HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ternyata Banyak Banget! 20+ Komponen Komputer Terbaru Hardware, Software, dan Brainware

Saat ini, komputer sudah semakin canggih dan perangkatnya pun semakin banyak. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tentang komponen dan perangkat komputer terbaru. Komponen komputer terdiri dari hardware, software, dan brainware.

Nah, pada artikel kali ini, Hosteko akan memberikan informasi rinci tentang komponen komputer. Jadi, simak artikel ini sampai akhir ya!

Pengertian Komponen Komputer

Komponen komputer merupakan gabungan dari berbagai komponen hardware, software, dan brainware yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer dan menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain. Oleh karena itu, perangkat komputer tidak dapat berdiri sendiri karena bekerja secara sinergis satu sama lain.

Komponen Komputer

Setiap komponen komputer memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, dan setiap komponen saling terhubung dan bekerja sama untuk membuat komputer berfungsi dengan baik.

Sama seperti rumah, komponen komputer akan selalu diperbarui dan selalu baru. Hal ini dikarenakan, kebutuhan komputer semakin beragam dan canggih untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan perangkat komputer, seperti memainkan game, membuat video, menjalankan aplikasi, dan menyelesaikan berbagai tugas.

Komponen fisik yang menyusun sistem komputer adalah hardware, software dan brainware. Setiap komponen memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda serta beroperasi dengan cara yang berbeda.

Komponen Hardware (Perangkat Keras)

Hardware (perangkat keras) merupakan perangkat komputer yang dapat disentuh (memiliki wujud) yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer. Hardware dibagi menjadi empat bagian, yaitu input device, output device, processing device, dan storage device.

Komponen Input Device (Perangkat Masukan)

Input device adalah perangkat input (masukan) yang memungkinkan pengguna memasukkan informasi dari perangkat komputer. Contoh input device, antara lain mouse, keyboard, webcam, dan scanner.

Mouse

Mouse merupakan sebuah perangkat keras yang berguna untuk menggerakkan dan mengarahkan sebuah pointer. Mouse juga digunakan untuk menggulir halaman ke bawah dan ke atas serta memberikan arah untuk menekan dan mengklik tombol mouse.

Fungsi tombol pada mouse klik kiri sekali adalah untuk memilih, klik kiri dua kali untuk membuka dokumen, dan klik kanan untuk melihat opsi pada icon. Sementara itu,  tombol gulir untuk menggulir secara otomatis.

Keyboard

Keyboard merupakan alat dengan banyak tombol. Fungsi keyboard adalah untuk memasukkan huruf, angka, dan simbol untuk membuat data dan informasi. Selain itu, pada keyboard terdapat tombol dengan fungsi khusus, seperti Shift + F3 yang dapat mengubah huruf menjadi huruf besar atau kecil.

Scanner

Scanner adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat pemindai. Scanner dapat mengubah gambar manual menjadi data digital.

Perangkat tersebut tergolong input device karena berfungsi untuk memasukkan perintah dan data menggunakan keyboard dengan menekan tombol atau menggerakkan kursor dengan mouse.

Data harus dimasukkan (diinput) terlebih dahulu lalu diproses sehingga menjadi informasi penting bagi pengguna. Oleh karena itu diperlukan suatu alat yang berfungsi sebagai gerbang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer.

Komponen Processing Device (Perangkat Proses)

Processing device (perangkat proses) adalah perangkat yang berfungsi untuk memproses data dalam jumlah besar dari input device. Contoh processing device, antara lain CPU (Central Processing Unit), mother board, RAM, ROM, dan hardisk.

Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama komputer yang memproses berbagai komponen dan membuat jalur komunikasi dengan komponen elektronik penting, seperti CPU, RAM, VGA Card, dan sebagainya.

RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu storage device. RAM adalah alat yang berfungsi untuk menyimpan data. RAM membantu PC memproses data lebih cepat saat sedang berjalan. Oleh karena itu, semakin banyak RAM yang dimiliki PC, semakin banyak program yang dapat ditangani komputer secara bersamaan.

Komponen Output Device (Perangkat Keluaran)

Output device adalah perangkat yang berfungsi untuk menghasilkan hasil dari data yang telah diproses. Contoh output device, antara lain monitor, printer, headphone, speaker, webcam, dan mikrofon.

Monitor

Monitor adalah komponen output device yang dapat mengeluarkan gambar. Monitor ini sering disebut sebagai komputer. Namun, monitor sebenarnya hanyalah bagian dari komputer yang tugasnya menampilkan gambar pengoperasian komputer.

Speaker

Speaker adalah komponen output device yang umum digunakan oleh masyarakat. Komponen ini menghasilkan suara, seperti saat kamu menyalakan radio online, menonton YouTube, memutar lagu, dan masih banyak lagi.

Headset

Sama seperti speakernya. Headset juga merupakan komponen yang menghasilkan suara. Namun seiring dengan semakin canggihnya headset, beberapa juga dapat digunakan sebagai komponen input suara ke dalam perangkat.

TWS

TWS (True Wireless Stereo) memiliki fungsi yang mirip dengan headset, bedanya TWS tanpa kabel. Hal ini memudahkan mobilitas pengguna karena tidak adanya kabel sehingga mudah untuk bergerak.

Printer

Printer adalah alat yang berguna untuk mencetak data dalam bentuk teks, gambar, dan grafik pada sebuah media. Oleh karena itu, printer merupakan komponen output karena dapat menghasilkan atau mencetak gambar.

Komponen Jaringan Komputer

Nah, berikut ini adalah komponen yang biasa digunakan untuk keperluan jaringan komputer, diantaranya:

NIC (Network Interface Card)

Network Interface Card adalah kartu jaringan komputer yang berfungsi untuk menerima koneksi internet. Kartu jaringan ini dapat menghubungkan sebuah komputer ke jaringan Internet. Biasanya dipasang pada slot di dalam komputer.

HUB/Konsentrator

Hub atau yang dikenal sebagai jaringan LAN umumnya digunakan dalam jaringan internet lokal. Peran hub adalah membagi jaringan dalam satu server yang sama.

Kabel

Yang namanya jaringan tidak lepas dari kebutuhan akan kabel. Kabel yang biasa digunakan dalam jaringan komputer adalah kabel UTP, kabel koaksial, dan kabel fiber optic.

Repeater

Repeater adalah komponen jaringan komputer yang dirancang untuk menambah dan memperkuat sinyal jaringan. Repeater dapat memperkuat sinyal yang sulit dijangkau, seperti terhalang oleh tembok, pepohonan, bangunan, dan sebagainya.

Bridge

Bridge merupakan jembatan dalam suatu jaringan yang menghubungkan satu jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya. Selain bertindak sebagai penghubung jaringan, bridge juga dapat bertindak sebagai pemecah jaringan dalam area lokal menjadi beberapa jaringan kecil.

Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang dirancang untuk mengirim paket data dari jaringan internet ke beberapa perangkat lain melalui proses routing. Proses routing adalah proses penerusan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Komponen Storage Device (Perangkat Penyimpanan)

Storage Device adalah perangkat penyimpanan data yang sudah iproses. Ada dua jenis storage device, yaitu internal storage dan eksternal storage. Contoh internal storage mencakup hard drive dan SSD. Sedangkan external storage mencakup harddisk eksternal, CD, DVD, dan flashdisk.

Hard Disk

Hard disk adalah hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Ukuran hard disk sangat bervariasi dan memiliki banyak jenis. Hard disk bisa bersifat internal dan eksternal. Untuk internal, hard disk akan dipasang di dalam komputer.

SSD

SSD (Solid State Drive) digunakan sebagai media penyimpanan dan booting untuk komputer. SSD adalah solusi terhadap keterbatasan kinerja HDD (hard disk drive), dimana penyimpanan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan pendahulunya, namun jauh lebih powerful.

Flashdisk

Sama halnya dengan hard disk, flash disk juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Perbedaannya terletak pada bentuk fisiknya.  Diketahui bahwa hard disk secara fisik lebih besar daripada flash disk.

Komponen Software (Perangkat Lunak)

Software (perangkat lunak) ini berbeda dengan hardware. Software adalah perangkat yang tidak dapat dilihat oleh mata. Fungsi dari software itu sendiri sangat penting karena berfungsi sebagai sebagai aplikasi yang menjalankan perintah yang masuk ke hardware maupun yang keluar ke hardware.

Software juga dapat diartikan sebagai kumpulan program yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan pengguna. Ini bisa dalam bentuk aplikasi ataupun jaringan yang melaksanakan perintah. Ada tiga jenis software, yaitu software sistem, software aplikasi dan software tambahan.

Software sistem adalah software utama yang bertindak sebagai program perintah yang menjalankan sistem operasi. Contoh software utama, antara lain Windows 10, Windows 8, Windows Vista, Linux, IOS, dan sebagainya.

Software aplikasi adalah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan tugas atau mengelola tugas pengguna. Software aplikasi memiliki banyak jenis dan fungsi karena diinstal pada komputer untuk menjalankan perintah dan mengelola data tertentu. Contoh software aplikasi, antara lain web browser, word office, game, dan sebagainya.

Software tambahan adalah perangkat lunak yang diinstal untuk melakukan tugas khusus atau tambahan sekaligus melindungi hardware.Contohnya mencakup data recovery, disk defragmenter, sceensaver, backup, dan sebagainya.

Browser

Browser atau web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (www) atau biasa dikenal dengan internet. Browser merupakan jembatan antarmuka yang menghubungkan kamu dengan informasi yang tersedia di website.

Web browser adalah program atau aplikasi client-server. Ini berarti bahwa program ini meminta server web untuk memberikan informasi yang diminta pengguna. Browser yang umum digunakan orang Indonesia, antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer, dan Microsoft Edge.

Software Editing

Software editing merupakan software yang berfungsi sebagai editor video, gambar, suara, dan sebagainya. Software editing sangat berguna di era konten digital seperti sekarang ini.

Software editing video ini memudahkan kamu membuat video, seperti ucapan selamat ulang tahun, membuat undangan online, membuat video kenangan, membuat video untuk feed Instagram, dan masih banyak lagi.

Antivirus

Antivirus adalah perangkat lunak yang dapat melindungi komputer dan file yang tersimpan di dalamnya dari pencurian data dan infeksi virus komputer. Fungsi antivirus adalah untuk mencegah masuknya virus, malware, dan ransomware yang dapat merusak seluruh file dan software di komputer atau laptop kamu.

Kini, antivirus juga bisa melindungi gadget dari serangan hacker dan pencurian data-data penting di laptop/PC . Adapun fungsi antivirus, antara lain:

    • Membersihkan komputer dari virus,
    • Melindungi komputer dari malware dan ransomware,
    • Melindungi jaringan komputer dari sniffing dan spam,
    • Melindungi browser dari website yang berpotensi malware.

Komponen Brainware

Brainware adalah manusia yang mengoperasikan komputer. Brainware merupakan prioritas karena komputer tidak dapat melakukan apa pun tanpa dijalankan oleh manusia. Oleh karena itu, brainware mengacu pada siapa saja yang menggunakan komputer.

Nah, itulah beberapa komponen komputer, baik itu pada hardware, software, dan brainware. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Domain .SITE dan .SPACE! Cocok Buat Kamu yang Ingin Bangun Website Perusahaan Startup

Apakah kamu termasuk anak muda yang kreatif? Punya banyak impian dan ambisi untuk memajukan Indonesia?…

15 hours ago

Ingin Belajar Coding? Ini Dia Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum milenial.…

15 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Menggunakan Ping di Windows, Linux, dan Mac

Pernahkah kamu mendengar kata PING? Jika kamu pernah menggunakan handphone bermerek BlackBerry, istilah tersebut mungkin…

1 day ago

SSH vs Telnet! Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan teknologi digital berbasis internet terus memukau semua orang. Ini adalah semacam keajaiban yang didasarkan…

2 days ago

Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Dengan Akun Pinterest Business

Pinterest masih menjadi salah satu platform berbagi gambar terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Sama…

2 days ago

Website Kamu Sepi Pengunjung? Begini Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Cepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap blogger atau pemilik website pastinya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk…

2 days ago