Sudah pernah mendengar SEO? Kata yang sangat umum dan pasti sudah pernah mendengarnya bukan. Jika Anda belum mengerti tentang SEO mari bahas bersama.

SEO atau Search Engine Optimization menurut Wikipedia (terjamahan bahasa Inggris) adalah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) suatu web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut dengan pencarian tak berlayar, pencarian non iklas, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.

Keunggulan SEO

Hampir semua orang yang terlibat dengan kegiatan teknologi, terlebih yang mencari topik, berita atau konten tertentu. Hal yang dilakukan Anda adalah dengan mesin pencari yang sangat penting karena sebagian besar yang berkecimpung di dunia maya akan mengaksesnya untuk mencari informasi.

Berikut adalah keunggulan SEO

  1. Traffik naik

Jika situs website Anda dapat berada di rangking pertama atau dapat masuk ke halamn pertama, situs web Anda akan memiliki peluang besar untuk mendapatkan limpahan traffik.

 

  1. Biaya minimal

Biaya yang digunakan untuk SEO lumayan minimal, namun bukan berarti dalam proses pengoptimalan website menjadi mudah. Karena harus melewati tahap yang rumit dan menghabiskan waktu, sehingga dalam proses pengoptimalan web dengan teknik SEO tidak gratis.

 

  1. Pengungjung mudah dipantau

 

Menggunakan teknik SEO akan memudahkan dalam Anda dalam melihat jumlah pengunjung yang datang disetiap waktunya.

 

  1. Cepat dikenal

Jika Anda mengoptimalkan teknik SEO pada website, maka akan menjadikan website tersebut mudah dikenali oleh banyak pengunjung.

 

  1. Software pendukung

Banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang Anda lakukan.

 

  1. Peluang membuka jasa SEO

Jika Anda sudah menerapkan SEO pada situs web, maka Anda dapat membuka jasa pengerjaan SEO.

 

  1. Tidak harus mengerjakan sendiri

Unutk melakukan SEO, Anda tidak harus melakukan sendiri karena Anda dapat mencari orang atau jasa SEO unutk mengSeokan situs web Anda.

 

Kekurangan SEO

  1. Banyak menghabiskan waktu

Menjalalankan SEO memerlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak karena harus dimonitor sepanjang hari.

 

  1. Bergantung pada mesin pencari

SEO menjadikan Anda ketergantungan dengan pengembangan mesin pencari. Jika situs web Anda mengalami search engine yang tidak stabil akan menyebabkan pendapatan Anda pun akan turun.

 

  1. Banyak hal-hal teknis

Jika Anda melakukan SEO sendiri maka Anda harus mengerti banyak hal-hal teknis jika ingin berhasil.

 

  1. Mengikuti perkembangan

Alogaritma search engine akan terus berubah, sehingga Anda sebagai pemakai SEO harus mengikuti perkembangan serta aturannya juga.

 

  1. Tingginya pesaing

SEO sebagai web kompetisi, maka persaingan di dunia web akan semakin meningkat pula.

 

Diatas adalah keunggulan dan kekurangan SEO. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀