HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Serba-serbi FTP (File Transfer Protocol) yang Pemula Harus Tahu

FTP adalah metode transfer online. Sejauh ini, kita mengetahui bahwa website yang kita akses dengan browser adalah internet. Nah, browser yang kita gunakan setiap hari ini hanya menggunakan satu protokol, yaitu HTTP. Selain HTTP, ternyata ada banyak protokol lain yang membentuk internet.

Misalnya, IMAP dan POP yang merupakan dua protokol yang digunakan klien email untuk mengirim dan menerima pesan.  Ada juga, XMPP, yang merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan instan.

Hal yang sama berlaku untuk protokol serupa, yaitu FTP. FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan protokol tertua yang masih digunakan hingga saat ini dan merupakan cara mudah untuk memindahkan file.

Server FTP menyediakan akses ke direktori dan subdirektori. Pengguna terhubung ke server ini menggunakan klien FTP, yaitu perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengunduh file dari server dan mengunggah file ke server.

Meskipun tidak banyak pengguna internet yang menggunakan FTP, tapi FTP adalah alat penting bagi siapa pun yang sedang membangun website. Alat ini cukup mendasar dalam dunia website sehingga kamu juga perlu tahu meskipun kamu bukan seorang developer.

Serba-serbi File Transfer Protocol (FTP)

FTP adalah alat yang memungkinkan kamu mentransfer informasi dari komputer ke server yang menampung website kamu. Jika kamu ingin menginstal WordPress di server web, kamu memerlukan FTP ini untuk menyalin file.

Penggunaan FTP memang semakin berkurang karena banyak layanan cloud yang dianggap lebih ramah pengguna. Namun, beberapa pihak masih menyimpan file di host atau home server dan menggunakan FTP untuk mengaktifkannya.

Hal penting yang perlu kamu ketahui tentang FTP adalah FTP dianggap kurang aman. Ini karena dengan menggunakan FTP sama seperti kembali ke tahun 1971, ketika cybersecurity belum menjadi hal yang populer.

Selain itu, transfer FTP juga tidak terenkripsi sehingga relatif mudah untuk mencegat file. Karena alasan itulah, semakin banyak orang yang menggunakan FTPS. Pada dasarnya, FTPS berfungsi seperti FTP, namun terenkripsi sehingga lebih aman. FTPS adalah FTP yang dilengkapi dengan SSL.

FileZilla dan CyberDuck adalah dua contoh FTP yang banyak direkomendasikan. Keduanya memiliki fitur yang lengkap dan pengalaman bertahun-tahun. Mereka telah mengembangkan antarmuka pengguna dan alat yang semakin canggih untuk membuat proses transfer file FTP lebih cepat dan mudah.

Anda juga dapat mengatur server FTP kamu sendiri. Jika kamu menggunakan Windows, kamu dapat mengunduh dan menjalankan server FileZilla. Sedangkan untuk pengguna Mac tidak memerlukan perangkat lunak pihak ketiga.

Untuk pengguna Mac, buka saja menu “Sharing” di System Preferences lalu aktifkan “Remote Login”. Ini akan mengaktifkan server FTPS di Mac kamu sehingga memungkinkan kamu menjelajahi komputer dengan aman dan mengambil file dengan FTP apapun.

  • Logging in

Menghubungkan ke server FTP sama dengan menghubungkan ke hampir semua server lain di website. Mirip dengan login ke akun e-commerce, seperti Hotmail, Lazada, atau Tokopedia, kamu juga memerlukan alamat server, nama pengguna, dan kata sandi untuk bertukar informasi dengan server.

Di bawah ini adalah ontoh set login pada server FTP:

Site: my.hosteko.com 

login: maxblack 

pass: XbvCk046gaff 

port: 21

Baris pertama pada contoh di atas adalah alamat website, yang juga merupakan alamat server FTP yang ingin disambungkan. Baris kedua dan ketiga adalah contoh username dan password. Baris terakhir adalah port yang disambungkan ke server. Kamu dapat menganggap port sebagai pintu kecil di server.

Sebagian besar server di internet memiliki banyak pintu, masing-masing dengan tujuannya sendiri. Setiap port menangani jenis transaksi tertentu antara server dan klien. Nomor port sering kali ditampilkan di akhir alamat web server dan dipisahkan oleh tanda titik dua. Misalnya: ftp.contoh.org:2.

Kamu tidak perlu mengetahui semua port TCP/IP untuk setiap aplikasi internet yang ada, namun kamu setidaknya harus mengenali nomor portnya. Hal ini penting ketika kamu terhubung ke server yang meneruskan koneksi FTP ke port lain yang tidak dikenal.

  • FTP yang Anonim

Banyak server publik di internet yang memungkinkan pengguna untuk masuk dan mengunduh file melalui FTP dengan membuat koneksi anonim. Meskipun kamu terhubung secara anonim ke server FTP, kamu tidak benar-benar anonim.

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin diminta memasukkan nama pengguna dan alamat email sebagai kata sandi. Ini merupakan tanda sopan santun kepada administrator server untuk mengetahui siapa yang masuk dan mengunduh file.

Anonim memang tidak mengharuskan kamu memberikan informasi pribadi apa pun selama proses koneksi. Setiap administrator sistem akan mencatat semua sesi. Oleh karena itu, jika kamu melakukan sesuatu yang berbahaya atau ilegal, administrator server memiliki domain host dan alamat IP kamu sehingga kamu bisa saja diblokir atau bahkan dituntut.

  • Terbesar Dari Beberapa Klien

Kebanyakan klien FTP menyediakan semua fitur dasar yang kamu perlukan sebagai pengguna FTP. Namun, mungkin diperlukan waktu trial and error yang singkat untuk menemukan klien FTP yang benar-benar sesuai.

Saat memilih klien FTP, pastikan untuk mencari aplikasi yang:

    1. Memiliki antarmuka ramah pengguna yang dengan jelas menampilkan lokasi komputer dan lokasi jarak jauh.
    2. Memiliki alat untuk mengelola beberapa akun login di beberapa server.
    3. Mencatat sesi FTP.
    4. Memberikan opsi antara FTP aktif atau pasif saat menghubungkan.
    5. Memungkinkan kamu untuk mengatur izin folder dan file di server.

Untuk pengguna Windows, aplikasi yang mudah digunakan dan gratis adalah Filezilla. Aplikasi ini cocok untuk pemula. Dibuat oleh komunitas open source yang dipimpin oleh Tim Kosse. FileZilla memiliki semua fitur yang kamu perlukan untuk melakukan crack.

Aplikasi populer lainnya di kalangan pengguna Windows adalah WS_FTP Pro dari Ipswitch. Aplikasi ini menyediakan clean interface dan manajemen koneksi. Sementara untuk pengguna Macintosh, dapat menggunakan Fetch Softwork dan Panic’s Transmit.

  • FTP Melalui Browser

Cara terbaik untuk menjalankan FTP adalah menggunakan klien FTP. Namun, terkadang lebih mudah menggunakan web browser untuk mengambil file dari server FTP. Jika browser dialihkan ke server dan bukan ke web server, http:// akan berubah menjadi ftp://, ini karena menggunakan protokol yang berbeda. Sehingga alamat browser kamu akan menjadi seperti ini: ftp://username:password@ftp.contoh.org/

Jika kamu menggunakan browser untuk terhubung ke server FTP, kamu mungkin juga diminta untuk login seperti saat kamu login ke FTP dengan menggunakan klien FTP (misalnya FileZilla).

Setelah kamu masuk ke server, kamu akan melihat nama pengguna dan kata sandi di jalur server, seperti pada contoh di atas. Jika kamu masuk secara anonim maka kata “anonim” akan muncul di nama pengguna kamu dan alamat email kamu akan bertindak sebagai kata sandi.

Web browser dapat menavigasi server FTP seperti sistem file lainnya. Kamu dapat mengeklik salah satu folder untuk menelusuri dan mengeklik file di dalamnya untuk mengunduh.

Meskipun FTP melalui browser itu menyenangkan dan nyaman, namun menggunakan klien FTP adalah aturan umum. Oleh karena itu, gunakan klien FTP jika memungkinkan. Ini karena browser menawarkan fungsionalitas minimal dan tentu saja keamanan yang minimal.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang FTP. Semoga bermanfaat!
5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

5 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago