HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Latency : Pengertian Penyebab dan Cara Menghitung

Pengertian Latency

Latency adalah waktu yang dibutuhkan data dari asal sampai tujuan dengan diukur dalam satuan mili detik. Istilah mudahnya adalah delay/penundaan. Contohnya saat ini di Jakarta mengirim email dengan attachment foto kepada teman yang berdomisili di New York, Amerika Serikat. Saat email dikirim, akan terjadi latency sepersekian milidetik sebelum email diterima.

Jika masih dalam hitungan sepersekian detik ini masih wajar, tetapi jika latency sampai hitungan detik, maka ini sudah termasuk high latency. Harus ada beberapa tindakan untuk menyelesaikan masalah high latency ini, salah satunya dengan mencari penyebabnya.

Komponen Latency

Berbicara tentang latency, latency memiliki tiga buah komponen yaitu :

1. Speed-of-light propagation delay

Speed of light propagation delay atau delay dari perambatan kecepatan cahaya terjadi karena tidak ada satupun media yang dapat memiliki kecepatan melebihi kecepatan cahaya, termasuk kabel jaringan.

Jika mengetahui jarak dari dua titik, maka dapat menghitung latency dari kecepatan cahaya namun harus berhati-hati karena cahaya juga dapat merambat melalui medium yang berbeda dengan kecepatan yang berbeda pula.

Di ruang hampa kecepatan cahaya memiliki kecepatan 3.0 x 10^8 m/s. Jika melalui fiber kecepatannya menurun menjadi 2.0 x 10^8 m/s.

2. Waktu untuk transmisi data

Komponen yang kedua adalah waktu untuk melakukan transmisi suatu data yang merupakan bagian dari bandwidth jaringan dengan pertimbangan ukuran (size) dari paket yang dibawa.

3. Antrian dalam Jaringan

Komponen yang ketiga adalah antrian yang mungkin dapat terjadi pada jaringan misalnya paket yang disimpan beberapa saat sebelum di forward ke beberapa lokasi.

Penyebab Latency

Banyak faktor yang dapat menyebabkan faktor latency pada kelancaran arus komunikasi data pada suatu jaringan, antara lain :

  • Media transmisi

Setiap infrastruktur jaringan, salah satunya kabel memiliki keterbatasan sehingga menyebabkan latency. Contoh saja kabel jaringan fiber optic, walaupun kecepatannya bisa sampai 10.000 Mbps, masih ada latency walaupun sangat kecil. Jadi semakin jauh jarak pengiriman data maka akan semakin besar latencynya.

  • Propagasi

Propagasi adalah waktu yang diperlukan suatu paket untuk melakukan perjalanan dari berangkat sampai tujuan.

  • Router

Setiap router membutuhkan waktu untuk melakukan analisis informasi header dari  suatu paket yang diterima. Jadi setiap melewati router baru maka akan meningkatkan waktu latency.

  • Storage delays

Latency dapat terjadi ketika suatu paket data disimpan, kemudian saat diakses perlu melewati perangkat jaringan seperti switch dan bridge.

  •  Gangguan frekuensi radio

Hal lain yang menjadi penyebab latency adalah interferensi sinyal radio di sekitar lokasi pengguna. Untuk bisa mentransmisikan jaringan yang bagus perlu mencari area yang bersih dari gelombang radio.

  • Konfigurasi jaringan dan server

Semakin banyaknya Hop atau Point of Presence yang harus dilewati data untuk bisa sampai pada tujuan, maka peluang muncul latency akan semakin besar. Hindari membuat konfigurasi jaringan yang rumit sehingga menghambat laju data.

  • Cuaca

Penyebab latency yang terakhir adalah masalah cuaca. Sebagai informasi saja, bahwa karakteristik sinyal untuk bisa pindah dari satu lokasi menuju lokasi lainnya saat kondisi cuaca cerah kecepatan bisa merambat hingga 300.000 Km per detik. Pada cuaca mendung misalnya, laju sinyal akan sedikit menurun karena menembus awan tebal dan hujan. Jadi saat cuaca kurang bersahabat biasanya tingkat latencynya semakin besar.

Hal Yang Diakibatkan oleh Latency

Beberapa hal yang dapat di akibatkan dari latency antara lain :

  • Akses aplikasi lebih lambat berkaitan dengan pingtime.
  • Data yang diterima di aplikasi tidak tepat karena ada beberapa data yang hilang ketika di terima pengguna aplikasi sehingga ketidak akuratan terjadi.
  • Kegagalan akses, ini jika sudah akut maka aplikasi akan memberikan notifikasi seperti “maaf kepenuhan” atau “maaf ada gangguan jaringan”, contoh seperti akses website tokopedia dan kaskus jika terjadi kepenuhan ini dapat di sebabkan network latency atau pun gangguan jaringan di server mereka.
  • Kegagalan sistem, ini lebih akut lagi dalam hal ini network latency sudah menyebar masalahnya sampai ke sistem di server aplikasi yang membutuhkan perbaikan lebih lama lagi dan untuk pengusaha yang memakai aplikasi cloud untuk bisnisnya tentu akan mengalami kerugian berganda dari sisi pendapatan yang hilang dan juga biaya untuk perbaikan.

Meminimalisir Latency

Beberapa hal berikut diyakini bisa membantu koneksi tetap lancar dengan Network Latency yang minim :

1. Lakukan penghematan bandwith

Nilai Ping Time (semakin rendah, semakin baik) adalah patokan yang bisa digunakan dalam mengukur apakah koneksi terserang Network Latency akut atau tidak. Sekalipun memiliki koneksi internet dengan speed tinggi dari ISP (Internet Service Provider), namun jika membuang-buang bandwith dengan menjalankan aplikasi streaming secara simultan, ping time di jamin drop.

Di beberapa device gaming seperti laptop gaming dengan hardware networking khusus, terdapat aplikasi network manager yang memungkinkan pengguna mengatur aplikasi mana saja yang diprioritaskan mendapat bandwith lebih tinggi dari aplikasi lain.

2. Optimasi Network Device

Untuk mengakses Internet, secara garis besar terdapat dua (2) jenis koneksi, kabel dan wireless. Tidak masalah jika terhubung langsung dengan router via kabel UTP. Koneksi device dengan router di jamin jauh lebih stabil dibanding menggunakan wireless. Tapi jika terpaksa harus mengakses Internet menggunakan WiFi, ada dua hal penting yang wajib kamu selalu perhatikan.

Pertama, usahakan posisi antara device dan wireless router tidak terhalang sekat yang berpotensi mempersulit penangkapan sinyal WiFi. Ini menjamin device baik smartphone maupun laptop, mendapat asupan sinyal WiFi yang tinggi. Usahakan kekuatan sinyal WiFi yang diterima selalu stabil. Sinyal WiFi yang turun naik, seringkali menjadi penyebab utama konsentrasi Latency terganggu.

Jika posisi wireless router terpaksa harus berjauhan dengan device, sebaiknya tambahkan repeater untuk memperkuat sinyal WiFi. Sekalipun, me-repeat sinyal WiFi hanya mendapat setengah bandwith yang bisa disediakan Router. Yang satu ini memang resiko menggunakan koneksi Wireless. Jadi, jangan juga terlalu banyak menggunakan repeater untuk memperluas jangkauan WiFi. Karena semakin banyak penguatan, secara prakteknya, Latency juga akan makin tinggi.

Kedua, jika memungkinkan ganti wireless router bawaan ISP dengan Wireless router yang lebih bagus. Sering sekali terjadi penurunan kualitas bandwith akibat kualitas wireless router yang ‘seadanya’. Tidak perlu yang mahal, cukup cari wireless router dengan kemampuan manajemen bandwith yang lebih baik juga memiliki durabilitas tinggi. Dalam arti kata, sekalipun dengan bermain game dalam jangka waktu lama.

Jangan lupa juga cek berapa banyak latency yang terjadi antara jaringan dengan server. Jika memungkinkan, cari informasi server game yang paling dekat dengan lokasi untuk mengurangi route proccess.

Cara Menghitung Latency

Perlu diketahui bahwa kabel fiber optic memiliki kecepatan internet setara dengan kecepatan cahaya 299.792.458 meter/detik, dari kecepatan tersebut dihasilkan latency sebesar 3.33 microseconds. Semakin jauh lokasi pengiriman paket data maka semakin besar pula angka latencynya. Pada dasarnya latensi bisa diukur dengan dua metode berikut :

  • Round Trip Time (RTT)
  • Time To First Byte (TTFB)

Untuk menghitung latency bisa menggunakan tools untuk mengukur Time To First Byte (TTFB) yang ada pada 16 lokasi server yang berbeda. Silahkan ikuti cara mengukur latency berikut ini :

1. Silahkan buka website https://tools.keycdn.com/performance

2. Kemudian silahkan masukan URL website, kemudian lakukan “Test”. Tunggu hasilnya.

3. Silahkan lihat pada kolom paling akhir “TTFB”, disitu tertulis latency yang dihasilkan dari akses lokasi yang berbeda. Semakin kecil tingkat latencynya maka akan semakin bagus.

4.4/5 - (5 votes)
Risa Y

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

2 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

6 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

24 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

1 day ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago