HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kelebihan Framework Xamarin Untuk Apps Development

D artikel kali ini kita akan membahas mengenai Framework Xamarin,dan juga kita akan membahas mengenai kelebihan framework Xamarin untuk apps development.

Pengertian Xamarin

Merupakan software pengembang aplikasi atau pembuat sebuah aplikasi berbasis android di mana menggunakan bahasa pemrograman C#, software ini cocok untuk yang terbiasa menggunakan bahasa pemrograman dasar seperti C++ atau bahasa microsoft lainnya,misal ( C#, C ASP),karena pada software satu ini menggunakan bahasa pemrograman Microsoft (C++,C#,C ASP) saat pengembangan atau pembuatan suatu aplikasi berbasis android.

Performa Xamarin untuk pengembangan aplikasi mobile sangat bagus.Banyak perusahaan besar telah menggunakan Xamarin.Contoh :Bosch, Siemens, Slack, Pinterest, dan masih banyak lagi.Ini membuktikan bahwa Xamarin mampu memberikan solusi dimana platform ini sangat bagus dan efektif digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile.

Fungsi Xamarin

Berikut ini fungsi dari penggunaan Xamarin :

  • Antarmuka Pengguna Asli

Xamarin berisi standar,kontrol antarmuka pengguna asli.Sehingga aplikasi tidak hanya terlihat seperti yang diharapkan pengguna akhir,tetapi juga seperti yang sudah diharapkan atau dijangkakan.

  • Akses API Asli

Menggunakan Xamarin memiliki akses ke spektrum fungsionalitas penuh yang diekspos oleh platform dan perangkat yang mendasarinya, termasuk kemampuan khusus platform seperti ARKit dan mode Android Multi-Window.

  • Performa nyata dan Asli

Xamarin memanfaatkan akselerasi perangkat keras khusus platform dan dikompilasi untuk kinerja asli.Ini tidak dapat dicapai dengan solusi yang menafsirkan kode pada waktu proses biasa.

Fitur Xamarin

Xamarin banyak menjadi pilihan bagi para developer dalam mengembangkan aplikasinya karena Xamarin punya banyak fitur-fitur dan keunggulan,dari banyak fitur tersebut berikut beberapa diantaranya:

  • Cross-platform Development

Dengan mengandalkan bahasa pemograman C# kalian bisa membuat dan mengembangkan aplikasi di banyak platform seperti iOS, Android, Mac dan Windows.

  • Visual Studio Integration

Xamarin bisa terintegrasi dengan Visual Studio.Jadi dengan bermodalkan Visual Studio sudah bisa menanamkan Xamarin dan mulai membuat aplikasi Mobile yang kalian inginkan.

  • Native UI, Native Performance

Xamarin memberikan sebuah performa tinggi dalam menyusun kode dan memberikan akses ke semua Native API, jadi kita bisa membuat aplikasi native sesuai dengan perangkat yang spesifik.

  • Reuse Existing Code

Anda bisa menggunakan .NET library dan dengan mudah menggunakan library-library atau framework lain dalam pembuatan atau membangun aplikasi kalian di Xamarin.

  • Fully Featured IDE

Xamarin menyediakan full fitur IDE yang dikhususkan membuat aplikasi Mobile.Didalam IDE ini ada fitur seperti Code Completion, integrated designer,Debugger dan lainnya.Nama dari IDE ini adalah Xamarin Studio.

  • Point and Click UI Design

Xamarin menyediakan Android UI Designer kelas dunia dan menggunakan Apple Xcode UI Designer untuk membuat interface dan storyboard secara otomatis tersinkron dengan Xamarin.iOS projek kalian.

Kelebihan Xamarin untuk Apps Development

  • Pengalaman pengguna asli

Xamarin mempunyai akses penuh ke API dan toolkit native yang digunakan oleh platform android,iOS dan Windows.Sehingga,ini berguna untuk memberikan desain dan kinerja yang bagus seperti aplikasi native biasanya.Xamarin bersifat nativeness memungkinkan penggunaan elemen dan teknologi khusu platform yang tersedia di C# dan IDE Visual Studio seperti:

  1. Xamarin.android dan Xamarin.iOS yang memberi pengembang.NET akses untuk menggunakan SDK android dan iOS.
  2. Library Xamarin.essentials menyediakan akses ke API native.
  3. Xamarin.forms mengekpos toolkit antarmuka pengguna (UI) untuk semua platform seluler.
  • Satu teknologi untuk semua platform

Xamarin memudahkan kita untuk memasang satu aplikasi pada semua platform yang ada.Xamarin menggunakan bahasa C# dapat berjalan di berbagai platform. Selain itu,kalian tidak perlu beralih antar lingkungan platform untuk menciptakan aplikasi yang sama.Hal ini tentu membuat pengembangan menjadi lebih hemat dan efektif dalam segi waktu.Kode Xamarin dapat dibagikan atau sebagai platform pengembangan write once,use everywhere. Kode Xamarin bersifat reusable : artinya kode dapat digunakan kembali untuk elemen-elemen lain yang akan dibuat.Saat ini banyak ide kelas dunia seperti Visual Code yang memungkinkan mendapatkan fitur lengkap dan dapat diperluas di windows.VS code menawarkan desainer UI, pengeditan kode efisien, alat debugging dan penerbitan, dan banyak masih lagi.

  • Hemat biaya dan waktu

Xamarin mengembangkan aplikasi mobile cross platform yang digunakan di Windows,Mac dan Linux.Kalian hanya perlu membuat kode sekali dan aplikasi dapat di build di platform manapun.Kalian tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman lain untuk aplikasi kalian sesuai OS platform tertentu seperti kotlin atau Java di android dan Swift pada iOS.Karena semuanya ditulis dalam C# dan dalam kerangka.NET. Hal ini tentu akan menghemat biaya pengeluaran dan waktu pengembangan menjadi lebih cepat.Artinya,tidak diperlukan tim terpisah yang mengerjakan aplikasi.pengembangan, pengujian, dan penerapan disederhanakan secara signifikan yang dilakukan oleh tim.

  • Percepat pengembangan aplikasi seluler 

Xamarin membantu kalian membawa solusi seluler,menggunakan Xamarin membantu kalian membawa bisnis bergerak dan meningkatkannya dengan Visual Studio dan Xamarin,serta membangun solusi seluler berkualitas lebih tinggi.Mitra strategis jangka panjang adalah ahli seluler yang dapat memandu kalian melalui setiap tahap siklus hidup aplikasi dan akan membantu merancangkan,mengembangkan dan menguji aplikasi seluler lintas platform berkinerja tinggi.

  • Proses maintenance simple

Xamarin memudahkan untuk memelihara aplikasi yang dikembangkan.Jika ingin memperbarui aplikasi dan memperbaiki beberapa masalah, langsung lakukan pada source code dan semua perubahan akan diterapkan secara otomatis ke bagian lain.Tentu hal ini akan menghemat waktu kalian,keterlibatan pengembang lain dan mengurangi pengeluaran keuangan untuk memperbaiki masalah.

  • Performa Aplikasi

Aplikasi yang dihasilkan oleh Xamarin dapat di identifikasikan sebagai aplikasi hybrid dan untuk performa aplikasi yang dihasilkan bisa mendekati aplikasi native.Beberapa kasus khusus mampu melebihi performa aplikasi native.Namun jika ingin kecepatan dan pemrosesan yang lebih baik,maka menggunakan teknologi native.Selain itu,apabila kalian menggunakan Xamarin,karena Xamarin memilki suatu teknologi yang bernama sweet pot yang berguna untuk mengukur kemampuan performa suatu aplikasi.

  • Menguji

Xamarin menawarkan solusi komprehensif untuk menguji dan memantau kinerja aplikasi dan UI yang dilakukan menggunakan fitur Xamarin test cloud dan Xamarin test recorder.Tools ini memungkinkan kalian menjalankan pengujian otomatis pada beberapa perangkat nyata di cloud dan menemukan berbagai masalah teknis sebelum rilis.

  • Technical Support by Microsoft

Xamarin mampu menjamin stabilitas dukungan teknis berkelanjutan dan menangani berbagai permasalahan dengan cepat.Karena,salah satu perusahaan perangakat lunak teknologi terkemuka dunia mendukung framework Xamarin.Micorosoft juga menyediakan akses peluang pendidikan yang kuat,termasuk kursus Xamarin dan beberapa media pembelajaran teknologi resmi Microsoft.

  • Memanfaatkan kekuatan cloud dengan Azure

Dapat membuat aplikasi mobile cerdas berbasis cloud yang berkembang seiring dengan pertumbuhan pengguna kalian.Gunakan .NET Core dengan Visual Studio untuk membuat API dan alur kerja tanpa server yang merespons peristiwa pengguna dan menjangkau audiens global dengan menekan sebuah tombol.Integrasikan kemampuan pembelajaran mesin dan tambahkan bot untuk pengalaman pengguna yang lebih interaktif, Semuanya dibuat dengan .NET dan Visual Studio untuk Mac.

  • Dukungan perangkat keras

Menggunakan framework Xamarin dapat menggunakan suatu fungsional pada level native.Hal ini dapat mengurangi suatu permasalahan dalam kompatibilitas dengan menggunakan plugin API spesifik untuk menyelesaikan permasalahan dalam mengakses perangkat keras suatu aplikasi cross-platform.

Kesimpulan :

Xamarin telah berkembang dengan 1,6 juta pengembang di 120 negara dan diakuisisi oleh Microsoft untuk menjadi bagian dari lingkungan Visual Studio.Xamarin teknologi pilihan bagi 15.000 perusahaan di bidang energi,transportasi,media,perawatan kesehatan dan banyak lagi.Xamarin tidak hanya menyediakan platformnya untuk membangun aplikasi seluler lintas platform tetapi juga mendukung lebih jauh ekosistem pengembangan untuk menguji dan mendebug produk.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

11 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

13 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

1 day ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

2 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago