HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ini Adalah Tahapan Website Maintenance Yang Wajib Kalian Ketahui

Tahapan pembuatan situs web jenis apapun harus dijalankan dengan benar untuk memastikan kinerja terbaik dalam tampilan, desain, dan fungsionalitas. Namun ternyata ini hanya sebagian dari proses pengembangan website, karena setelah website berhasil dibangun maka Anda juga perlu melakukan maintenance website sebagai salah satu bentuk pemeliharaan website.

Website maintenance adalah bagian dari siklus pengembangan sistem atau perangkat lunak. Dengan kata lain, tahap maintenance website adalah segala upaya untuk memastikan visibilitas website, bisnis, atau mesin pencari Anda terus meningkat. Kami berharap pengguna kami mendapatkan pengalaman pengguna terbaik saat berinteraksi dengan situs web kami.

Sama seperti merawat rumah Anda, web maintenance adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa situs web Anda dan semua sumber daya di dalamnya tidak rentan terhadap kejahatan keamanan siber. Jadi apa yang perlu Anda lakukan agar situs web Anda tetap terpelihara dengan baik untuk kebutuhan Anda?

Untungnya, Hosteko telah menulis panduan tentang apa yang perlu Anda lakukan dalam hal pemeliharaan situs web dan apa saja yang diperlukan blog yang tepat seperti yang telah kami rangkum manfaat pentingnya. Selamat membaca!

Apa Itu Website Maintenance?

Web maintenance adalah pemantauan kinerja situs web secara keseluruhan untuk memastikan berfungsi dengan baik, cepat, dan aman. Pemeliharaan web biasanya merupakan tanggung jawab departemen IT (untuk situs web perusahaan besar), system optimization engineer, dan pakar sisi server. Mereka memelihara website agar pengguna website tidak mengalami kendala tertentu saat menggunakan website.

Pada dasarnya, memelihara website dengan baik memerlukan beberapa langkah. Mulai dari pembaruan sistem perangkat lunak dan plugin keamanan, penambahan konten baru, meningkatkan traffic baru dan returning traffic, serta elemen lain yang memerlukan perbaikan pada website.

Manfaat Website Maintenance

Tentu saja, pemilik bisnis dan mereka yang baru memulai blog ingin memastikan bahwa ketika pengunjung dan sistem mesin pencari mengakses situs web mereka, mereka mendapatkan kinerja situs web terbaik tanpa kesalahan apa pun. Tidak melakukan pemeliharaan web secara rutin dapat memengaruhi semua proses di situs web Anda.

Misalnya, laman di situs web Anda dimuat dengan lambat, perolehan prospek menjadi sulit, malware mengintai dan peretasan menjadi lebih mudah, dan pengunjung mengalami masalah. Bahkan banyak orang tidak bisa mengakses websitenya sama sekali. Ini sangat menakutkan, bukan?

Web maintenance adalah pemeliharaan sebuah website yang sebagai strategi SEO dapat mempengaruhi kesan pertama pengunjung website sehingga menjamin keamanan dan penjualan bagi perusahaan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kesan Pertama yang Baik

Banyak pebisnis yang percaya bahwa mereka hanya punya satu kesempatan untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada pelanggannya. Tampilan awal website Anda dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap potensi Anda dalam menarik pelanggan.

Jika website Anda terlihat ketinggalan jaman atau tidak berfungsi dengan baik, hal ini akan mengganggu proses bisnis Anda dan menyebabkan hilangnya prospek baru setelah website Anda ditampilkan kepada pelanggan.

Oleh karena itu, strategi pemeliharaan website yang baik adalah dengan menggunakan desain web yang menarik dan terkini sehingga Anda dapat menyampaikan pesan dan informasi yang tepat kepada pelanggan website baru.

Hal ini memungkinkan pelanggan menemukan apa yang mereka cari di website Anda dan secara tidak langsung membuat mereka tertarik untuk tetap berada di halaman website Anda.

2. Reputasi Bisnis

Seperti halnya kesan pertama, reputasi bisnis juga sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Pertahankan reputasi online Anda melalui pemeliharaan web dengan memiliki tautan rujukan yang baik dan berfungsi, menambahkan halaman kesalahan 404, memperbarui plugin dan konten, dan mengoptimalkan waktu muat halaman.

Misalnya, standar optimal (yaitu kurang dari 2 detik). Dengan kata lain, Anda perlu memastikan situs web Anda mewakili tujuan bisnis Anda dengan cara yang berkualitas tinggi, andal, dan profesional.

3. Strategi SEO

Memperhatikan pentingnya pemeliharaan web adalah kunci terpenting bagi para pebisnis online yang juga menggarap strategi SEO websitenya. Anggaplah proses pemeliharaan ini sebagai peluang untuk melakukan pemantauan rutin dan meningkatkan SEO situs web Anda.

Dari memperbarui konten dengan kata kunci yang dapat meningkatkan trafik website hingga memperbaiki link website yang rusak atau tidak berfungsi. Pemeliharaan situs web juga memengaruhi upaya bot Google, yang disebut perayap, untuk merayapi situs web Anda, sehingga memengaruhi nilai dan peringkat situs web Anda di mesin telusur.

Dengan hasil crawl yang baik, website Anda bisa menduduki peringkat pertama hasil mesin pencari dan menarik pengunjung baru setiap harinya. Jika Anda mengabaikan pemeliharaan dan hasil perayapan Anda buruk, situs Anda diperkirakan akan sulit ditemukan oleh pengunjung.

4. Strategi Penjualan Bisnis

Penjualan merupakan kunci bagi setiap pebisnis toko online. Semakin banyak orang yang membeli produk dari website e-commerce Anda, Anda semakin yakin bahwa bisnis Anda berjalan baik dan menghasilkan keuntungan.

Untuk mempertahankan penjualan produk perusahaan Anda yang kuat, Anda perlu menghilangkan sebanyak mungkin masalah teknis yang dapat memengaruhi pengalaman berbelanja pelanggan Anda.

Tidak jarang website e-commerce mengalami permasalahan umum seperti kesalahan yang terjadi pada proses pemesanan produk hingga membuat pelanggan tidak dapat melanjutkan pemesanan. Selain itu, beberapa hal dapat menyebabkan pelanggan kesulitan memeriksa atau membayar, atau tidak menerima diskon atau penawaran pengiriman gratis.

5. Keamanan

Rencana web maintenance adalah cara untuk melindungi bisnis Anda dari ancaman keamanan digital. Pemeliharaan biasanya dilakukan melalui pembaruan rutin terhadap perangkat lunak keamanan dan layanan sertifikasi SSL situs web yang dimaksudkan untuk melindungi file dan sumber daya situs web penting.

Contohnya meliputi kata sandi, informasi pribadi pelanggan, nomor kartu kredit, dan informasi rekening bank pelanggan. Selain itu, pengembang melakukan pemeliharaan web dengan tujuan untuk menutupi semua kerentanan yang mungkin terjadi pada situs web akibat segala jenis serangan peretas.

Hal ini semakin mempersulit hacker untuk membobol sistem website, dan berdampak pada meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap penggunaan dan penyediaan data di website.

Bagaimana Cara untuk Web Maintenance?

Dengan kata lain, web maintenance adalah garis pertahanan pertama Anda ketika potensi masalah muncul. Selain itu, sebuah website memiliki banyak komponen dan bagian yang bekerja sesuai tahapannya masing-masing dan harus dievaluasi dan dipelihara secara berkala untuk memastikan kinerja website secara keseluruhan selalu baik.

Prosedur pemeliharaan web biasanya mencakup perbaikan sistem basis data, file situs, fitur kriptografi, sistem server, registrasi dan manajemen nama domain, pemindaian kerentanan situs web, perencanaan kompatibilitas plugin, dan Peningkatan SEO mencakup penggunaan tautan internal dan eksternal. Saat membuat rencana pemeliharaan web, ada beberapa langkah yang dapat dijadikan patokan untuk menghindari pemeliharaan situs web secara umum.

Sebelum mengetahui pekerjaan pemeliharaan apa yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan situs web Anda, penting untuk dicatat bahwa Anda akan memberikan informasi kepada pengguna bahwa situs web Anda sedang dalam pemeliharaan. Pengguna jarang diberitahu bahwa situs web sedang dalam pemeliharaan. Namun, dengan informasi ini, pengguna atau pelanggan Anda akan tetap mempercayai website Anda.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang baik dari pengguna. Jadi, bagaimana cara memberi tahu pengguna tentang pemeliharaan web?

Salah satu pilihannya adalah dengan menyediakan halaman khusus di website Anda yang bertuliskan “Website is Under Maintenance. See you soon! Thank you for your patience!”. Jika Anda ingin membuat halaman khusus yang memberikan informasi tentang pemeliharaan website, Anda dapat mengikuti panduan kami untuk membuat halaman pemeliharaan

Di bawah ini beberapa tugas penting untuk pemeliharaan website.

1. Maintenance Halaman Keamanan

Keamanan situs web melindungi perusahaan Anda dari upaya jahat yang menyebabkan kerusakan digital dan berbagai jenis upaya akses terlarang ke informasi pribadi situs web Anda dan penggunaannya. Pemeliharaan web juga penting untuk keamanan situs web e-niaga dan situs web lain yang berisi data pengguna dalam jumlah besar.

Anda dapat memeriksa kualitas keamanan situs web Anda secara berkala dan mengidentifikasi celah dan kerentanan keamanan dalam situs web Anda. Selain itu, sebagai bagian dari pemeliharaan situs web, Anda akan menerima informasi tentang patch keamanan baru yang mengurangi risiko situs web Anda diretas.

Oleh karena itu, memperbarui perangkat lunak Anda adalah cara terbaik untuk melindungi situs web Anda dari segala jenis kerugian. Anda dapat mengatur rencana pemeliharaan website Anda dengan memperbarui halaman keamanan website ini setiap dua minggu atau sebulan sekali. Cobalah untuk tidak melakukan ini terlalu sering untuk menghindari terlalu lama menemukan kerentanan .

Selain itu, hindari pengguna Anda terlalu sering mengakses situs web Anda untuk menghindari masalah.

2. Maintenance Sisi Server

Selain keamanan situs web, Anda juga perlu melakukan pemeliharaan server, termasuk terus memperbarui server Anda dengan versi terbaru fitur dan kinerjanya. Menjaga server Anda tetap mutakhir dan berfungsi dengan baik memberi Anda peluang untuk menjalankan bisnis Anda secara digital dengan lebih sedikit intervensi dari luar. Alternatifnya, Anda mungkin perlu mematikan situs web dan server Anda untuk pemeliharaan.

Langkah ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan atau untuk melindungi situs web dan server Anda dari kegagalan yang tidak terduga atau total. Rencana pemeliharaan web digunakan untuk memantau proses teknis seperti pembaruan kode server dan bagian server backend lainnya.

3. Maintenance Kecepatan dan Kinerja SEO Website

Sebagian besar situs web lama cenderung lambat karena server hosting yang ketinggalan jaman atau tidak optimal. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa secara berkala proses situs web mana yang menggunakan terlalu banyak memori internal situs web Anda. Hal ini terkait dengan tujuan pemeliharaan web, yaitu menjaga agar situs web Anda dapat diakses dan digunakan dengan cepat dan optimal oleh pelanggan Anda.

Meningkatkan waktu pemuatan situs web Anda adalah langkah pemeliharaan web terbaik untuk meningkatkan hasil pencarian Anda di mesin pencari organik. Jadi langkah ini efektif untuk performa SEO website Anda. Hal ini juga mempengaruhi pengalaman pengguna, khususnya navigasi website.

Anda dapat menyewa pengembang front-end atau layanan SEO profesional untuk mengidentifikasi masalah kecepatan di situs web Anda dan memberi tahu pengembang IT Anda sehingga mereka dapat meningkatkan situs web Anda. Pemeliharaan ini sebaiknya dilakukan setiap tiga bulan sekali agar dapat dilakukan pemantauan secara berkala tanpa terlalu sering atau terlalu sering.

4. Maintenance Sisi UI dan UX Website

Anda sering kali perlu melihat bagaimana orang, atau mungkin Anda sendiri, mengakses website Anda melalui perangkat seluler seperti smartphone dan tablet. Itu sebabnya Anda perlu memperhatikan desain website Anda.

Desain situs web yang baik adalah desain yang merespons semua perangkat yang digunakan pengguna Anda. Oleh karena itu, Anda perlu merawat website Anda dengan memperbarui tampilannya agar lebih responsif di berbagai jenis perangkat. Jika website Anda sudah responsive, Anda hanya perlu memonitor error yang mungkin menyebabkan website Anda menampilkan error atau berhenti berfungsi pada perangkat kecil seperti smartphone.

Selain itu, pemeliharaan web merupakan rencana penting untuk memastikan aliran situs web Anda dan kualitas konten multimedia Anda, seperti gambar dan video, tetap berfungsi dengan baik dan tidak menjadi basi. Jika dianggap enteng atau diabaikan, hal ini akan memengaruhi daya tarik situs web Anda dan menghalangi pengunjung Anda mendapatkan pengalaman pengguna terbaik.

Website Maintenance Adalah Kunci Menjaga Kualitas Website!

Pada prinsipnya tidak perlu mengganti seluruh komponen website dengan komponen baru. Aspek terpenting dalam pemeliharaan web adalah keamanan, kinerja server, kecepatan pemrosesan, dan memastikan beberapa aspek desain situs web dalam kondisi baik atau bebas kesalahan.

Tipsnya jika Anda menggunakan WordPress atau jenis platform pembuat situs web lainnya, pastikan untuk mengaktifkan fitur pembaruan otomatis untuk memastikan semua komponen situs web sudah diperbarui. Tanpa web maintenance, website Anda bisa menjadi sasaran empuk para hacker.

Silakan menjadi pemilik situs web profesional dan buat pengguna Anda senang dengan kinerja situs web Anda dan peningkatan lalu lintas situs web. Semoga beruntung!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

4 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

5 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago