HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ayo Simak! Mengenal IP Address Dari Pengertian Dan Penjelasannya

IP address adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi setiap perangkat di jaringan. Komputer menggunakan IP address ini untuk berkomunikasi satu sama lain baik di Internet maupun di jaringan lain. Kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang arti IP address dan cara kerjanya di bawah ini.

Pengertian IP Address

IP address adalah singkatan dari Internet Protocol address, yang merupakan seperangkat aturan untuk berkomunikasi di Internet. Misalnya mengirim email, streaming video, menghubungkan ke website, dll.

IP address adalah alamat situs web yang berisi serangkaian angka yang mengidentifikasi jaringan atau perangkat di Internet. Protokol Internet mengelola proses penetapan IP address uniknya sendiri pada setiap perangkat, sekaligus melakukan tugas lain seperti merutekan lalu lintas Internet. Ini memudahkan untuk melihat perangkat mana di Internet yang mengirim, meminta, dan menerima informasi. Bagi yang belum tahu, IP address seperti nomor telepon dan melayani tujuan yang sama.

Jenis IP Address

Ada dua jenis alamat IP, yakni IPv4 dan IPv6. Jika dihitung jumlahnya, Anda dapat melihat dengan jelas perbedaannya.

1. IP address IPv4

Alamat IPv4 berisi rangkaian empat angka yang dipisahkan oleh titik, mulai dari 0 (kecuali digit pertama) hingga 255. Contoh: 5.62.42.77.

2. IP address IPv6

Alamat IPv6 ini ditulis dalam delapan kelompok empat digit heksadesimal. Grup dipisahkan dengan titik dua. Alamat IPv6 adalah: 2620:0aba2:0d01:2042:0100:8c4d:d370:72b4.

Protokol IPv4 dan IPv6

Awalnya hanya Protokol Internet IPv4. Seperti yang telah kita lihat, ini mendefinisikan alamat IP sebagai angka 32-bit, seperti 506.457.14.512. Hanya sekitar 4 miliar alamat IP yang diizinkan, jumlah ini tidak cukup untuk menggunakan Internet secara berkelanjutan saat ini.

Protokol baru ini diperkenalkan pada tahun 1998 dengan diperkenalkannya IPv6. Implementasinya dimulai pada pertengahan tahun 2000an. Anda dapat memeriksa apakah Anda telah diberi IP address IPv6 dengan mengunjungi WhatIsMyIP.com. Protokol IPv6 baru ini menggunakan alamat IP 128-bit seperti 4ggr:1925:5656:7:600:t4tt:tc54:98vt. Artinya IPv6 dapat menyediakan sekitar 340 triliun alamat IP.

Oleh karena itu, ini lebih dari cukup untuk memenuhi peningkatan permintaan alamat IP untuk situs web, komputer, ponsel pintar, jam tangan pintar, dll. di tahun-tahun mendatang.

Apa Saja Bagian dari IP address?

Alamat IP juga merupakan alamat yang terdiri dari dua bagian yakni ID jaringan, yang merupakan tiga digit pertama dari alamat, dan ID host, yang merupakan digit keempat dari alamat tersebut.

ID jaringan ini menunjukkan jaringan mana yang digunakan perangkat. Di sisi lain, ID host mengacu pada perangkat tertentu di jaringan Anda. Biasanya, router adalah .1, dan setiap perangkat berikutnya diberi .2, .3, dan seterusnya.

Anda mungkin tidak selalu ingin masyarakat mengetahui secara pasti perangkat dan jaringan apa yang digunakan. Dalam hal ini, alamat IP Anda dapat disembunyikan dari publik melalui Virtual Private Network (VPN). VPN menjaga kerahasiaan alamat jaringan Anda dari publik.

Awal Mula IP Address

IPv4 dimulai pada awal tahun 1980an ketika Internet masih merupakan jaringan militer swasta. IPv4 memiliki total kumpulan 4,3 miliar alamat, yang mungkin terlihat sangat banyak. Namun karena semua komputer, smartphone, dan tablet, belum lagi perangkat IoT, terhubung ke Internet, IPv4 mulai terisi.

Akhirnya Internet Engineering Task Force (IETF), yang mengembangkan teknologi tulang punggung Internet, mengembangkan IPv6 sekitar 10 tahun yang lalu. Ini memiliki kumpulan potensial 340 alamat yang undecillion (340 diikuti oleh 36 angka nol). Ini memastikan bahwa alamat IP Anda tidak pernah penuh atau habis digunakan.

Seiring berjalannya waktu, IPv6 akan menggantikan IPv4, namun untuk saat ini keduanya masih banyak digunakan. Padahal kapasitas IPv4 tidak lagi sebesar dulu.

IP Address dan Nama Domain

Orang lebih mengenal nama dibandingkan angka Nama domain seperti hosteko.com lebih mudah diingat dibandingkan daftar panjang nomor seperti 192.124.249.166.

Melalui Domain Name System “DNS” Internet seperti direktori telepon. Masukkan nama domain Anda dan kami akan secara otomatis mencari nomor dan alamat IP Anda dan menghubungkan Anda ke situs web yang Anda cari.

IP Address Dinamis dan Statis

Sebagian besar pengguna Internet memiliki alamat IP dinamis yang berubah secara otomatis dari waktu ke waktu. Namun, ada beberapa situs web yang alamat IP-nya tetap atau tidak berubah. Ini penting karena sistem DNS Anda menggunakan alamat IP situs web Anda ketika seseorang mengunjungi situs web Anda atau mengirimi Anda email.

Jika Anda berencana untuk meng-host situs web Anda sendiri, membeli alamat IP statis dari penyedia layanan Internet Anda sangatlah penting dan akan menimbulkan biaya tambahan.

Bagaimana Cara Kerja IP Address?

Dalam kehidupan nyata, kantor pos biasanya menggunakan alamat fisik atau rumah sebagai penanda lokasi seseorang. Hal ini juga terjadi pada alamat IP. Ini memungkinkan orang lain mengetahui di mana Anda berada. Sederhananya, alamat IP adalah alamat Anda di Internet.

Semua petunjuk ini berlaku untuk alamat IP digital. Alamat IP menunjukkan lokasi komputer Anda. Dalam arti virtual, ia dapat mengidentifikasi komputer, situs web favorit, server jaringan, dan bahkan perangkat (seperti webcam).

Alamat IP adalah salah satu hal terpenting untuk mengirim dan menerima informasi. Alamat IP ini membantu mengarahkan lalu lintas internet Anda ke tempat yang Anda butuhkan dan mengarahkan email Anda ke kotak masuk Anda. Oleh karena itu, setiap perangkat yang aktif di Internet harus memiliki alamat IP.

Apa Tujuan dari IP address?

Tujuan dari IP address adalah untuk menangani koneksi antar perangkat yang mengirim dan menerima informasi di jaringan. IP address secara unik dapat mengidentifikasi setiap perangkat di Internet.

IP address adalah alamat yang memungkinkan perangkat komputasi, seperti PC atau tablet, berkomunikasi dengan beberapa tujuan ke situs web atau layanan streaming. IP address berfungsi serupa dengan alamat pengirim email.

Jika Anda mengirim email ke penerima yang tidak valid, server email perusahaan Anda dapat menggunakan alamat IP tersebut untuk mengirim ulang pesan yang tidak terkirim, sehingga Anda tahu bahwa pesan tersebut tidak dikirim ke lokasi yang benar.

Bagaimana Cara Menemukan IP address?

Baik Anda menggunakan Windows atau Mac OS, Anda dapat dengan mudah menemukan alamat IP Anda di pengaturan jaringan komputer Anda.

Sekarang Anda dapat mengakses pengaturan jaringan dan internet Windows 10 dari menu Pengaturan. Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat membuka bagian Jaringan di System Preferences.

Alamat IP Perlu Dilindungi

Tentu saja, Anda perlu melindungi alamat IP Anda karena beberapa alasan. Pasalnya, seperti kita ketahui, kejahatan sangat berbahaya di dunia Internet. Oleh karena itu, Anda perlu melindungi alamat rumah atau alamat IP Anda.

Penjahat dunia maya mungkin mencoba mengeksploitasi situs web Anda karena berbagai alasan. Penjahat dapat menggunakan alamat IP Anda untuk mengunduh atau mengakses konten ilegal. Lebih buruk lagi, jika Anda dapat mengunduh seluruh film, musik, dan konten lainnya, Anda mungkin mengalami masalah dengan ISP karena Anda tidak melakukannya.

Selain itu, Anda juga dapat melacak alamat rumah sebenarnya melalui alamat IP Anda. Tentu saja hal ini dapat mengakibatkan cedera fisik atau pencurian saat Anda tidak berada di rumah.

Sebagai tanggapan, pakar keamanan telah lama menyarankan masyarakat dan pengguna internet untuk tidak pernah mengatakan di media sosial bahwa mereka sedang berlibur. Jenis informasi ini membuat penjahat mengetahui bahwa Anda tidak ada di rumah. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda menjaga privasi Anda saat menggunakan Internet. Ini demi kesehatan dan keselamatan Anda sendiri.

Penjahat juga dapat menggunakan alamat IP Anda untuk memata-matai informasi pribadi Anda, termasuk informasi keuangan Anda. Hal ini dapat memberi peretas akses ke lalu lintas alamat IP Anda.

Kejahatan paling serius lainnya juga bisa berupa serangan langsung adalah DDoS (Distributed Denial-of-Service). Dalam kasus ini, penjahat dunia maya biasanya membanjiri server dengan lalu lintas yang sangat banyak sehingga server menjadi kelebihan beban dan mati. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan alat privasi ke alat online Anda, seperti alat untuk menyembunyikan alamat IP Anda.

Jadi, Sudah Tahukah Apa Itu IP Address?

Seperti disebutkan sebelumnya, IP address adalah singkatan dari Internet Protocol Address. IP address adalah seperangkat aturan untuk komunikasi di Internet. Misalnya mengirim email, streaming video, menghubungkan ke website, dll.

IP address dapat mengidentifikasi jaringan atau perangkat di Internet. Karena Protokol Internet mengelola proses penetapan untuk setiap perangkat, alamat IP juga dapat melakukan tugas lain, seperti merutekan lalu lintas Internet.

Alamat IP ini juga hadir dalam dua jenis yang umum digunakan oleh pengguna Internet saat ini yakni IPv4 dan IPv6. Sederhananya, alamat IP adalah alamat situs web yang berisi satu atau lebih nomor khusus yang memungkinkan setiap perangkat di jaringan dapat diidentifikasi.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

4 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

10 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

1 day ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

1 day ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago