HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Lorem Ipsum Teks Standar

Apa Itu Lorem Ipsum?

Lorem ipsum adalah sebuah template atau teks standar yang berfungsi untuk menempatkan elemen grafis atau untuk membingkai penempatan atau penataan huruf (typesetting) di dalam sebuah layout grafis, artikel dan bisa juga digunakan pada sebuah presentasi.

Sejarah lorem ipsum sudah muncul sejak tahun 1500 an. Sejarah ditemukannya lorem ipsum berawal dari seorang tukang cetak, yang mengambil sebuah teks. Kemudian teks tersebut di acak untuk kemudian dijadikannya buku dan contoh huruf.

Profesor Bahasa latin asal Amerika Serikat, bernama Richard McClintock menyebut bahwa lorem ipsum merupakan bagian dari sebuah naskah sastra klasik pada era 45 sebelum masehi. Tidak main-main, naskah tersebut menurut sang profesor sudah berumur 200 tahun lebih.

Lorem ipsum yang sampai sekarang digunakan ternyata berasal dari sebuah penggalan paragraf bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah de Finibus Bonorum et Malorum (Sisi Ekstrem dari Kebaikan dan Kejahatan) sebuah karya dari seorang operator, negarawan juga filsuf pada masa romawi yang bernama Cicero.

Lorem ipsum yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan sekarang masih digunakan sebagai teks standar, dianggap mempunyai persebaran teks huruf yang baik dan merata. Sehingga akan melihatnya sebagai teks biasa.

Selain itu, lorem ipsum yang digunakan sebagai teks standar dimaksudkan agar orang-orang yang melihatnya tidak terpaku pada arti kalimat lorem ipsum secara harfiah. Namun, akan terfokus pada elemen desain grafis.

Tujuan Penggunaan Lorem Ipsum

Tujuan penggunaan teks Lorem Ipsum bukan tanpa alasan, apalagi “asal”. Maksud penggunaan Lorem Ipsum adalah karena memiliki penyebaran huruf yang normal. Itu lebih baik daripada menggunakan kalimat seperti “Bagian isi disini, bagian isi disini” sehingga ia seolah menjadi naskah Inggris yang bisa dibaca.

Banyak paket Desktop Publishing dan editor situs web yang kini menggunakan Lorem Ipsum sebagai contoh teks. Karenanya, pencarian terhadap kalimat “Lorem Ipsum” akan berujung pada banyak situs web yang masih dalam tahap pengembangan.

Berbagai versi juga telah berubah dari tahun ke tahun, kadang karena tidak sengaja, kadang karena disengaja (misalnya karena dimasukkan unsur humor atau semacamnya).

Variasi Tulisan Lorem Ipsum

Ada banyak variasi tulisan Lorem Ipsum yang tersedia, tapi kebanyakan sudah mengalami perubahan bentuk, entah karena unsur humor atau kalimat yang di acak hingga nampak sangat tidak masuk akal. Jika ingin menggunakan tulisan Lorem Ipsum harus yakin tidak ada bagian yang memalukan yang tersembunyi di tengah naskah tersebut.

Semua generator Lorem Ipsum di internet cenderung untuk mengulang bagian-bagian tertentu. Karena itu inilah generator pertama yang sebenarnya di internet. Loren Ipsum menggunakan kamus perbendaharaan yang terdiri dari 200 kata Latin, yang digabung dengan banyak contoh struktur kalimat untuk menghasilkan Lorem Ipsum yang nampak masuk akal.

Karena itu, Lorem Ipsun yang dihasilkan akan selalu bebas dari pengulangan, unsur humor yang sengaja dimasukkan, kata yang tidak sesuai dengan karakteristik dan sebagainya.

  • Lorem Ipsum Standar yang Digunakan Sejak Tahun 1500 an

“Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.”

  • Terjemahan tahun 1914 oleh H. Rackham

“But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful. Nor again is there anyone who loves or pursues or desires to obtain pain of itself, because it is pain, but because occasionally circumstances occur in which toil and pain can procure him some great pleasure. To take a trivial example, which of us ever undertakes laborious physical exercise, except to obtain some advantage from it? But who has any right to find fault with a man who chooses to enjoy a pleasure that has no annoying consequences, or one who avoids a pain that produces no resultant pleasure?”

  • Bagian 1.10.33 dari “de Finibus Bonorum et Malorum”, ditulis oleh Cicero pada tahun 45 SM

“At vero eos et accusamus et iusto odio dignissimos ducimus qui blanditiis praesentium voluptatum deleniti atque corrupti quos dolores et quas molestias excepturi sint occaecati cupiditate non provident, similique sunt in culpa qui officia deserunt mollitia animi, id est laborum et dolorum fuga. Et harum quidem rerum facilis est et expedita distinctio. Nam libero tempore, cum soluta nobis est eligendi optio cumque nihil impedit quo minus id quod maxime placeat facere possimus, omnis voluptas assumenda est, omnis dolor repellendus. Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet ut et voluptates repudiandae sint et molestiae non recusandae. Itaque earum rerum hic tenetur a sapiente delectus, ut aut reiciendis voluptatibus maiores alias consequatur aut perferendis doloribus asperiores repellat.”

  • Terjemahan tahun 1914 oleh H. Rackham

“On the other hand, we denounce with righteous indignation and dislike men who are so beguiled and demoralized by the charms of pleasure of the moment, so blinded by desire, that they cannot foresee the pain and trouble that are bound to ensue; and equal blame belongs to those who fail in their duty through weakness of will, which is the same as saying through shrinking from toil and pain. These cases are perfectly simple and easy to distinguish. In a free hour, when our power of choice is untrammelled and when nothing prevents our being able to do what we like best, every pleasure is to be welcomed and every pain avoided. But in certain circumstances and owing to the claims of duty or the obligations of business it will frequently occur that pleasures have to be repudiated and annoyances accepted. The wise man therefore always holds in these matters to this principle of selection: he rejects pleasures to secure other greater pleasures, or else he endures pains to avoid worse pains.”

Contoh Lorem Ipsum

Pada penggunaannya sekarang, teks lorem ipsum memiliki perbedaan dengan teks asli di dalam naskah asli Cicero.

Dari berbagai sumber, contoh teks lorem ipsum berasal dari bahasa latin. Teks tersebut lalu dijadikan lorem ipsum template yang kini digunakan oleh banyak orang.

Ditambah, banyak variasi lorem ipsum. Ada huruf-huruf yang dihilangkan dari teks lorem ipsum berbahasa latin. Alasannya agar lorem ipsum tersebut tidak terasa asing dan dekat dengan bahasa inggris.

Jika di bahasa Indonesia, lorem ipsum nyaris sulit untuk dimengerti. Selain berasal dari Bahasa latin, lorem ipsum sendiri memang hanya difungsikan sebagai contoh rangkaian teks saja.

Mengenai bagaimana contoh lorem ipsum, sekarang sudah banyak tersedia dari berbagai sumber di internet. Hanya tinggal memilih, template yang sesuai yang akan digunakan.

Kalimat per kalimat dari contoh lorem ipsum, nyaris sulit untuk mengungkapkan arti harfiahnya, seperti sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Maka dari itu, contoh lorem ipsum digunakan agar orang-orang tidak terpaku ke dalam teksnya tetapi kepada tampilan desainnya.

Sebagian orang menganggap teks lorem ipsum tidak memiliki makna apa-apa. Bahkan, ada yang menyebut lorem ipsum bukan berasal dari Bahasa latin kendati Bahasa awal dari lorem ipsum ialah Bahasa latin.

Namun, Richard McClintock membantahnya. Menurutnya, lorem ipsum merupakan Bahasa latin dan di dalam teksnya terdapat makna.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan lorem ipsum kini dibantu oleh berbagai perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut berfungsi menggenerate lorem ipsum (lorem ipsum generator) secara acak. Hebatnya, kendati secara acak, teks tersebut tidak akan berulang secara berdekatan.

Akan tetapi, teks yang dihasilkan akan berbeda dari teks lorem ipsum yang sebenarnya. Bahkan hanya sedikit sekali yang mirip dengan teks lorem ipsum.

Sebab perlu ditekankan kembali teks loren ipsum digunakan hanya sebagai contoh atau template, bagaimana teks dibungkus atau di bingkai dalam sebuah desain, baik untuk website, artikel dan desain lainnya.

Berbagai situs pun sudah menyediakan lorem ipsum sekaligus dengan menggeneratenya. Memudahkan dalam membuat sebuah tampilan desain, artikel atau ketika akan membuat dummy website.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

6 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

8 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago