HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Manfaat Pengujian Android Emulator

Android emulator membantu menyimulasikan komputer atau laptop milik kalian ke sistem android.Kalian bisa menggunakan aplikasi android di komputer atau laptop dengan android emulator.Ada banyak manfaat saat menggunakan android emulator.Kalian tidak perlu selalu terhubung dengan ponsel untuk mengakses aplikasi di android.

Android emulator menyediakan semua sistem yang ada di android,semua kemudahan itu bahkan android emulator ada yang bersifat open-source sehingga siapa pun dapat menggunakan dan langsung bisa kalian coba di laptop atau komputer.Selain diciptakan untuk gamers,ada android emulator untuk para developer sebelum mereka rilis aplikasi di Google Play Store.
Apa saja manfaat pada pengujian android emulator ? Simak artikel ini untuk membahas fungsi dan manfaat android emulator.

Pengertian Android Emulator

Android emulator merupakan sebuah program yang berfungsi untuk meniru atau menyimulasikan seperti sistem android.Android emulator merupakan konsol virtual yang dapat menginstal aplikasi atau sekadar menguji sistem android.Android emulator bisa digunakan untuk kalian yang belum memiliki perangkat Android,kalian dapat mengujinya terlebih dahulu dengan android emulator.

Mencoba android emulator dengan menggunakan beberapa software android emulator,setelah kalian menginstal software pada desktop komputer,kemudian kalian bisa langsung.Setelah itu,bisa melakukan pengujian terhadap aplikasi yang ada di Android.Bahkan kalian bisa memainkan game android secara real-time.Android emulator memungkinkan kalian membuka aplikasi yang hanya terdapat di android dari perangkat mana pun.

Manfaat Pengujian Android Emulator

Android emulator dapat membantu kalian untuk menggunakan sistem android di laptop atau komputer kalian dari mana saja tapi selain dari itu ada beberapa fungsi dan manfaat yang didapatkan dari pengujian android emulator.

Berikut in fungsi dan manfaat pada pengujian android emulator :

  • Menguji Aplikasi Android

    Kalian bisa menggunakan aplikasi android meski tidak menggunakan ponsel android dengan android emulator.Selain untuk gamer,ada juga android emulator untuk developer.Android emulator untuk developer berfungsi sebagai alat bantu pengujian aplikasi sebelum kalian merilis aplikasi di Google Play Store.

  • Menguji Kode Dalam Pipeline

    Sebelum kalian membuat perubahan pada aplikasi,harus ada hal yang kalian lakukan,yakni melakukan pengujian dalam pipeline.Kalian bisa menguji kode di Android Emulator setelah itu bisa menjalankan kode kalian dengan IDE (Integrated Development Environment) seperti dalam Microsoft Visual Studio untuk melakukan pengujian fungsionalitas dari aplikasi kalian.

  • Menguji Fungsionalitas Aplikasi

    Meluncurkan aplikasi di Google Play Store membutuhkan pengujian yang cukup panjang.Kalian bisa menguji aplikasi tersebut di android emulator.Android emulator memungkinkan untuk memverifikasi bahwa kode bisa menjalankan resource inti yang terdapat dalam aplikasi sehingga tidak terjadi error,ini termasuk dengan seluruh file dari aplikasi yang kalian buat agar berfungsi sebagaimana mestinya sebelum diluncurkan ke Google Play Store.

  • Menguji Kinerja Aplikasi

    Kalian pastinya tidak ingin aplikasi yang sudah diluncurkan ke Google Play Store mendapat review tidak baik dari pengguna aplikasi karena aplikasi mengalami error atau bug yang terlalu banyak.Hal tersebut dapat menjadi hambatan kalian dalam membuat aplikasi android, untungnya sekarang terdapat android emulator yang membantu kalian dalam memeriksa kinerja aplikasi yang telah dibuat.Kalian bisa memverifikasi aplikasi sudah berjalan dengan lancar dan mengukur CPU serta kemampuan grafis aplikasi yang kalian buat di perangkat yang digunakan.

Kekurangan Menggunakan Android Emulator

Setiap sistem pasti memiliki kekurangannya meski terdapat banyak kelebihan tapi itu semua tidak akan pernah terlepas dari kekurangannya. Begitu juga android emulator yang memiliki kekurangan,terlebih lagi emulator bersifat hanya untuk meniru program aslinya dan tidak seratus persen mirip dengan sistem android asli.

Berikut ini kekurangan menggunakan android emulator,yakni :

  • Rumit untuk Digunakan

    Emulator digunakan untuk banyak kegiatan,bisa digunakan untuk gamers,developer atau siapa pun yang membutuhkan emulator. Khususnya bagi para developer,emulator cukup sering digunakan karena berfungsi untuk menguji aplikasi yang telah dibuat.Emulator untuk developer pembuat aplikasi iOS dan Android saat ini cukup rumit digunakan dan mengalami perubahan yang drastis dibanding tahun sebelumnya.

  • Kinerja Lambat

    Salah satu kegunaan emulator yakni untuk menemukan error yang akan terjadi di aplikasi android ketika akan diluncurkan tetapi terkadang emulator memberikan tanda bahwa aplikasi yang kalian buat mengalami error,hanya saja kalian tidak akan tahu persis apakah error yang terjadi karena bug di aplikasi atau terjadi karena emulator tidak bisa membaca kode dengan benar.Kinerja lambat dari emulator ini juga cukup sering dikeluhkan oleh banyak developer.

  • Sulit untuk Konfigurasi

    Kelemahan emulator lainnya yakni sulit melakukan konfigurasi,ini disebabkan karena emulator hanya tersedia untuk platform tertentu.Kalian harus menyesuaikan platform dan emulator yang akan digunakan agar emulator bisa berjalan dengan lancar.

Cara Menggunakan Android Emulator Bagi Pemula

Untuk kalian yang sedang membuat aplikasi android pasti sangat membutuhkan android emulator untuk menguji apakah aplikasi kalian dapat dijalankan atau tidak.Kalian bisa terlebih dahulu menginstall Android Studio untuk mencoba menguji aplikasi.Android studio merupakan salah satu software dari Android Emulator yang bisa digunakan.

Berikut ini tahapan bagaimana cara menggunakan android emulator :

  • Buat Android Virtual Device (AVD)

    Langkah pertama untuk menjalankan android emulator dengan menginstal terlebih dahulu Android Studio,setelah itu,kalian bisa langsung membuat Android Virtual Device (AVD) yang dapat digunakan sebagai emulator untuk menginstal dan menjalankan aplikasi.

  • Pilih AVD yang ingin Dijalankan

    Di bagian toolbar,kalian bisa memilih AVD tempat kalian menjalankan aplikasi dari menu drop-down.

  • Menjalankan Aplikasi di Android Emulator

    Setelah memilih AVD,kalian bisa langsung menjalankan aplikasi yang telah diinstal di Android Emulator,kalian bisa memilih jenis ponsel apa dan system image seperti Marshmallow,Nougat atau lainnya untuk menjalankan aplikasi apa pun di perangkat kalian.

Demikianlah penjelasan artikel tentang pengujian android emulator.Jadi,Emulator tersedia dalam berbagai jenis,salah satunya android emulator.Kalian bisa menggunakan android emulator untuk mengakses aplikasi atau sistem yang terdapat di perangkat android kalian tanpa harus mengaksesnya dari perangkat android tersebut.

Ada banyak kegunaan dari android emulator,bagi para penyuka game,android emulator digunakan sebagai alat untuk mengakses game di komputer atau laptop pengguna.Sementaara bagi developer,digunakan untuk menguji aplikasi yang sudah dibuat ke android emulator untuk memeriksa apakah aplikasi yang dibuat mengalami error atau tidak sebelum diluncurkan ke Google Play Store.

Sekian artikel ini,semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

16 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

20 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago