HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Jenis Iklan Online Yang Menambah Keuntungan (Profit)

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Iklan Online?

Iklan online merupakan iklan yang menggunakan internet sebagai media penyampaian pesan promosi,baik yang ditampilkan melalui komputer desktop ataupun perangkat mobile.Iklan online juga memiliki berbagai macam jenis.Umumnya iklan Online menjadi upaya promosi online dengan menampakkan image lalu mengarahkan ke sebuah situs website bisa pada hasil pencarian search engine maupun di dalam suatu website atau social media dengan sistem berbayar.Iklan online digunakan untuk memasang iklan dan menawarkan produk atau jasa via dunia maya,yang bertujuan untuk meraih profit dari kegiatan penjualan.

Jenis Iklan Online Yang Dapat Digunakan

Berikut ini jenis-jenis iklan yang paling tepat untuk bisnis kalian.Berikut penjelasannya :

Paid Social

Membuat iklan online di media sosial seperti : Facebook,Instagram dan Twitter.Media sosial memang menjadi tempat strategis di dunia maya untuk meletakkan iklan online.Menurut riset,pengguna internet di Indonesia semakin meningkat dalam mengakses layanan media sosial.Selain itu,iklan online di media sosial memungkinkan peluang bagi kalian menargetkan secara spesifik calon pelanggan berdasarkan kategori tertentu,seperti tingkat pendidikan,umur,lokasi,minat,hobi,gender dan penghasilan.

Beberapa media sosial populer yang digunakan yakni Facebook Ads,Instagram Ads dan Twitter Ads.Terdapat beberapa perbedaan yang harus diperhatikan ketika memilih media,untuk menempatkan iklan kalian.Pertama adalah objektif yang bisa dicapai masing-masing media sosial.Facebook dan Instagram menawarkan 3 objektif yang sama karena di bawah satu payung perusahaan, yaitu Awareness,Consideration, dan Conversion.

Objektif Facebook Ads dan Instagram Ads :

  • Awareness objectives : tujuannya membangun brand awareness atau meningkatkan jangkauan merek.
  • Consideration objectives : mengarahkan trafik ke website,meningkatkan engagement,meningkatkan instalasi aplikasi,lead generation, atau mendorong audiens untuk menghubungi perusahaan kalian melalui messenger.
  • Conversions objectives : menciptakan konversi online (online conversion) atau mendorong audiens untuk datang ke toko fisik, jika ada.
  • Format iklan yang disediakan beragam.Beberapa format iklan yang sama-sama tersedia di Facebook dan Instagram adalah photo ads,video ads, dan carousel ads. Bahkan, terdapat berbagai ukuran  yang bisa Anda pilih.Untuk format iklan yang hanya tersedia di Facebook adalah collection ads, slideshow ads,lead ads dan messenger ads. Sedangkan format iklan yang hanya tersedia di Instagram adalah Instagram Stories Ads.
  • Walaupun tidak sepopuler dua media sosial sebelumnya,Twitter pengguna aktif yang cukup banyak di Indonesia, yaitu 40%.Hal ini membuat Twitter menjadi salah satu media sosial potensial untuk beriklan.Twitter Ads menawarkan enam objektif  :
  • Conversion : mempromosikan tweet ke orang-orang yang berpotensi untuk melakukan konversi di website Anda.
  • Tweet engagement : memulai percakapan mengenai merek kalian di Twitter.
  • Gain followers : mempromosikan akun Twitter Anda dan biaya yang dibayarpkan adalah per follower yang didapatkan.
  • Increase brand awareness adalah mempromosikan tweet ke audiens dengan jangkauan luas dan biaya yang dibayarkan adalah per impression yang didapatkan.
  • Video views adalah mempromosikan video Anda ke audiens yang sudah ditargetkan dan biaya yang dibayarkan per view video tersebut.
  • App install adalah mempromosikan tweet dan akan dikenakan biaya per dibukanya link atau per install aplikasi.

Format iklan yang disediakan merupakan Twitter Promote dan Twitter Ad Campaign.

Paid Search

Adanya mesin pencari online,siapapun kini bisa menemukan apa pun di dunia maya,dari jurnal ilmiah hingga alat rumah tangga.Keberadaan mesin pencari online seperti Google pun merubah perilaku konsumen, di mana konsumen saat ini bisa mencari produk di Google terlebih dahulu sebelum membelinya. Google menyebut keadaan ini sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT).Menurut Google sebanyak 84 persen konsumen mencari produk di Google sebelum membelinya.Kesempatan ini bisa kalian manfaatkan untuk menunjukkan iklan online kalian melalui hasil pencarian.Sebenarnya, paid search dapat ditemukan di semua mesin pencari,contohnya Google,Yahoo dan Bing.Namun,kini kita akan membahas paid search dari Google saja karena penggunanya cukup banyak.

Google menyediakan layanan paid search melalui Google Ads atau Google AdWords.Google melakukan rebranding Google AdWords menjadi Google Ads dengan tetap mempertahankan fitur  yang sudah ada dengan dibekali fitur baru seperti Smart Campaign.Google Ads menawarkan cara beriklan melalui hasil pencarian,iklan display,iklan YouTube dan iklan di aplikasi seluler.Kalian dapat memulai iklan online di Google Ads dengan mudah.Hal yang diperhatikan di paid search yakni kata kunci.Kalian harus memilih kata kunci yang tepat atau yang paling banyak dicari oleh calon konsumen untuk mencari produk.

Ketika mencari sebuah kata kunci berkaitan dengan produk tertentu,calon konsumen bisa menemukan hasil pencarian dengan label iklan seperti di atas.Hasil pencarian dengan label iklan itu yang disebut sebagai paid search.Misal,ketika seseorang mencari domain indonesia,nah Google akan menempatkan iklan hosting Hosteko di hasil pencarian orang tersebut.

Email Marketing

Email tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi personal,tetapi dapat dijadikan sebagai alat pemasaran.Email marketing yakni pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email.

Email marketing tidak hanya murah,namun juga memiliki tingkat efektivitas tinggi.Menurut penelitian McKinsey and Company,email marketing 40 kali lebih efektif dibandingkan media sosial seperti : Facebook dan Twitter.Karena itu, penggunaan email marketing sebagai salah satu iklan online sangat dianjurkan.

Contoh salah satu email marketing :

Remarketing  

Google juga menyediakan layanan remarketing.Google Adwords (kini Google Ads) Remarketing menunjukkan iklan online kepada orang-orang yang telah mengunjungi website atau aplikasi kalian.Ketika orang-orang tersebut meninggalkan website,entah mereka membeli atau tidak membeli produk kalian,mereka akan mulai melihat iklan-iklan kalian saat browsing situs lain atau sedang menonton video di YouTube.Misal, setelah kalian mengunjungi website Hosteko,di hasil pencarian atau iklan di website yang kalian kunjungi setelahnya akan muncul iklan Hosteko.Tujuan utama dari remarketing adalah untuk mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari calon pelanggan.

Video Marketing

Merupakan jenis iklan online paling efektif untuk semua jenis usaha,baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar.Efektivitas video marketing dibuktikan kebenarannya oleh Vidyard,sebuah perusahaan berskala internasional di bidang marketing yang berfokus pada video online.Menurut laporan Vidyard tahun 2017, 92 % perusahaan (perusahaan berskala besar dan kecil) menyatakan bahwa video penting untuk content marketing. Di tahun 2017, 41 % perusahaan memproduksi video marketing sebanyak 11-50 video.Masih tentang laporan Vidyard, 70 % perusahaan juga menyatakan bahwa video marketing lebih efektif dibandingkan tipe konten lain untuk mendorong konsumen melakukan conversion.Konten seperti apa saja yang bisa digunakan untuk video marketing?

Berikut adalah beberapa konten video marketing yang bisa kalian terapkan untuk perusahaan kalian :

  • video produk.
  • Demo produk.
  • Video penjelasan produk.
  • video media sosial.
  • Webinar.
  • Video tutorial.
  • Video konsumen.
  • Live stream.
  • Vlog.

Kesimpulannya

Untuk beriklan secara online,5 jenis iklan online di atas dapat kalian manfaatkan untuk menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk.Kalian bisa menggunakan salah satu atau beberapa jenis iklan yang tentunya disesuaikan dengan dana perusahaan kalian.Selain itu,kalian juga perlu memperhatikan target audiens yang ingin dituju karena setiap media iklan memiliki karakteristik audiensnya masing-masing.

 

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

9 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago