HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ketahui! Kelebihan dan Kekurangan Membuat VPN Server Sendiri

VPN Server mengalami perkembangan pesat seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggunakannya. Ini karena VPN Server mendukung protokol jaringan, seperti PPTP, L2TP, IPSec, dan SOCKS.

Sesuai fungsinya, VPN Server digunakan agar koneksi jaringan internet bersifat privat. Ini berarti tidak sembarang orang berada di jaringan yang sama. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya insiden cyber crime, seperti pencurian dan penyadapan data. Tidak hanya itu, VPN Server juga memiliki fitur enkripsi data untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data.

Ingin tahu lebih banyak tentang VPN Server? Yuk, simak artikel ini sampai akhir ya!

Pengetian dan Manfaat VPN Server

Orang sering bertanya, “Apa perbedaan antara VPN dan VPN Server?” Oke, jadi, sebenarnya VPN dan VPN Server adalah hal yang sama, hanya beda penyebutan saja. VPN (Virtual Private Network) atau VPN Server adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengakses website dengan aman dan rahasia, merutekan koneksi melalui server, dan menyembunyikan aktivitas di dunia maya.

Jika kamu menggunakan layanan VPN Server, secara otomatis kamu akan membentuk jaringan yang bersifat privat. Hal ini tentu akan mengurangi kemungkinan terjadinya cyber crime.

Ada dua jenis layanan VPN Server, yaitu gratis dan berbayar. Jika kamu bingung mau pilih yang mana, kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Misalnya saja jika kamu ingin menggunakan VPN untuk keperluan penting seperti keuangan, kamu bisa menggunakan server VPN berbayar atau membuat server VPN sendiri. Namun, jika kamu hanya ingin mencoba VPN Server, kamu bisa menggunakan VPN Server gratis yang disediakan oleh platform-platfrom VPN.

Amankah Jika Membuat VPN Sendiri?

Ketika kamu membuat VPN Server sendiri, akan terjadi proses enkripsi data antara perangkat dan VPN Server yang membuat jaringan internet lebih aman. Selain itu, VPN Server juga dapat digunakan untuk mencegah orang lain melihat apa yang kamu lakukan di internet.

Membuat VPN Server kamu sendiri, memberi kamu kebebasan untuk mengelola dan mengkonfigurasi VPN Server yang hanya kamu yang mengetahuinya. Berbeda dengan VPN berbayar, yang mana kamu harus menyerahkan akses pada penyedia VPN berbayar. Inilah salah satu alasan mengapa membuat VPN Server sendiri lebih aman dibandingkan menggunakan VPN berbayar.

Jika kamu ingin membuat VPN Server sendiri, kamu dapat melakukannya dengan mudah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tools OpenVPN (OpenVPN Access Server). Selain itu, jika kamu memiliki VPS cloud, kamu juga dapat menghubungkan VPN Server yang kamu buat dengan Cloud VPS.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat VPN Sendiri

Selalu ada kelebihan dan kekurangan dalam memperoleh sesuatu. Hal yang sama berlaku untuk VPN Server yang dibuat sendiri. Keuntungan membuat VPN Server sendiri, diantaranya:

  • Bebas memilih lokasi server.
  • Dapat digunakan untuk membuka akses website yang diblokir.
  • Kecil kemungkinan untuk diblokir. Cloud VPS menyediakan alamat IP pribadi. Ini berarti alamat IP kecil kemungkinannya untuk diblokir oleh layanan streaming pemblokiran IP.
  • Lebih murah dibandingkan menggunakan VPN Server berbayar.

Kamu sudah tahu kelebihan yang didapat dari server VPN. Sebaiknya kamu juga harus mengetahui kekurangan VPN Server. Kekurangan dari membuat VPN Server sendiri adalah tidak cocok untuk orang yang tidak memahami hal teknis pada server. Mengapa demikian? Ini karena konfigurasi VPN Server memerlukan perintah teknis. Jika kamu tidak terlalu paham dengan teknis server, lebih baik gunakan VPN gratis.

Tools Membuat VPN Sendiri

Untuk membuat VPN Server sendiri, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools di bawah ini, seperti:

  • OpenVPN

OpenVPN adalah tools atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuat VPN Server sendiri dan mengelola koneksi VPN. OpenVPN memungkinkan kamu dengan bebas mengonfigurasi pengaturan untuk membuat server VPN.

OpenVPN tersedia untuk sistem operasi Windows, iOS, Android, dan MacOS. Manfaat dari OpenVPN yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa mengakses website yang terblokir, meningkatkan keamanan perangkat, melakukan browsing secara anonim, mencegah akses pihak ketiga, dan banyak lagi.

  • StrongSwan

Seperti tools VPN Server lainnya, StrongSwan berjalan pada kernel Linux 2.6, 3.x, 4x, Android, FreeBSD, macOS, iOS, dan Windows. StrongSwan menggunakan protokol IKEv2 dan IPSec. StrongSwan memiliki beberapa konfigurasi yang sulit dilakukan sehingga jarang digunakan. Namun, StrongSwan dapat melintasi firewall NAT untuk mengamankan koneksi.

  • WireGuard

Mirip dengan OpenVPN, WireGuard digunakan untuk membuat VPN yang menggunakan protokol. Salah satu fitur utama WireGuard adalah fitur “crypto key routing”. Fitur ini bekerja dengan mengaitkan kunci publik dengan daftar alamat IP yang diperbolehkan dalam tunnel. WireGuard tersedia untuk Ubuntu, Debian, Fedora, CentOS, macOS, Windows, dan Android. Selain itu, WireGuard bekerja pada IPv4 dan IPv6.

  • SoftEther

SoftEther awalnya merupakan proyek mahasiswa di Universitas Tsukuba, Jepang. SoftEther VPN Server berjalan di Windows, Linux, OSX, FreeBSD, dan Solaris, dan aplikasi klien berjalan di Windows, Linux, dan MacOS. SoftEther biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menyiapkan VPN sehingga perusahaan dapat mengakses website dengan mudah dan aman tanpa ada gangguan hacker atau traffic server yang tinggi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tetang VPN Server. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

3 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

23 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago