HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Keunggulan dan Cara Menggunakan Google Meet

Pemakaian jaringan internet, semakin banyak digunakan oleh orang-orang. Hal ini mengingat adanya penyebaran pandemi COVID-19 yang menuntut anda untuk bekerja dari rumah atau melakukan meeting secara online. Alasan ini dibuat untuk meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus corona.  Beberapa aplikasi online yang dijadikan pilihan orang untuk meeting atau web conferencing yaitu Zoom, Skype dan kini Google Meet. Mengingat banyak pengguna aplikasi dan berselancar dengan internet yang nantinya akan mengganggu kelancaran,   untuk itu ada beberapa orang yang mencari alternatif lain agar tetap terhubung dan dapat menyampaikan rapat tanpa terputus-putus. Salah satunya yaitu menggunakan Google Meet.

Apa itu Google Meet?

Google Meet merupakan salah satu aplikasi dari Google untuk melakukan komunikasi video. Layanan ini sebagai aplikasi konferensi video yang dapat ditonton hingga 30 peserta. Aplikasi ini merupakan salah satu dari 2 aplikasi versi lama dan baru  yaitu Google Hangouts dan Google Chat.

Beberapa Fasilitas yang disediakan Google Meet

  • Untuk pengguna G Basic Suite mampu mengundang 100 peserta per panggilan, pengguna G Suite Business 150 orang dan paket G Suite Enterprise dapat mengundang 260 orang per meeting.
  • Dapat melakukan rapat dari web atau aplikasi yang di instal oleh pengguna smartphone Android dan iOS.
  • Dapat melakukan rapat online dengan nomor dial-in
  • Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik
  • Panggilan terenkripsi di antara semua penggunanya
  • Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI
  • Kata sandi atau password pengguna akan terlindungi, jika pengguna edisi G Suite Enterprise memakai nomor dial-in

Pilihan Paket Google Meet

Untuk melakukan video konferensi skala kecil sampai 25 orang, kita bisa menggunakan Google Hangouts Meet secara gratis. Namun jika anda akan menggunakan Google Meet untuk perusahaan atau video konferensi dengan peserta yang lebih banyak, berikut adalah paket-paket Google Meet yang bisa digunakan.

  • G Suite Basic

Paket ini bisa anda dapatkan dengan biaya 6 USD (Rp 90.000)/bulan. Dengan paket Basic, anda bisa melakukan video konferensi dengan peserta hingga 100 orang tiap meetingnya.

  • Paket G Suite

Paket ini bisa anda dapatkan dengan biaya 12 USD (Rp 180.000)/bulan. Dengan paket G Suite, anda bisa melakukan video konferensi dengan peserta hingga 150 orang tiap meetingnya.

  • Paket G Suite for Enterprise

Paket ini berbiaya 25 USD atau sekitar Rp 375.000 per bulan. Dengan paket premium ini, anda dapat mengundang hingga 250 orang pada suatu meeting. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan livestreaming hingga ke 100 ribu penonton, serta menyimpan hasil rekaman meeting ke Google Drive.

Kelebihan Google Meet

Google Meet memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan Googe Hangouts versi lama. Berbagai fitur baru telah ditanamkan dalam versi baru Google Meet. Kelebihan Google Meet diantaranya :

  • Rapat dimana saja dengan menggunakan video call
  • Antarmuka yang inovatif dan efisien dengan ukuran yang ringan, sehingga cepat dan mudah digunakan fitur-fiturnya.
  • Dapat mengundang peserta untuk mengikuti rapat online serta berbagi fitur Google Meet

Menggunakan Google Meet

  • Google Meet untuk Smartphone

Aplikasi Google Meet dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Setelah diunduh, lakukan pendaftaran dengan menggunakan akun Google anda. Jika anda sudah terdaftar, anda dapat melakukan video konferensi dengan menggunakan fitur chat/video conference. Klik pada (+), kemudian pilih New Video Call. Anda dapat menambahkan peserta dengan memasukkan email/nomor telepon mereka.

  • Google Meet untuk Komputer

Google Meet dapat diakses secara langsung pada website resmi Google Meet. Klik Join or Start a Meeting. Anda harus membuat kode rapat dan judul meeting sebelum mengundang peserta lain. Website kemudian akan meminta izin untuk akses mic dan kamera. Setelah itu, klik Join Now untuk bergabung dengan meeting online. Untuk mengundang lebih banyak peserta, cukup copy-paste kode video conference atau tambahakan email peserta baru.

Penutup

Dengan banyaknya pekerjaan perkantoran yang harus dikerjakan dari rumah, aplikasi konferensi online muncul sebagai solusi untuk tetap dapat berkomunikasi sebagaimana biasa namun dari rumah masing-masing. Beragam aplikasi bermunculan seiring dengan meningkatnya kebutuhan aplikasi meeting online.

Google yang telah memiliki Google Hangouts, merubah aplikasi menjadi Google Meet dan meningkatkan fitur-fiturnya demi mengakomodasi pengguna yang memanfaatkan layanan ini untuk berkomunikasi selama masa pandemi COVID-19. Dengan banyaknya aplikasi pesaing seperti Zoom, Google merancang Google Meet agar menarik bagi pengguna. Sebagai bagian dari itu, anda dapat menggunakan G Suite dan G Suite Education secara gratis hingga 1 Juli 2020.

 

5/5 - (1 vote)
Sallu Warni

Recent Posts

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

6 mins ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago