HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pebisnis Harus Tahu! Sederet Fungsi Company Profile yang Sangat Berguna untuk Perusahaan

Sebagian besar orang pasti ingin memiliki perusahaan atau bisnis milik pribadi. Perlu kamu ketahui bahwa setiap orang sebenarnya mempunyai kesempatan untuk memiliki bisnis pribadi, namun hanya jika mereka memiliki tekad yang kuat untuk melakukannya.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa memulai bisnis itu sulit. Namun, perlu kamu ketahui bahwa memperkenalkan perusahaan yang kamu dirikan kepada masyarakat umum jauh lebih sulit.

Kamu pastinya ingin perusahaan kamu dikenal banyak orang, kan? Oleh karena itu, ada baiknya kamu harus membuat company profile untuk bisnis kamu. Company profile ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap perusahaan.

Masih bingung apa itu company profile? Apa fungsi company profile? Apa contoh company profile? Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui semua jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pengertian Company Profile

Menyampaikan company profile atau profil perusahaan kepada orang lain adalah kunci untuk memperkenalkan perusahaan dan meyakinkan masyarakat umum terhadap perusahaan tersebut.

Company profile merupakan salah satu bentuk profesionalisme yang secara tidak langsung diharapkan oleh pihak lain. Satu-satunya cara untuk memperkenalkan perusahaan secara “resmi” adalah dengan memberikan company profile. Company profile adalah gambaran menyeluruh tentang suatu perusahaan.

Tujuan dari adanya company profile adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Company profile juga biasanya memuat sejarah, nilai, dan keunggulan perusahaan, dengan harapan semakin banyak orang yang ingin mencoba produk atau layanan perusahaan.

Sederhananya, company profile adalah ringkasan informasi rinci tentang keberadaan suatu perusahaan. Sehingga suatu perusahaan dapat meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap perusahaannya. Company profile juga penting dalam menarik pengakuan investor.

Saat ini semakin berkembang kesadaran masyarakat bahwa dengan adanya company profile menunjukkan bahwa perusahaan tersebut profesional. Mereka pasti akan selalu menanyakan company profile sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan suatu perusahaan, apalagi jika nilai kerjasamanya besar.

Jadi, mulai sekarang kamu harus memiliki company profile untuk kelancaran bisnis kamu di masa mendatang.

Fungsi Company Profile

Suatu perusahaan yang ingin terus berkembang pasti akan membuat company profile yang baik dan menarik. Mengapa begitu? Dengan mengetahui fungsi dari company profile, kamu pasti akan paham mengapa hal itu bisa terjadi.

Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi company profile yang perlu kamu ketahui.

1. Mengenalkan Perusahaan

Fungsi company profile yang paling utama adalah untuk memperkenalkan perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki company profile, bagaimana masyarakat luas bisa mengetahui perusahaan kamu dengan jelas?

Pihak lain mungkin ingin tahu tentang sejarah perusahaan, produk yang dijual, testimoni pelanggan, keunggulan, dan apa saja yang menurut perusahaan perlu diketahui oleh publik.

2. Membangun Citra Perusahaan

Company profile merupakan salah satu sarana untuk membangun citra suatu perusahaan. Perusahaan kamu akan dikenal inovatif, menawarkan produk berkualitas dengan harga murah, memiliki banyak cerita sukses pelanggan, dan sebagainya. Semua itu dapat dijelaskan melalui company profile, selain kinerja perusahaan itu sendiri.

Apa itu citra perusahaan?

Pada dasarnya, citra perusahaan adalah gambaran tentang siapa perusahaan itu, apa yang dilakukannya, dan bagaimana perusahaan melakukannya. Oleh karena itu, ini adalah salah satu aspek terpenting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis.

Mengapa citra perusahaan penting?

Citra perusahaan membentuk nilai perusahaan dan ini sangat penting. Saat ini, kebanyakan orang mendukung perusahaan yang memiliki nilai yang sama dengan mereka. Bahkan, nilai perusahaan seringkali menjadi faktor kunci dalam keputusan pembelian.

Data menunjukkan bahwa 83% generasi Milenial percaya bahwa penting untuk membeli dari perusahaan yang selaras dengan nilai-nilai mereka.

3. Media Promosi dan Partnership

Fungsi company profile selanjutnya adalah sebagai media promosi dan partnership. Hal ini dikarenakan, dalam company profile memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Company profile yang dibangun dengan baik dan menarik tentu akan menarik perhatian calon pelanggan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan serta produk atau layanan yang ditawarkan.

Selain itu, sebagai langkah awal untuk berkolaborasi dengan pihak lain, biasanya mereka akan meninjau perusahaan tujuan dengan membaca company profile-nya. Baik itu, kerja sama antar perusahaan maupun investasi, mereka akan selalu mempertimbangkannya berdasarkan company profile.

Contoh Company Profile

Tentu saja ada beragam contoh company profile. Nah, berikut ini adalah contoh company profile, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Starbuck

Bagi Starbucks, company profile sangatlah penting. Profil perusahaan Starbucks menggambarkan segalanya mulai dari misi perusahaan, latar belakang, produk, suasana toko, dan bahkan cerita masyrakat di balik namanya.

Gojek

Walaupun Gojek terkenal dengan aplikasinya yang merevolusi sektor transportasi, namun tentunya Gojek membutuhkan company profile yang menarik untuk menarik investor.

Karena itu, sebagai startup teknologi yang sangat terkenal, Gojek memperkenalkan perusahaannya dengan membuat company profile yang dapat diakses melalui website.

Aqua

Kamu mungkin sudah mengenal produk Aqua sejak kecil. Banyak orang mungkin mengetahui tentang Aqua dari iklan di saluran TV. Meski Aqua tergolong pandai dalam menjalankan promosi, namun iklan tidak bisa sepenuhnya mewakili seluruh cerita dan aktivitas perusahaan.

Maka dari itu, Aqua juga memanfaatkan company profile untuk menampilka informasi mendetail kepada pengguna maupun pihak lain untuk berkolaborasi.

Bank Jago

Sebagai perusahaan keuangan, Bank Jago tentunya membutuhkan company profile untuk menunjang kinerja perusahaannya. Calon nasabah pasti sering memikirkan bank mana yang cocok dan terpercaya untuk menyimpan uang mereka.

Nah, itulah betapa pentingnya company profile untuk keberlangsungan perusahan kamu. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

4 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

5 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago