HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Fitur Terbaik Instagram Untuk Bisnis Online

Media sosial seperti Instagram dan Facebook tidak hanya sekedar untuk berbagi foto dan memperluas jaringan pertemanan. Instagram melakukan survei tersebut bersama dengan firma konsultan bisnis IPSOS. Hasilnya, 52% usaha kecil dan menengah di Indonesia memilih menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk mereka dan mengarahkan pelanggan ke situs web mereka. Studi tersebut juga menemukan bahwa 81% pengguna, khususnya di Indonesia, menggunakan Instagram untuk mempelajari produk dan merek. Indonesia juga masuk dalam lima besar negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Instagram telah mengembangkan beberapa fitur terkait bisnis. Ferdy Nandez, Head of Emerging Business and Small Business Facebook dan Instagram Asia Tenggara, mengatakan setidaknya ada 5 fitur baru di Instagram yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pebisnis. Kabar baiknya, 5 fitur terbaru Instagram ini gratis, alias tidak berbayar. Sekarang mari kita bahas fitur-fitur ini:

  1. Fitur Instagram Insight

    Fitur Instagram terbaru ini memungkinkan pengguna Instagram Business melihat siapa saja yang telah melihat profil bisnisnya. Fitur Instagram terbaru ini menampilkan informasi seperti usia, demografi, dan minat konsumen. Misalnya, usia rata-rata pengguna yang melihat profil perusahaan adalah antara 18 dan 30 tahun, dan mereka tinggal di dekat Jabodetabek. Wawasan ini bisa sangat membantu dalam menentukan langkah pemasaran apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Kelompok umur juga dapat dijadikan tolak ukur untuk mengidentifikasi tren perkembangan.

  2. Fitur Auto Reply

    Ferdy Nandez juga menyampaikan bahwa konsumen Indonesia memiliki ciri khas yang unik yang biasa disebut dengan social-commerce. Konsumen lebih suka menggunakan fitur chat untuk bertanya dan meminta berbagai jenis informasi, meskipun informasi tersebut tercantum di situs web. Berdasarkan survei Instagram, 82% responden mengaku menerima Direct Message (DM) dari pelanggan setiap hari. Agar proses komunikasi ini lebih efektif, Instagram telah membuat fitur auto-reply atau quick-reply.

  3. Fitur Filter Inbox

    Seperti namanya, fitur Instagram terbaru ini digunakan untuk memfilter pesan masuk. Pengguna dapat menandai beberapa pesan masuk dan memutuskan pesan mana yang harus ditinjau dan mana yang hanya dicari. Fitur filter inbox juga memungkinkan Anda memfilter pesan yang belum dibaca. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga engagement dengan pelanggan.

  4. Fitur Instagram Stories

    Di Indonesia, fitur Instagram terbaru ini menjadi salah satu fitur populer untuk promosi. Menurut Instagram, 400 juta Instagram Stories telah diunggah. Indonesia juga disebut sebagai pembuat Instagram story terbesar di dunia. Pelaku usaha biasanya membuat konten cerita semenarik mungkin dan menggunakan data yang dimasukkan ke Instagram Insight. Instagram Stories juga memungkinkan Anda membangun percakapan dengan pelanggan menggunakan fitur interaktif seperti Poll Sticker atau Ask Me Questions.

  5. Fitur Siaran Langsung (Live)

    Fitur Instagram terbaru yang menarik perhatian calon pembeli adalah Instagram Live. Instagram berasumsi bahwa bisnis yang go live akan menerima lebih banyak like dibandingkan bisnis yang tidak go live. Konten yang ditamplikan pun beragam. Pelanggan biasanya tertarik dengan cerita di balik layar seperti bagaimana makanan dan kerajinan dibuat.

Hasuskah Kamu Beralih ke Akun Bisnis di Instagram?

Ternyata banyak pendapat dan perdebatan mengenai apakah lebih baik brand dan influencer menggunakan akun pribadi daripada akun bisnis. Walaupun pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing pengguna, dan sepertinya satu jawaban tidak bisa digunakan untuk banyak pengguna. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mempertimbangkan mana yang lebih baik untuk setiap pengguna. Untuk mempermudahnya, berikut beberapa pertanyaan untuk membantu mengukur pengambilan keputusan Anda.

Berapa Banyak Follower yang Kamu Miliki? Apakah Ada Lebih Dari 10.000?

Baik itu bisnis kecil, perusahaan besar, atau bahkan akun influencer, jumlah pengikut merupakan aspek penting untuk dipertimbangkan. Akun bisnis dengan lebih dari 10.000 follower memiliki keuntungan karena dapat menautkan ke situs web mereka di Instagram Stories (fitur Swipe Up). Anda dapat menautkan tidak hanya ke situs web perusahaan Anda, tetapi juga ke tautan afiliasi atau ke situs web tertentu yang memungkinkan calon pembeli melakukan aktivitas tertentu.

Jika Anda memiliki jumlah pengikut yang banyak, lebih dari 10.000, itulah alasan bagus untuk beralih ke akun bisnis Instagram. Apalagi fitur terbaru Instagram yaitu swipe up tidak tersedia untuk akun pribadi atau akun dengan pengikut kurang dari 10.000.

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

46 mins ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

4 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago