HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Java Classes : Apa Itu Dan Cara Menggunakannya

Java adalah bahasa yang lebih tua yang dibangun dengan struktur bahasa Pemrograman Berorientasi Objek, yang berarti sebagian besar tidak semua, hal di Java adalah objek. Mengingat bahwa bahasa OOP sangat populer, mereka cenderung menjadi bahasa yang kuat dengan banyak fitur. Faktanya, bahkan kelas adalah objek di Java dan dalam posting ini, akan belajar lebih banyak tentang mereka dan mengapa itu penting.

Posting ini akan membahas kelas Java dan apa artinya bagi sebagai pengembang. Selain itu juga akan mempelajari sintaks, struktur, persyaratan, dan perilaku kelas Java. Pada akhir ini akan memiliki pemahaman dasar tentang kelas Java dan bagaimana memanfaatkannya dalam perangkat lunak.

Selain itu juga akan melihat beberapa video dan contoh kode untuk membantu mendorong konsep ke rumah.

Apa Itu Class In Java?

Class merupakan suatu “Blueprint” atau “Cetakan” untuk menciptakan suatu instance dari object. Class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behavior dan relasi ke object lain. Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lainnya.

Pertimbangkan hewan peliharaan, misalnya; hewan peliharaan dapat memiliki atribut yang menggambarkan keberadaannya. Misalnya, hewan peliharaan bisa berupa kucing, anjing, atau kadal. Selain itu, objek tersebut dapat memiliki sub-objek seperti warna, berat, jenis, dan atribut lainnya. Di sinilah kelas masuk; mereka memungkinkan untuk membuat cetak biru untuk hewan peliharaan. Cetak biru ini akan memungkinkan untuk membuat beberapa hewan peliharaan dengan atribut yang sama tetapi nilai yang berbeda.

Dengan struktur ini, kami dapat dengan cepat memetakkan contoh hewan peliharaan individu berdasarkan atribut dan subkelas bersama. Misalnya, bisnis mungkin menggunakan kelas untuk mengidentifikasi jenis klien atau transaksi. Setiap instance akan memiliki informasi unik seperti nama, harga, jumlah, dll.

Ada beberapa macam class yaitu :

  • Private Class merupakan class dengan kode akses yang bersifat private, dengan kata lain data maupun methode hanya dapat diakses oleh class yang memilikinya saja.
  • Public Class merupakan Class dengan kode Akses yang bisa diakses oleh semua bagian didalam program.
  • Protected Class merupakan class yang sama seperti private class, hanya saja class ini bisa diakses oleh class turunannya saja atau encaptulaion data.

Cara Membuat Kelas di Java

Di Java, sebuah kelas memiliki beberapa bagian kerja yang harus ada agar berfungsi dengan benar. Ada bagian yang diperlukan dan opsional dalam deklarasi kelas, dan masing-masing memiliki tujuan yang unik.

Mari kita lihat masing-masing bagian penting dari teka-teki ini secara lebih rinci di bawah ini :

  • Pengubah : Pengubah kelas menentukan jenis akses yang dapat dimiliki kelas, yang dapat bersifat publik atau memiliki akses default atau pribadi. Pengubah publik memungkinkan kelas dapat diakses dari dalam kelas lain, sementara default mencegahnya.
  • Kata kunci kelas : Kata kunci kelas membuat deklarasi kelas yang diperlukan oleh kompiler untuk mengidentifikasi pembuatan kelas baru.
  • Nama kelas : Nama harus dimulai dengan huruf awal (kapitalisasi menurut konvensi), dan standarnya adalah nama file kelas dan nama kelas harus sama.
  • Superclass (jika ada) : Nama induk kelas (superclass), didahului dengan kata kunci extends. Sebuah class hanya dapat meng-extend (subclass) satu parent. Tidak semua kelas akan memiliki superclass yang terkait dengannya.
  • Antarmuka (jika ada) : Daftar antarmuka yang dipisahkan koma (konstanta statis dan metode abstrak) yang diimplementasikan oleh kelas, didahului oleh kata kunci implements. Sebuah class dapat mengimplementasikan lebih dari satu interface.
  • Badan : Badan kelas dikelilingi oleh kurung kurawal, {} yang mengidentifikasi badan kelas. Tubuh kelas adalah tempat perilaku, antarmuka, dan tindakan didefinisikan.

Dengan masing-masing bagian dari kelas ini akan dapat mendeklarasikan kelas pertama.

Contoh Sintaks Kelas Java

Berikut contoh class dibawah ini :

public class cat{
   String breed;
   int age;
   String color;

   void miaow(){
   }
   
   void hungry(){
   }
   
   void sleeping(){
   }
}

Class dapat berisi salah satu jenis variabel berikut :

  • Variabel lokal : Variabel didefinisikan didalam method konstruktor atau blok disebut variabel lokal, variabel akan dideklarisasikan dalam method dan variabel akan dihancurkan ketika method telah selesai.
  • Variabel Instance : Variabel dalam class tetapi diluar method apapun, variabel ini dipakai ketika class dimuat. Variabel instance dapat diakses dari dalam method, konstruktor atau class tertentu.
  • Variabel Class : Variabel dideklarasikan dalam class, diluar method apapun, dengan kata kunci static.

Class dapat memiliki sejumlah method untuk mengakses nilai dari berbagai jenis method. Dalam contoh diatas miaow(), hungry(), dan sleeping() adalah method.

Kelas dan Objek di Java

Kelas dan objek Java tidak sama, meskipun mereka memiliki hubungan yang dalam. Ketika sebuah kelas dipakai di Java, sebuah objek dibuat atau diinisialisasi. Proses ini mirip dengan membuat contoh baru seseorang. Setiap kali objek baru dibuat dari kelas, “Orang” baru dibuat.

Setiap Person baru akan memiliki atribut, perilaku, dan metode yang sama tetapi mengandung nilai yang berbeda. Saat membuat beberapa instance baru atau objek kelas dari Person, masing-masing akan memiliki nama yang kemungkinan akan berbeda.

Cara Membuat Objek di Java

Seperti disebut sebelumnya class menyediakan “blueprint” untuk objek jadi pada dasarnya,sebuah objek dibuat dari class.Di java, kata kunci “new” digunakan untuk membuat objek baru.

Ada tiga langkah membuat objek dari class :

  • Deklarasi : Deklarasi variabel dengan nama variabel dan jenis objek.
  • Instansiasi : kata kunci “new” digunakan untuk membuat objek.
  • Inisialisasi : kata kunci “new” diikuti dengangan panggilan untuk konstuktor, panggilan ini menginisialisasi objek baru.

Berikut contoh membuat objek dibawah ini :

public class Kitten{

	public Kitten(String name){
		// konstruktor ini memiliki satu parameter, name 
		System.out.println("my kitten is:" + name);
		}
	public static void main (String []args){
		//ikuti statement ini untuk membuat objek mykitten
		Kitten mykitten = new Kitten ("teo");
	}
}

Jika code diatas benar maka hasilnya seperti berikut :

my kitten is:teo
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

1 day ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

1 day ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago