HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Langkah Mudah Memulai Startup: Panduan Sederhana untuk Pemula

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat startup sederhana. Tahukah anda apa itu startup? Sebagian orang mungkin sudah mengetahui apa itu startup, namun tidak ada salahnya membahas apa itu startup. Hal terpenting adalah bagaimana Anda melakukannya. Membuat startup sederhana dibagi menjadi tiga langkah. Simak ulasan dibawah ini ya!

Apa itu Startup ?

Sebelum membahas bagaimana memulai sebuah startup. Ada baiknya kita mengetahui apa itu startup. Istilah ini masih sering tertukar dengan UKM atau UMKM.
Namun, batas antara ketiganya sangatlah tipis. Startup adalah jenis perusahaan perintis, biasanya beroperasi di sektor teknologi. Misalnya saja startup e-commerce, startup fintech, startup gaming, dan lain-lain. Startup tidak hanya bergerak di bidang website saja, namun juga mulai merambah ke aplikasi mobile. Dengan berkembangnya teknologi saat ini startup menjadi sesuatu yang ada dalam genggaman masyarakat sehari-hari.

Perkembangan istilah startup sebenarnya bukan hal yang baru dan sudah ada sejak lama, sejak domain dot com mulai populer. Sejak akhir tahun 1990-an, istilah ini menjadi semakin umum, meskipun startup sebenarnya hanyalah kata lain dari “perusahaan berkembang”. Namun, pada saat ini, teknologi Internet dan website sudah begitu terintegrasi sehingga keduanya sering disebut sebagai kombinasi.

Membuat Ide Startup dan Desain Produk

Penciptaan ide startup dan desain produk startup tidak akan lahir tanpa persiapan yang matang. Bukan sekedar produk apa yang dihasilkan atau layanan seperti apa yang akan diberikan kedepannya. Namun cara Anda memasarkan produk startup juga penting. Oleh karena itu, pada sub bab ini akan dijelaskan secara singkat bagaimana mengembangkan ide dan desain produk sederhana untuk startup.

  • Menyusun Ide Kreatif

Cara termudah untuk memulai sebuah startup adalah dengan menyusun ide kreatif. Ringkaslah ide Anda untuk produk atau layanan yang ingin Anda buat dalam sketsa sederhana. Cara termudah untuk mewujudkan sebuah ide adalah dengan menuliskan asumsi terkait di kertas dan menyusunnya menjadi rencana bisnis.

Meski hanya ada sedikit ide yang benar-benar baru, setidaknya startup  harus mampu memecahkan masalah yang dialami masyarakat. Mengingat laju perkembangan teknologi yang semakin meningkat, permasalahan baru tentu akan muncul. Di sinilah startup akan mengambil peran, membantu memberikan alternatif baru untuk menyelesaikan permasalahan ketika produk serupa sudah hadir di tempat lain namun gagal memberikan solusi.

  • Membuat Bisnis Plan Startup

Rencana bisnis dapat dikatakan sebagai jantungnya sebuah perusahaan. Apakah perusahaan Anda beralih ke digital atau tidak, rencana bisnis adalah salah satu elemen terpenting. Rencana bisnis startup sebenarnya sama seperti rencana bisnis lainnya. Namun, pihak aplikasi telah melakukan beberapa penyesuaian terhadap teknologi yang digunakan. Misalnya saja dalam bidang perencanaan pemasaran. Selama ini saluran pemasaran dan periklanan hanya mengenal istilah televisi atau radio sebagai channel periklanan. Kini, dengan hadirnya Internet, channel tersebut akan bertambah banyak. Secara detail masih ada beberapa media seperti website dan media sosial.

  • Membuat Desain Produk yang Baik

Setelah membuat ide dan rencana bisnis untuk mulai membangun startup, langkah selanjutnya adalah membuat desain produk/jasa yang ingin Anda buat. Seperti yang telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya, produk yang baik adalah produk yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Bagian ini membahas desain produk yang baik. Desain bukan sekedar eksterior yang membungkus suatu produk. Jika produk yang dihasilkan berbentuk fisik maka jawabannya adalah pernyataan di atas. Namun bagaimana jika anda memiliki sebuah produk dalam bentuk digital atau sebuah produk jasa ?

Jawabannya terletak pada bagaimana Anda menyajikan produk tersebut dalam bentuk cerita. Faktanya, desain lebih dari sekedar tampilannya, tetapi juga  bagaimana calon pengguna dapat memahami bagaimana produk Anda akan digunakan. Misalnya saja pada kasus Gojek, sebuah startup ternama Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan transportasi. Dalam edisinya, Gojek membekali penggunanya dengan aplikasi smartphone. Desain yang ditampilkan tidak hanya menunjukkan keindahan visualnya, tetapi juga seberapa mudah panel tersebut diakses oleh orang-orang dan betapa mudahn menggunakannya.

Mengembangkan Produk yang Dibuat

Langkah selanjutnya dalam memulai startup adalah mengembangkan produk yang Anda buat. Setelah desain produk selesai, langkah selanjutnya adalah pengembangan produk. Pengembangan produk juga mencakup bagaimana produk tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat atau memberikan layanan pelanggan.
Bukan hanya karena itu, tapi juga karena bagaimana produk ini bisa bertahan ketika produk serupa keluar dari kompetitor. Dan bagaimana produk ini akan menghadirkan peluang baru di masa depan?

Salah satu contohnya adalah Gojek dengan yang memiliki sistem pembayaran sendiri bernama Go-Pay. Sebelumnya Gojek hanya menawarkan pembayaran tunai yang dibayarkan langsung ke driver. Kini Gojek telah mengembangkan sistem pembayaran cashless dengan sistem kredit prabayar (pre-paid balance). Sistem ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran tanpa uang tunai dengan mudah dan juga telah berkembang menjadi mata uang digital. Perlu diingat bahwa pembayaran Go-Pay tidak hanya dapat digunakan untuk membayar jasa driver saja, namun juga beberapa merchant partner mereka.

Pendirian startup tentu mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini berbeda dengan konsep sociopreneurship yang mengejar tujuan sosial. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat dari produk ini, Anda perlu memiliki sarana atau anggaran. Pembiayaan startup dapat diberikan melalui pinjaman modal online atau pembiayaan dari individu yang berminat, seperti investor. Dengan berkembangnya banyak fintech di seluruh dunia khususnya di Indonesia seperti Teman Uang, Cek Saja, dll, mendapatkan uang dari pinjaman online menjadi semakin mudah.

Investor kini dapat menggunakan berbagai metode, termasuk menghadirkan prototype produk dan rencana bisnis yang telah dibuat sebelumnya untuk diperkenalkan kepada calon investor. Atau tampilkan informasi produk dan bawa ke bidang investasi crowdfunding. Perkembangan teknologi saat ini memudahkan untuk mendapatkan investasi gratis melalui crowdfunding seperti Kita Bisa atau Kickstarter.

Kesimpulan

Membuat startup itu mudah, namun syarat utamanya adalah startup yang dikembangkan haruslah perusahaan startup yang bisa memberikan solusi kepada masyarakat. Tidak hanya memberikan dampak ekonomi langsung kepada para pendiri startup, namun juga memberikan dampak sosial kepada pengguna dan pemangku kepentingan. Dengan mengikuti tiga langkah di atas, anda dapat menciptakan startup yang berpotensi menjadi startup unicorn suatu saat nanti.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

4 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

10 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

1 day ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

1 day ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago