HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Yuk Simak! Pengertian Lengkap Upstream dan Downstream Dalam Marketing

Halo Teman Hosteko! Marketing adalah ilmu yang sangat komprehensif. Padahal tujuan utamanya adalah hanya untuk pemasaran. Ilmu marketing penuh dengan konsep, strategi, teknik, teori, dan lain sebagainya yang tidak sesederhana yang Anda bayangkan.

Upstream dan Downstream Marketing

Dalam ilmu marketing, kita menemukan adanya istilah yang disebut dengan downstream marketing dan upstream marketing. Keduanya merupakan rencana yang dilakukan untuk tujuan pemasaran. Namun jika keduanya sama, apa bedanya? Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu upstream marketing dan downstream marketing. Dijelaskan juga bidang apa saja yang menjadi titik fokus pada upstream dan downstream. Dan apa yang terjadi jika keduanya bersatu? Jika Anda ingin tahu lebih banyak, baca artikel ini.

Upstream dan Downstream adalah dua rencana pemasaran yang saling bertentangan. Upstream dalam bahasa Inggris berarti hulu, dan downstream berarti hilir. Namun meskipun kedua arah tersebut berlawanan, keduanya dapat digabungkan menjadi rencana pemasaran yang cukup untuk dijadikan dasar pembentukan konsep, strategi, dan keputusan bisnis lainnya.

Apa itu Upstream Marketing

Upstream marketing adalah rencana pemasaran jangka panjang yang memungkinkan pemasar/marketer merancang jadwal masa depan berdasarkan segmen pelanggan. Untuk merancang upstream marketing, mulailah dengan target audiens Anda. Dengan kata lain, upstream marketing adalah proses merancang dan memecahkan masalah pelanggan. Dengan melakukan segmentasi pasar dan mengidentifikasi apa yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Bertujuan untuk membantu dunia usaha dan dunia usaha menemukan apa yang diinginkan pelanggannya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upstream marketing. Misalnya dengan mengidentifikasi masalah yang dihadapi pelanggan Anda. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas layanan atau produk yang diberikan.

Oleh karena itu, pastikan untuk menganalisis pasar dan mengamati semua masukan pelanggan.

Selebihnya terlihat jelas dari hasil analisa. Produk atau layanan manakah yang akan membantu memecahkan masalah pelanggan? Jika responsnya negatif, perusahaan harus membuat pembaruan. Sekalipun responsnya positif, perusahaan perlu menjaga kualitas layanannya.

Mengetahui analitik juga memungkinkan pemasar menentukan waktu yang tepat untuk merilis produk terbarunya. Keputusan terakhir adalah harga. Apakah kualitas produk atau jasa sepadan dengan harga yang ditawarkan? Perhatikan juga kompetitor bisnis Anda untuk menilai dan mengevaluasi diri Anda sendiri. Apa saja kelebihan mereka dan mengapa mereka mampu bertahan hingga saat ini?

Apa itu Downstream Marketing

Jika upstream marketing diibaratkan sebagai rencana pemasaran secara keseluruhan, maka downstream marketing dapat disebut sebagai strategi pemasaran.

Downstream marketing itu seperti strategi pemasaran. Dengan downstream, kami mengidentifikasi periklanan, branding, promosi, dan berbagai strategi komunikasi untuk menjual produk yang ditawarkan.

Downstream marketing lebih merupakan strategi jangka pendek. Dan pertanyaan kunci dalam penggunaan downstream marketing adalah, “Sumber daya apa yang dapat digunakan untuk membujuk pelanggan agar membeli produk?

Karena downstream marketing mengacu pada produk, harga, dan pesaing, downstream marketing menggunakan informasi ini untuk membuat iklan yang informatif dan menarik.

Upstream Marketing vs Downstream Marketing

Ketika Upstream marketing dan Downstream marketing bekerja sama, hasilnya adalah siklus pengembangan produk yang unggul. Kedua hal ini akan membantu Anda menciptakan fondasi awal atau landasan pemasaran Anda. Misalnya, gunakan upstream marketing untuk menentukan nilai produk Anda bagi pelanggan. Di sisi lain, downstream marketing memungkinkan Anda membangun dan mengembangkan kerangka kerja untuk keseluruhan strategi pemasaran Anda.

Menentukan saluran pemasaran mana yang sesuai untuk akuisisi pelanggan yang efektif. Tentukan juga bagaimana branding Anda akan berdampak pada pertumbuhan penjualan produk Anda dan bagaimana cara mengkomunikasikan pesan yang tepat kepada audiens Anda.

Upstream marketing dan Downstream marketing menghasilkan pemasaran yang lebih intensif. Identifikasi segmen pelanggan Anda, sehingga Anda mengenali dan memecahkan masalah yang mereka hadapi serta pesan yang membuat pemasaran Anda lebih efektif. Ajak semua orang memiliki pemahaman yang sama dalam hal pemasaran.

Planning dengan Upstream atau Downstream Marketing

Baik upstream dan downstream dalam marketing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda juga dapat menjalankan kedua plan tersebut secara bersamaan. Kalau upstream mencakup pengertian yang umum dan luas. Misalnya terkait harga, pesaing, dan sudut pandang pelanggan.

Kenyataannya, downstream mengarah pada sesuatu yang lebih konkrit. Misalnya materi iklan dan penyediaan produk dan jasa yang ditawarkan melalui saluran. Tujuannya untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat luas. Namun, jika rencana tersebut tidak dilaksanakan, maka rencana tersebut tidak akan berhasil.

Upstream dan downstream dalam marketing hanyalah alat bantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat. Terserah anda apakah hasilnya di upstream, downstream, atau kedua-duanya. Apakah metode upstream dan downstream ini layak dilanjutkan, atau sebaiknya ditinggalkan dan mencari alternatif lain untuk rencana pemasaran Anda?

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Domain .SITE dan .SPACE! Cocok Buat Kamu yang Ingin Bangun Website Perusahaan Startup

Apakah kamu termasuk anak muda yang kreatif? Punya banyak impian dan ambisi untuk memajukan Indonesia?…

15 hours ago

Ingin Belajar Coding? Ini Dia Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum milenial.…

15 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Menggunakan Ping di Windows, Linux, dan Mac

Pernahkah kamu mendengar kata PING? Jika kamu pernah menggunakan handphone bermerek BlackBerry, istilah tersebut mungkin…

1 day ago

SSH vs Telnet! Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan teknologi digital berbasis internet terus memukau semua orang. Ini adalah semacam keajaiban yang didasarkan…

2 days ago

Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Dengan Akun Pinterest Business

Pinterest masih menjadi salah satu platform berbagi gambar terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Sama…

2 days ago

Website Kamu Sepi Pengunjung? Begini Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Cepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap blogger atau pemilik website pastinya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk…

2 days ago