HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu Manajemen Data? Pengertian, Manfaat, dan Pencegahan Masalahnya

Data merupakan hal penting dalam bisnis, namun tidak semua bisnis atau perusahaan mengetahui cara mengelola data dengan baik. Manajemen data tidak hanya untuk perusahaan besar, usaha kecil dan menengah juga perlu mengelola data untuk meningkatkan produktivitas dan ROI bisnis.

Pengertian Manajemen Data

Manajemen data adalah metode perencanaan dan pengendalian data, yang praktiknya meliputi pengumpulan, penyimpanan, perlindungan, dan pemrosesan data.

Dalam bisnis, data dikaitkan dengan pelanggan, karyawan, prospek, pemasok, anggaran, perjanjian kerja sama, akun, dan pesaing.  Perusahaan yang dapat mengelola datanya secara efektif dapat memanfaatkan analisis informasi untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Manfaat Manajemen Data

Manajemen data memiliki banyak manfaat bagi bisnis, baik skala besar maupun kecil. Berikut beberapa manfaatnya:

Memahami Data Pelanggan

Data pelanggan yang berasal dari CRM, otomatisasi pemasaran, dan platform periklanan, dapat kamu digabungkan. Kamu dapat memahami dan mengidentifikasi pelanggan mana yang akan membawa keuntungan bagi bisnis kamu.

Mengevaluasi Acquisition Channel

Data warehouse pelanggan dapat menghubungkan biaya akuisisi pelanggan dengan data retensi pelanggan dalam Google Analytics. Kamu juga dapat memahami ROI bisnis kamu secara keseluruhan.

Memahami Siklus Pembelian

Dalam model bisnis B2B, calon pelanggan biasanya tidak langsung membeli produk setelah mengklik iklan bisnis kamu. Manfaat lain dari manajemen data ini adalah memungkinkan kamu memahami siklus pembelian dari calon pelanggan yang sudah mengakses website bisnis kamu hingga akhirnya mereka membeli produk bisnis kamu. Siklus pembelian ini mungkin memakan waktu beberapa bulan.

Mencegah Masalah Dalam Manajemen Data

Sangat sulit untuk mengelola data dengan baik karena bisa saja data yang diterima tidak dalam format yang tepat sehingga tidak dapat dikelola untuk pengambilan keputusan bisnis. Untuk mencegah data tidak dapat dikelola, kamu perlu memahami tantangan yang biasanya terjadi pada data.

Integritas Data

Integritas data ditentukan oleh konsistensi data. Mempunyai integritas memerlukan proses pengumpulan data yang cerdas, seperti saat kamu mengisi formulir di webiste dan memasukkan format nomor telepon yang salah.

Kamu akan menerima peringatan bahwa nomor yang kamu masukkan salah dan akan meminta kamu memasukkannya kembali. Ini adalah salah satu cara cerdas mengumpulkan data untuk memastikan data yang kamu berikan valid dan cukup relevan untuk digunakan.

Kualitas Data

Kualitas data erat kaitannya dengan aksesibilitas, konsistensi, dan relevansi. Data yang berkualitas tinggi adalah data yang sesuai dengan tujuan penggunaan, pengambilan keputusan, dan perencanaan.

Setelah memastikan integritas data, kamu akan memiliki data yang konsisten. Jika data tidak dapat diakses maka data tersebut tidak sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Hal tersebut juga berlaku pada data yang sudah konsisten dan dapat diakses, namun tidak relevan untuk operasional, pengambilan keputusan, dan perencanaan bisnis, karena kualitas datanya menurun.

Mematuhi Persyaratan yang Terus Berubah

Data menjadi persoalan penting karena menyangkut data pribadi pelanggan dan perusahaan. Kegagalan untuk mematuhi peraturan lokal dan internasional yang telah ditetapkan dapat menimbulkan konsekuensi hukum.

Sebuah bisnis memiliki tanggung jawab untuk mematuhi persyaratan peraturan yang terus berubah untuk memastikan data mereka dikelola dengan baik.

Nah, itulah yang dimaksud dengan manajemen data, manfaat, dan pencegahan masalahnya. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

5 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

6 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

7 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago