HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Security Operation Center Serta Jenis-jenisnya

SOC merupakan singkatan dari Security Operation Center yakni sistem keamanan informasi dan teknologi yang terdiri dari tenaga ahli di dalam bidang cybersecurity.SOC memiliki peran penting sebagai sistem yang melindungi server dari cyber threat yang jika tidak terhindari akan menyebabkan kerugian pada suatu organisasi.

Cara kerja SOC yakni dapat merespon,mencegah dan menganalisa jika terdeteksi serangan cyber sebagai sistem keamanan server,SOC berperan sebagai monitoring server nonstop setiap saat.Jika ada deteksi keamanan server terganggu maka SOC akan merespon hal tersebut dengan cara memberikan perlindungan yang dibutuhkan.SOC menghilangkan serangan,recovery kerusakan serta memperketat proteksi keamanan server dari berbagai gangguan lain.Peran SOC selain untuk pendeteksi ancaman,gangguan maupun serangan server juga memiliki tugas mendeteksi kelemahan pada sistem keamanan suatu organisasi.SOC aktif mendeteksi hal yang berpotensi menjadi ancaman.

SOC melindungi seluruh aset dalam suatu organisasi/perusahaan seperti informasi member,client,data keuangan dan lainnya.SOC dapat menutup celah sistem keamanan sebagai upaya preventif menghindari serangan cyber threat.Organisasi/perusahaan yang memiliki SOC dapat optimal mengandalkan tim SOC untuk mengatasi permasalahan keamanan secara real-time untuk menjaga agar jaringan tetap terlindungi.SOC menjadi investasi perusahaan yang bijaksana untuk memproteksi data dari peretas.

Berikut ini alasan SOC penting untuk sebuah organisasi atau perusahaan

  • Mendeteksi ancaman serangan cyber lebih awal,lebih cepat dan akurat dalam keamanan jaringan server di suatu organisasi maupun perusahaan.
  • Mendeskripsikan analisis yang mendalam jika ada potensi dan serangan cyber yang telah terjadi pada jaringan serta berdasarkan analisis tersebut maka SOC memiliki kemampuan untuk menentukan tingkat resiko keamanan dan mitigasi.
  • Memiliki respon yang baik melalui sumber daya yang dimiliki oleh suatu organisasi/perusahaan sesuai dengan tingkat resiko dan potensi kerusakan yang terjadi.
  • Terbukti meminimalisir dampak serangan cyber kepada pimpinan organisasi atau perusahaan.SOC memiliki sistem keamanan dalam mengoperasikan perangkat keras maupun perangkat lunak keamanan jaringan atau server.
  • Memberikan keuntungan secara finansial bagi suatu perusahaan.Dengan mengadopsi model SOC maka perusahaan akan membayar layanan dengan syarat dan ketentuan yang jelas.Jika mempekerjakan karyawan maka membutuhkan biaya sangat besar pada anggaran untuk gaji.
  • Melalui SOC perusahaan memiliki kepercayaan dan citra baik di hadapan pelanggan atau konsumen.Perusahaan yang memiliki sistem operasi keamanan data server yang baik dipercaya dan dapat diandalkan.
  • Meminimalisir penurunan atau kehilangan pendapatan ketika web sedang down.Dengan pemantauan profesional sepanjang waktu melalui SOC maka organisasi atau perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan ancaman cyber.

Jenis-Jenis Security Operation Center

SOC memiliki 5 jenis,yakni :

Virtual SOC

Merupakan jenis keamanan yang berbasis Web.Jenis ini memonitoring keamanan dalam suatu organisasi secara off-site.Jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan.Kelebihan dari Virtual SOC yakni tidak memerlukan biaya tinggi.Bagi perusahaan tidak perlu menyiapkan infrastruktur maupun perangkat keras untuk jenis SOC ini.Hal ini disebabkan bahwa jenis ini siaga secara virtual dan kapan pun dapat dimintai bantuan.

Virtual SOC juga memiliki kekurangannya yakni tidak membutuhkan personel tim SOC untuk mengamankan sistem server dari serangan cyber attacker serta jenis SOC ini bukan dirancang khusus untuk suatu perusahaan.

Multifunction SOC

Merupakan perpaduan antara Security Operations Center (SOC) dengan Network Operations Center.Perbedaan antara keduanya yakni pada SOC akan bertanggung jawab terhadap keamanan server sedangkan NOC bertanggung jawab terhadap network.

Perbedaan antara Virtual SOC dengan Multifunction SOC yakni pada jenis Virtual SOC tidak memiliki infrastruktur karena dimonitoring secara virtual sedangkan pada Multifunction SOC merupakan dedicated SOC yang memiliki fasilitas dan memerlukan infrastruktur.Maka dengan begitu, jenis Multifunction SOC dinilai lebih direkomendasikan bagi perusahaan.

Jenis ini memiliki kekurangan pada sistem keamanannya sebab tenaga yang bekerja dalam keamanan server dengan jenis Multifunction SOC harus membagi fokus kerja yakni menjaga keamanan sekaligus menjaga network.Hal tersebut juga akan berdampak pada kemunculan celah cyber threat kapan saja.

Co-managed SOC

Merupakan percampuran antara external dan in-house staff.External staff merupakan perusahaan yang memiliki human resource yang dapat disewakan pada perusahaan yang membutuhkan.Internal staff merupakan resource yang dimiliki oleh perusahaan.

Co-managed SOC memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan SOC jenis ini adalah fleksibilitas dalam penggunaan perangkat teknologi seperti SIEM atau security information and event management pada cloud.

Sedangkan kekurangan SOC adalah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bagi perusahaan yang menerapkan jenis sistem keamanan ini maka perlu untuk membeli sejumlah perangkat keras, serta secara rutin melaksanakan pelatihan keamanan.

Dedicated SOC

Merupakan sistem keamanan server yang dirancang khusus untuk organisasi maupun perusahaan.Dedicated SOC memiliki infrastruktur yang berorientasi pada keamanan server perusahaan.Ukuran tim SOC jenis ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Kelebihan Dedicated SOC ini adalah memiliki tingkat keamanan tinggi dan fokus pada pengawasan keamanan server.Dari hal tersebut SOC ini menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan pada bisnis berskala besar.Sedangkan kekurangan Dedicated SOC adalah memerlukan investasi yang besar.Sering kali banyak perusahaan yang mengurungkan keputusan untuk memiliki tim SOC jenis ini akibat dampak dari besarnya investasi sehingga hal ini menjadi kendala utama dalam perusahaan.

Command SOC

Merupakan jenis SOC yang memiliki beberapa tim yang berbeda-beda lokasi.Command SOC biasanya dimiliki oleh perusahaan multinasional yang memerlukan dedicated SOCnya sendiri sehingga Command SOC memiliki beberapa tim SOC,tim berskala besar akan membawahi tim berskala kecil.

Kelebihan Command SOC yakni struktur kerja yang baik meskipun memiliki banyak tim SOC namun secara keseluruhan tim SOC dibawah satu koordinasi pada tim SOC inti sedangkan kekurangan Command SOC adalah memerlukan investasi yang cukup besar yang harus diberikan.Hal tersebut menyebabkan banyak perusahaan yang memperhitungkan keniatan dalam membuat keputusan untuk memiliki Command SOC ini.

Apa saja Peran Kerja SOC ?

Tugas dari Security Operations Center yakni meningkatkan keamanan berkelanjutan guna memproteksi seluruh aset suatu organisasi/perusahaan dari ancaman dan serangan di dunia maya.Melalui kombinasi yang kompleks terdiri dari tenaga,proses dan alat teknologi yang tepat dapat mendorong kinerja SOC untuk memantau jaringan.

Berikut beberapa hal yang dilakukan oleh SOC sebagai sistem operasi yang dapat memproteksi jaringan.

  • Manajemen daftar putih dan tambalan.
  • Membuat dan menyusun prosedur keamanan.
  • Melakukan analisis,dokumentasi serta investigasi.
  • Manajemen lalu lintas file seperti video,suara maupun email.
  • Menyusun analisis mendalam pada data log keamanan dari berbagai sumber.
  • Melakukan pengawasan dan pengelolaan pada sistem untuk mencegah terjadinya intrusi.
  • Melakukan instalasi,pembaruan dan pemecahan masalah ancaman pada aplikasi atau software.
  • Melakukan pengawasan jaringan pada hardware & software sepanjang waktu untuk mendeteksi ancaman maupun serangan cyber.
  • Melakukan pendeteksian melalui pemindaian seperti scan antivirus,malware dan ransomware,setelah itu melakukan perbaikan jaringan.
  • Memahami seluruh alat yang digunakan untuk mendukung kerja dalam suatu perusahaan sehingga dengan mudah menyelesaikan suatu permasalahan keamanan.
  • Melakukan investigasi terhadap pelanggaran keamanan untuk membantu mempermudah dalam memahami akar permasalahan dan mencari solusi untuk perbaikan di masa mendatang.

Security Operations Center menggunakan berbagai instrumen untuk mencari informasi data dari semua server dan menggunakan berbagai perangkat.SOC akan memantau anomali kemudian akan memperingatkan tim SOC atau staf tenaga kerja terkait potensi ancaman.

SOC memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi kelemahan atau celah baik dari dalam maupun dari luar suatu organisasi atau perusahaan mengenai resiko yang terjadi.Meski sedang tidak ada ancaman maka tim SOC tetap proaktif dalam mencari cara meningkatkan keamanan.Tim SOC mencoba meretas sistem keamanan yang telah mereka rancang untuk dicari kelemahan yang bertujuan untuk melakukan pengujian penetrasi.

Peran utama SOC adalah meningkatkan keamanan,memastikan suatu organisasi/perusahaan memiliki sistem keamanan yang baik dan memiliki kinerja optimal.

Perbedaan Antara SOC Dan NOC 

  • Security Operations Center (SOC) berorientasi pada pengawasan,pendeteksian dan analisis dalam keamanan server pada suatu organisasi atau perusahaan.Sedangkan Network Operations Center atau NOC berorientasi pada pusat operasi jaringan.NOC memastikan setiap kinerja yang dilakukan memiliki kecepatan jaringan normal dan memiliki batasan waktu untuk berhenti.
  • SOC melakukan pendeteksian pada server terkait ancaman dan serangan cyber kemudian menanggapi ancaman tersebut sebelum data suatu organisasi atau perusahaan dijajaki oleh hal asing berbahaya.Sedangkan NOC mendeteksi permasalahan yang dapat menghambat kecepatan jaringan atau alasan waktu terhenti.Baik SOC maupun NOC secara proaktif melakukan pengawasan secara real-time.Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah dari sebelum informasi client,staff maupun tenaga kerja lain berada dalam bahaya.
  • Dari segi fungsi baik SOC maupun NOC memiliki sedikit perbedaan meskipun sama-sama mampu menemukan metode untuk melakukan perbaikan sepanjang waktu. Perbedaan antara keduanya yakni pada SOC akan ditempatkan di dalam NOC kemudian NOC akan mendeteksi dan menangani jika terdapat ancaman.NOC akan mendeteksi segala hal yang berkaitan dengan kinerja kecepatan jaringan, maka dari itu perlu tenaga terlatih dan ahli yang dapat secara profesional menganalisis ancaman.Sedangkan pada SOC tidak akan dapat memiliki kemampuan untuk mendeteksi suatu permasalahan yang terjadi pada jaringan.

Sekian artikel ini,semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

9 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

16 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago