HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Manfaat Big Data untuk Kelancaran Bisnis

Big data bisa memberikan dampak positif di berbagai aspek dalam berbisnis. Namun, data ini juga bisa menjadi batu sandungan bagi bisnis jika disalahgunakan. Apabila sedang dalam masa mengembangkan bisnis atau perusahaan, maka wajib untuk mengetahui apa saja keuntungan dan manfaat big data untuk bisnis atau perusahaan.

Big data memiliki manfaat yang bisa digunakan di berbagai aspek kehidupan dan meliputi berbagai ranah tertentu. Berikut ini merupakan manfaat adanya big data, yaitu :

  • Meningkatkan efisiensi bisnis

Pemanfaatan big data seperti yang dilakukan Tableau, Hadoop dan Amazon Web Services memberi keuntungan biaya yang signifikan dalam hal penyimpanan data. Teknologi ini juga dapat mengidentifikasi cara berbisnis yang lebih efisien.

Jesse Maida dari Quantizig menjelaskan bahwa solusi analisis big data dapat mengurangi biaya kegagalan hingga 35%. Artinya, perusahaan dapat menghemat biaya olah data dan database secara signifikan. Big data dapat membantu pekerja untuk bekerja lebih cepat dan efisien sehingga dapat membantu pengolah data untuk memangkas waktu kerja.

  • Memahami tren pasar

Saat ini, kegiatan marketing bergantung pada data untuk menganalisis dan memahami perilaku konsumen sekaligus memberikan wawasan yang jelas tentang produk atau layanan manakah yang paling populer. Alhasil, pemilik atau pengelola bisnis juga dapat mengambil keputusan lebih cepat dan tepat jika memahami tren pasar.

Informasi mengenai tren pasar juga bisa membantu suatu bisnis mengembangkan produk yang sedang populer dan disukai oleh konsumen. Contohnya adalah situasi pandemi yang memunculkan tren penggunaan hand sanitizer dan masker. Keberadaan big data di sini bisa membantu pebisnis untuk menganalisis jenis hand sanitizer atau masker apa yang dapat memancing ketertarikan konsumen.

  • Mengidentifikasi kekurangan pesaing

Kegunaan big data juga bisa berpengaruh pada bagaimana pemilik bisnis mengidentifikasi kekurangan pesaing. Big data bisa memberikan manfaat penting bagi pemilik bisnis atau perusahaan untuk mengembangkan produk dengan kualitas lebih baik yang sesuai dengan keinginan pasar.

  • Meningkatkan interaksi dengan konsumen

Saat ini, konsumen sudah bisa memahami prioritas mereka. Misalnya, sebelum melakukan pembelian, konsumen akan mengecek dan membandingkan berbagai opsi produk yang ada. Di era digital seperti saat ini, konsumen juga bebas mengulas suatu produk di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube dll.

Peran big data yaitu untuk mengoleksi data konsumen, seperti nomor telepon, email, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar pemilik bisnis atau perusahaan dapat melakukan pendekatan langsung seperti memberikan hadiah sebagai apresiasi atas ulasan jujur dari konsumen.

Selain melakukan pendekatan pada konsumen, data konsumen yang dimiliki juga sering digunakan oleh perusahaan perbankan untuk mengecek profil nasabah mereka secara real-time. Profil yang ada kemudian akan dipelajari sehingga bank dapat menyesuaikan tawaran berdasarkan preferensi dan ketertarikan nasabah.

  • Meningkatkan kualitas sistem belanja online

Manfaat lain big data untuk bisnis adalah meningkatkan pengalaman pengguna dalam sistem belanja online. Data yang ada dapat membantu penjual online untuk menyarankan penawaran terbaik pada pengunjung website sesuai produk terkait yang sedang mereka cari. Teknologi ini merupakan gabungan antara machine learning dan big data.

  • Melakukan analisis risiko

Pemilik bisnis juga dapat melakukan analisis prediktif dengan memanfaatkan big data untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Hal ini karena big data berukuran besar dan bersifat real-time sehingga hasil prediksi lebih spesifik dan batas kesalahannya (margin of error-nya) lebih rendah.

Tools yang dimiliki sistem big data mampu memetakkan seluruh data sesuai tujuan dan hal ini juga bisa membantu pemilik bisnis atau perusahaan untuk menganalisis keberadaan ancaman dari dalam alias internal. Alhasil, keamanan informasi yang dimiliki suatu bisnis atau perusahaan bisa lebih terjaga dengan adanya password untuk mengakses data penting.

Oleh karena itu sebagian besar bisnis, khususnya perusahaan, telah fokus pada penggunaan big data untuk memastikan keamanan dan perlindungan data bisnis atau perusahaan, khususnya data keuangan dan sistem yang berjalan secara online seperti website.

  • Mampu menentukan strategi bisnis yang tepat

Dalam berbisnis tentunya keuntungan menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, setiap pebisnis harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari big data yang memiliki banyak sekali keunggulan. Penggunaan big data dalam dunia bisnis, mampu memberikan arah dan strategi baru dalam berbisnis. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan oleh big data. Dengan demikian, perusahaan akan terhindar dari berbagai hal yang bisa menyebabkan rugi.

Manfaat big data memang sangat banyak. Oleh karena itu, akan sangat ganjil rasanya jika di era yang serba modern ini, masih banyak yang asing dengan big data. Terlebih lagi dalam dunia bisnis memiliki proses persaingan yang sangat tinggi dan tajam. Hal ini memerlukan strategi baru yang lebih inovatif. Tentunya penggunaan big data mampu memberikan keuntungan dalam bisnis.

Fungsi Big Data

Big data dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan. Salah satu contoh manfaat big data bagi perusahaan adalah meningkatkan penjualan. Untuk menganalisis produk apa yang disukai dan dibutuhkan oleh konsumen, sebuah perusahaan harus memiliki data seperti penilaian produk, produk apa yang disukai konsumen, dimana lokasi konsumen, dll. Perusahaan bisa melakukan survei online sehingga semua konsumen bisa ikut berpartisipasi tanpa harus datang ke toko. Selain itu, perusahaan juga bisa melacak lokasi pelanggan yang telah mengisi kuesioner survei dengan teknologi GPS.

Selain meningkatkan penjualan, big data juga bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Setiap transaksi yang telah terjadi pasti akan dicatat oleh sistem. Dengan adanya informasi dari transaksi tersebut, perusahaan bisa menjalin hubungan baik dan relasi dengan konsumen. Salah satu cara untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen adalah dengan memberikan pengalaman yang berkesan saat berbelanja. Salah satu caranya dengan mengucapkan selamat ulang tahun atau perayaan lain yang dikirimkan via SMS atau Email dari database transaksi. hal ini bertujuan agar konsumen kembali datang berbelanja.

Kelebihan dan Kekurangan Big Data

Seperti yang telah diketahui big data dapat dimanfaatkan di berbagai sektor. Dengan memanfaatkan big data, perusahaan akan mendapatkan insight lebih sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis. Selain itu, big data bisa ditemukan di berbagai sumber dan sebagian besar berasal dari sumber yang gratis. Selain itu, pertumbuhan big data yang sangat cepat dapat dimanfaatkan oleh data analyst untuk membuat grafik interaktif sehingga perusahaan lebih mudah memantau kondisi pasar. Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Big data tidak hanya memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki kelemahan yang harus diperhatikan. Proses pengolahan big data memerlukan software khusus dengan coding atau sintaks yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan praktisi data yang tidak murah.

Big data dan data science saling berkomplemen. Persamaan antara big data dan data science adalah sama-sama dapat digunakan di berbagai bidang. Dalam data science pun ada pengolahan big data. Salah satu profesi yang bertanggung jawab mengolah big data adalah data scientist. Dengan meningkatnya produksi data, semakin banyak pula perusahaan yang mulai merekrut data scientist untuk mengolah big data tersebut. Tak heran jika data scientist disebut sebagai ‘The Sexiest Job in 21st Century’. Kabar baiknya, data science dapat dipelajari oleh siapapun tanpa mengenal latar belakang pendidikan. Hal ini menyebabkan banyak orang mulai beralih profesi menjadi data scientist profesional.

Cara Mempelajari Data Science

Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki pendidikan atau bekerja di dunia IT karena tetap bisa menguasai ilmu kedataan alias data science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri kedataan! Daftar sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Bisa mendapatkan akses gratis untuk modul materi premium dari DQLab. Caranya :

  • Buat akun gratis di halaman website DQLab.

  • Akses modul Introduction to Data Science.

  • Selesaikan modulnya lalu dapatkan sertifikat dan reward menarik dari DQLab.

  • Subscribe DQLab.id untuk akses semua module premium.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

View Comments

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

9 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago