HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Fitur, Cara Menggunakan Dan Link Download Winbox Mikrotik

Winbox Mikrotik adalah perangkat lunak berbasis GUI yang digunakan untuk mengakses dan mengatur konfigurasi MikroTik RouterOS.

Berkat desainnya yang portable dan lisensinya yang gratis, software Winbox Mikrotik ini memang sangat populer dikalangan pengguna mikrotik.

Selain itu, Winbox juga mempunyai tingkat cross compatibility yang cukup tinggi. Bisa menggunakan software ini pada Windows, Linux, maupun Mac. Jika penasaran tentang fitur dari winbox mikrotik dan cara menggunakannya.

Fitur-fitur Winbox Mikrotik 

Setelah mengetahui lebih dalam tentang apa itu mikrotik, sekarang mari bahas fitur-fitur yang tersedia pada software Winbox Mikrotik.

1. Safe Mode

Salah satu fitur Winbox Mikrotik yang pertama adalah Safe Mode. Fitur ini digunakan untuk melakukan konfigurasi mikrotik secara lebih aman dan lokal. Jika melakukan kesalahan saat melakukan konfigurasi, kesalahan tersebut tidak akan langsung menyebabkan kerusakan pada jaringan.

Ada banyak kesalahan yang bisa mengakibatkan router mengalami gangguan dan terputus hingga tidak bisa lagi diakses secara remote. Tentunya tidak ingin koneksi remote terputus. Terutama jika perangkat berada di tempat yang lumayan jauh.

Nah fitur safe mode ini bisa mengembalikan konfigurasi router ke pengaturan default dengan mudah. Sehingga tentunya lebih aman dan efektif.

Setelah menemukan konfigurasi yang paling tepat untuk jaringan, selain itu juga bisa mematikan fitur safe mode untuk menyimpannya secara permanen.

2. Hide Password

Fitur ini selalu aktif secara default pada konfigurasi Winbox Mikrotik. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan karakter asli dari password yang digunakan. Semua password konfigurasi seperti PPP secret, wireless security profile, dan Hotspot user akan di enkripsi untuk keamanan yang lebih baik lagi.

Jika ingin melihat karakter asli dari password-password tersebut, hanya tinggal mencentang fitur Hide Password pada menu Settings.

3. Backup dan Restore

Untuk menggunakan fitur backup dan restore, pengguna WinBox Mikrotik bisa mengaksesnya melalui menu File pada halaman pertama. Namun ingat Golden friends, pada perangkat lunak ini, backup yang dilakukan tidak sama seperti backup pada umumnya.

Dalam jaringan mikrotik, yang menjadi sasaran backup adalah konfigurasi dari router dan jaringan yang telah diatur pada WinBox. Bisa menyimpan file backup di tiga pilihan penyimpanan: storage internal yang ada pada router, pada cloud storage, dan juga HDD lokal komputer.

4. Export dan Import

Jika sering berganti router, fitur Export dan Import adalah salah satu fitur Winbox Mikrotik terpenting yang tidak boleh dilewatkan. Fitur ini memang sangat berguna jika ingin menggunakan router dengan model yang berbeda dari router lama.

Dengan export dan import bisa dengan mudah mengaplikasikan konfigurasi router yang sudah ada ke perangkat baru. Caranya pun cukup mudah hanya perlu mengambil konfigurasi router yang sudah ada melalui fitur Export.

Selanjutnya, transfer hasil export ke router baru menggunakan perintah Import. Tentunya lebih mudah daripada melakukan konfigurasi dari awal.

5. Dashboard

Fitur lain dari Winbox Mikrotik yang bernama dashboard digunakan untuk menampilkan informasi seperti Time, Date, CPU load, memory, dan juga Uptime Router. Dashboard memudahkan pengguna untuk memonitor segala hal yang ada pada router.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang semua menu pada fitur dashboard Winbox, yaitu :

  • Time & Date – informasi real-time tentang tanggal dan waktu yang dibutuhkan untuk mengatur konfigurasi, update, dan melakukan hal lainnya pada software tersebut
  • CPU – memberikan informasi tentang penggunaan CPU router secara real-time.
  • Memory – informasi real-time tentang penggunaan memory RAM pada router.
  • Uptime – menunjukkan durasi atau lama waktu router sedang aktif.

Cara Menggunakan Winbox Mikrotik

Untuk menggunakan Winbox, tentunya harus mengetahui prosedurnya terlebih dahulu. Berikut adalah tutorial cara menggunakan Winbox Mikrotik, yaitu :

  1. Langkah pertama tentunya memastikan perangkat sudah terhubung ke RouterOS melalui kabel ethernet atau hub dan switch.
  2. Selanjutnya, jalankan Winbox Mikrotik dan tekan Neighbors. Tujuannya adalah untuk memastikan Winbox menemukan alamat IP dan MAc dari Mikrotik RouterOS.
  3. Jika sudah menentukan RouterOS mana yang ingin dikonfigurasi, masuk dan klik connect » masukkan user login dan password untuk mengakses router.
  4. Lalu, Winbox akan mendownload semua plugin dari router. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama jika baru pertama kali menggunakannya.
  5. Ketika proses download plugin selesai, jendela utama Winbox akan ditampilkan.

Fungsi dan Kelebihan Winbox Mikrotik

Seperti yang kita ketahui fungsi utamanya adalah untuk remoting router Mikrotik agar dapat digunakan. Namun, di sisi lain Winbox ini memiliki beberapa fungsi atau manfaat lainnya, antara lain :

  • Memudahkan para network administrator dalam mengkonfigurasi Mikrotik.
  • Menghemat waktu karena kita lebih mudah menemukan fitur-fitur Mikrotik dengan tombol yang tersedia.
  • Tidak perlu bingung memikirkan script sehingga cocok untuk digunakan oleh pemula.
  • Ukuran aplikasi Winbox sangat kecil hanya berkisar sekian MB saja sehingga tidak akan membuat PC/laptop menjadi berat.
  • Aplikasi yang portable, artinya tidak perlu melakukan instal pada komputer yang belum terpasang Winbox. Hanya cukup copy-paste saja dan Winbox dapat digunakan.
  • Mendukung versi 64 dan 32 bit.

Kekurangan Winbox Mikrotik

Sedikit sekali untuk menguraikan kekurangannya karena memang aplikasi ini hampir tidak ada kekurangannya. Mungkin akan mencoba menjelaskan kekurangan Winbox secara umum.

  • Membuat pengguna Mikrotik menjadi ketergantungan pada mode GUI sehingga sulit dan bingung ketika dihadapkan dengan mode CLI (text).
  • Seringkali terdapat error yaitu tidak bisa login menggunakan IP Address atau MAC Address.
  • Terkadang membingungkan jika banyak router tanpa identitas terdeteksi pada Winbox dan kita tidak tahu dari IP router yang kita maksud.

Cara Instalasi Winbox Mikrotik

Agar dapat menggunakan Winbox tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu karena sifat dari aplikasi ini portbale. Jika sudah mengunduh Winbox dan ingin di install pada perangkat yang lain maka cukup “copas” saja aplikasinya kemudian jalankan.

  • Silakan buka file lokasi di mana Winbox berada.
  • Kemudian klik kanan » lalu klik Run as administrator.
  • Jika sudah dijalankan, maka nanti Winbox akan otomatis terbuka dan mendeteksi router Mikrotik apabila sudah ada yang terhubung dengan perangkat yang digunakan.
  • Terakhir cukup klik MAC Address atau IP Address kemudian klik Connect jika ingin menghubungkan Mikrotik dengan Winbox.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

20 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago