iklan mana yang cocok untuk Anda dengan memeriksa banyak iklan yang muncul di Perpustakaan Iklan Facebook.

Setelah Anda memahami berbagai variasi iklan tersebut, Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk iklan yang Anda buat. Sama pentingnya untuk mengetahui di platform mana pesaing Anda beriklan.

Karena tidak semua bentuk periklanan cocok untuk semua jenis platform. Misalnya jenis carousel cocok untuk platform Instagram, video atau gambar vertikal cocok untuk diunggah ke Instagram Stories, dan jenis meme juga cocok untuk diunggah ke feed Facebook.

Tampilan iklan

Setelah Anda mengidentifikasi platform dan jenis iklan, hal penting berikutnya adalah menentukan tampilannya. Facebook Ads Library berisi banyak iklan dengan elemen visual berbeda. Elemen visual ini biasanya menggambarkan perusahaan atau merek yang dipromosikan.  Mengetahui tampilan visual yang digunakan dapat membantu Anda memahami elemen visual mana yang paling menarik bagi calon pelanggan.

Ada berbagai jenis elemen visual seperti meme, foto sebelum dan sesudah, video detail produk, dan deskripsi detail. Anda juga dapat menggunakan pola visual yang dipilih pesaing Anda sebagai referensi dan menyempurnakan metode yang Anda gunakan agar iklan yang Anda buat lebih bertarget dan menarik.

Copywriting yang digunakan

Bagian terakhir dari Facebook Ads Library Anda yang perlu diperhatikan adalah copywriting yang digunakan oleh pesaing Anda. Setelah Anda mengidentifikasi presentasi visual iklan Anda, Anda harus fokus pada gaya bahasa, gaya penulisan, pembuatan headline yang keren, dan teks deskriptif.

Copywriting sangat penting karena memungkinkan Anda menjelaskan maksud dan tujuan dari iklan yang ditampilkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa persuasif yang mampu menarik calon konsumen.

Semakin baik Anda meneliti copywriting Anda di Facebook Ads Library, semakin banyak referensi yang akan Anda terima. Pada dasarnya, copywriting membantu Anda memahami strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan.

Dari pembahasan ini terlihat banyak manfaat melakukan riset periklanan melalui Facebook Ads Library. Tapi tahukah Anda cara menggunakannya?

Membuat website untuk menghindari persaingan harga

Website sangat penting ketika beriklan dengan Facebook Ads. Harga yang ada di website tentunya tidak sama dengan harga di marketplace, namun dengan adanya website sendiri Anda akan bisa menawarkan harga terbaik.

Website tersebut sesuai dengan harga pasar, dan dengan website Anda sendiri, Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik dan menjelaskan keunggulan produk Anda secara lebih eksklusif. Oleh karena itu, mempromosikan website Anda dengan iklan Facebook akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Langkah Mudah Menggunakan Facebook Ads Library

Pelajari cara menggunakan Facebook Ads Library yang Anda tunggu-tunggu. Berikut beberapa langkah sederhana:

Kunjungi halaman Facebook Ads Library

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi halaman Facebook Ads Library. Iklan Facebook dapat digunakan tanpa registrasi terlebih dahulu. Lebih baik login ke Facebook.

Sebab dengan login, maka Anda bisa melaporkan iklan yang tidak pantas untuk ditampilkan. Kami juga menyarankan untuk mendaftar akun untuk memudahkan akses dan penggunaan.

Manfaatkan pencarian

Tiga istilah pencarian muncul di area pencarian seperti negara, kategori iklan, dan kolom pencarian. Jadi kali ini kita akan fokus pada kategori dan kolom pencarian. Bagian Kategori Iklan menampilkan dua opsi jenis iklan contoh “Semua iklan”. Sehingga semua kategori iklan ditampilkan.

Berikutnya ada Isu, Pemilu, dan Politik. Ini dapat digunakan untuk mencari iklan dengan tema politik. Di sebelahnya ada kolom pencarian dimana Anda dapat mencari kata kunci dan nama perusahaan periklanan. Fitur pencarian ini sangat berguna untuk mencari pesaing bisnis Anda nantinya.

Pilih target lokasi dan bahasa

Fitur selanjutnya adalah Anda dapat memilih lokasi selain kategori iklan. Anda dapat memilih lokasi di Indonesia. Oleh karena itu, pencarian yang berhasil akan menampilkan banyak hasil pencarian iklan berbahasa Indonesia.

Namun, jika Anda ingin mempersempit area tampilan lagi, klik Filter, pilih bahasa yang ingin ditampilkan, lalu klik Terapkan. Dengan cara ini, iklan yang Anda lihat di Facebook Ads Library didasarkan pada lokasi Anda dan bahasa yang Anda gunakan.

Ingin mencoba opsi filter lainnya? Harap perhatikan hal berikut:

Filter berdasarkan platform

Masih membahas filter yang tersedia, namun Anda akan melihat pilihan platform yang dapat Anda coba. Misalnya Instagram, Facebook, Audience Network, Messenger, atau semua platform.

Dari pilihan ini, Anda dapat memilih beberapa pilihan platform yang tersedia. Iklan yang Anda lihat akan bergantung pada platform yang Anda pilih. Saat ini hanya ada empat platform yang tersedia. Oleh karena itu, platform lain belum didukung oleh Facebook Ads Library.

Menerapkan filter berdasarkan media

Selain platform, Facebook Ads Library juga menyediakan opsi untuk jenis media. Gambar, video, meme, dimulai dengan gambar dan meme, bahkan tanpa gambar dan video.

Pilihan ini mempunyai penjelasan untuk setiap pilihannya. Hal hebat tentang filter media ini adalah setelah Anda memilih jenis video, Anda dapat mencari kata kunci berdasarkan transkrip yang ada di dalamnya. Wah canggih sekali ya!

Filter iklan berdasarkan tanggal tayang

Ads Library Facebook juga menyediakan filter tanggal tayang yang Anda perlukan. Filter tanggal menyediakan kolom tanggal mulai dari tanggal mulai siaran hingga tanggal berakhir.

Ini memungkinkan Anda melihat iklan apa yang tersedia selama jangka waktu yang Anda filter, jadi jika Anda memindahkan kampanye, Anda akan tetap berpindah jika penawarannya sama.

Bandingkan iklan dari beberapa kompetitor

Setelah Anda mencoba semua filter, Anda dapat membandingkan iklan dari beberapa pesaing yang berhasil ditayangkan oleh Facebook Ads Library. Tampilan di atas sesuai dengan filter yang Anda terapkan, sehingga Anda dapat fokus pada satu area saja. Jika Anda menelusuri lagi, Anda mungkin menemukan iklan yang bertuliskan “This ad has multiple versions”. Ini berarti beberapa variasi video dan gambar dalam satu iklan.

Metode ini disebut pengujian A/B. Ini melibatkan menampilkan beberapa variasi produk dalam iklan yang sama untuk melihat iklan mana yang disukai calon pelanggan Anda. Tidak ada salahnya menggunakan cara ini untuk meningkatkan efektivitas iklan yang Anda lihat.

Jadikan Iklan Lebih Efektif Dengan Facebook Ads Library!

Facebook Ads Library memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas iklan yang Anda buat. Iklan berkualitas tinggi secara otomatis memengaruhi penjualan dan kesadaran terhadap produk yang Anda tawarkan. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk menerima uang dari Facebook, Loh!

Dengan memeriksa iklan banyak pesaing, Anda dapat belajar banyak dan mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk menarik calon pelanggan. Manfaatkan Ads Library Facebook sekarang!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

5 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

6 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

7 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago